Inovasi Model Restoran di Era Social Distancing

mediamatic eten restaurant amsterdam - restoran era social distancing

Restoran di Belanda menawarkan ide kreatif menyambut pengunjung untuk makan dalam jarak aman pembatasan sosial.

Seiring penerapan social distancing, berbagai cara dilakukan restoran-restoran untuk dapat menyajikan makanan lezat kepada para pelanggan secara aman. Di Indonesia misalnya, restoran mengaktifkan layanan pesan antar, hingga penyemprotan disinfektan ke seluruh ruang makan serta peralatan makan turut dilakukan oleh restoran-restoran yang masih beroperasi.

Jarak meja selaras tempat duduknya diperlebar. Setiap koki pun wajib melewati tes suhu sebagaimana diterapkan di Taipei, sementara perlengkapan makan sekali pakai dari kardus, kertas, plastik, menjadi alternatif restoran cepat saji di Tiongkok. Di Amsterdam, Mediamatic Eten menambah preferensi lewat Serres Séparées rancangan institusi seni Mediamatic.

mediamatic eten restaurant amsterdam - restoran era social distancing

Ditujukan sebagai bilik makan privat, Serres Séparées mewadahi meja dan kursi hanya berkapasitas maksimum dua orang. Desain menyerupai rumah kaca dengan seluruh rangka tampil transparan. Idenya adalah menciptakan ruang makan yang aman bagi pengunjung; agar dapat bersosialisasi secara nyaman dan dalam jarak terjaga antar sesama pengunjung.

mediamatic eten restaurant amsterdam - restoran era social distancing

Serres Séparées telah melewat dua kali tahap uji coba kelayakan, sebelum nantinya diterapkan pada saat pembatasan social skala besar berakhir. Uji coba pertama pada 27 April 2020 dan yang kedua berlangsung 5 Mei lalu. Seluruh staf bekerja mengenakan pakaian pelindung. Makanan disajikan menggunakan papan kayu panjang yang dibersihkan secara steril setiap penyajian, sehingga tidak ada kontak fisik antar pengunjung dan staf.

mediamatic eten restaurant amsterdam - restoran era social distancing

photo WILLEM VELTHOVEN/MEDIAMATIC AMSTERDAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.