Inspirasi Living Dari Milan Design Week 2018

inspirasi living milan design week

Ragam karya spektakuler dari berbagai pelaku desain kelas dunia dipamerkan dalam pergelaran Milan Design Week 2018. Riri Waroka melaporkan khusus untuk ELLE Indonesia.

Kota Milan, Italia, diubah menjadi sebuah galeri seni yang massive bertabur karya spektakuler dari berbagai pelaku desain kelas dunia. Ragam bentuk furnitur, mulai dari kursi, sofa, meja, hingga cermin, dipertontonkan memenuhi ajang Milan Design Week 2018.

ELLE merangkumnya secara khusus dan menyajikan 16 pilihan favorit untuk bahan inspirasi mengelevasi hunian Anda di rumah.

01 Sideboard Enfold dari Muuto

Tampilan elemen industrial dibalut warna yang lembut menjadi daya tarik koleksi sideboard Enfold ini. Muuto, brand asal Skandinavia, kembali mempercayakan Thomas Bentzen, desainer asal Denmark untuk meluncurkan koleksi lemari terbaru di ajang Milan Design Week 2018. Terdiri dari 2 varian desain, yaitu vertikal dan horizontal, sideboard ini memberikan kesan sejuk dengan karakter kontemporer yang solid.

milan design week 2018

 

02 The Five Seasons karya Marcel Wanders untuk Alessi.

Brand asal Italia, Alessi, bekerja sama dengan Marcel Wanders dalam merancang koleksi yang mengajak kita menikmati segarnya alam. Bukan hanya seputar alat makan, alat masak, dan aksesorinya, Alessi meluncurkan koleksi home fragrance pertamanya.

Terdiri dari fragrance diffuser, scented candle, room spray, lava stone fragrance diffuser, hingga candle snuffer, dan Smack yakni penutup botol yang dapat difungsikan sebagai tempat lilin. Dilengkapi dengan 5 pilihan wangi yang menyiratkan karakteristik alam segar dari 5 musim yang berbeda-beda.

milan design week 2018 elle indonesia

03 Brillo karya Patricia Urquiola untuk Atelier Swarovski.

Berkolaborasi dengan beberapa desainer kenamaan dunia, Atelier Swarovski menampilkan deretan rancangan home décor. Disuguhkan dalam bentuk instalasi besar di sebuah halaman tersembunyi dari bangunan bergaya neo-klasik khas Italia. Salah satu yang menarik perhatian: rancangan desainer asal Spanyol, Patricia Urquiola.

Koleksi vas berbentuk lengkung penuh fleksibilitas. Dilapisi material Kristal dan diproses khusus hingga menjadi ukuran kecil, serta dapat mengikuti dasar vas yang berlekuk-lekuk. Dengan dimensi tidak terlalu besar, seri vas Brillo tetap memberikan atmosfer glamor dan modern dalam bentuk feminin.

milan design week elle indonesia

04 Sicily is my Love karya kolaborasi Dolce&Gabbana dan Smeg.

Pulau Sisilia di Italia menjadi inspirasi utama koleksi Dolce&Gabbana. Kali ini, Dolce&Gabbana masih mempercayakan brand kitchen appliance Smeg untuk diajak bekerja sama.

Kolaborasi kedua brand besar tersebut menawarkan variasi  peralatan dapur berupa freestanding kitchen set, cooker hood, lemari es, serta hand blender, coffee machine, dan toaster. Hadir dengan pilihan corak ramai dan warna cerah yang sarat kebudayaan warga Sisilia. Motif warna cerah kuning dan oranye, serta warna klasik biru dan putih ditampilkan sebagai opsi.

milan design week elle indonesia

05 Mirrors karya Studio Roso untuk Fritz Hansen.

Studio desain asal London, Studio Roso, kembali menampilkan permainan warna dalam rancangan terbarunya. Untuk brand Fritz Hansen, duo desainer Sophie Nielsen dan Rolf Knudsen dari Studio Roso bereksperimen dengan material cermin semi-transparan. Hailnya, kaca dengan efek warna yang menakjubkan.

Koleksi cermin dinding bertajuk ‘Mirrors’ dihadirkan dalam 3 varian bentuk yang menghiasi interior layaknya sebuah karya seni lukis.

milan design week elle indonesia

06 Kolaborasi Diesel Living dengan Moroso

Esensi tropikal dibalut dengan warna-warna gelap yang misterius. Tema tersebut hadir dalam keseluruhan koleksi Diesel Living 2018.

Sentuhan kain yang dicetak motif tumbuhan tropis dan dipadu unsur kayu, tampil selaras dengan material beton, baja, hingga kulit asli yang berkarakter ‘kasar’. Alhasil, koleksi yang wujudkan nuansa industrial itu tampak elegan. Dari 3 koleksi kolaborasi Diesel Living dan Moroso tersebut, sofa Iron Maiden menjadi sorotan utama.

milan design week elle indonesia

07 Quantum dan Rayures dari brand Glas Italia

Warna-warna cerah yang solid seakan diredam dalam media kaca yang transparan. Esensi itulah yang menimbulkan semangat kontemporer yang unik bagi dua koleksi terbaru dari Glas Italia; lemari buku Quantum rancangan Piero Lissoni dan partisi Rayures rancangan Ronan & Erwan Bouroullec. Kedua produk ini sengaja didesain dengan berbagai probabilitas bentuk, warna, dan posisi pemasangan untuk memberikan kebebasan berekspresi serta nilai personal bagi sebuah ruang.

milan design week 2018

08 Toy dan LA DoubleJ: Dua Kolaborasi Baru Kartell.

Furnitur-furnitur ikonik dari Kartell diluncurkan kembali dalam visual baru yang sesuai dengan ekspresi masing-masing desainer. Kali ini, brand furnitur dengan material utama plastik legendaris itu merangkul sekaligus dua desainer mode ternama: Moschino oleh Jeremy Scott dan JJ Martin.

Jeremy Scott merancang sebuah lampu menyerupaiboneka beruang yang jadi ikon koleksi mode Moschino. Karya yang diberi nama Toy ini pun dominan nuansa muda dan playful. Sedangkan untuk koleksi LA DoubleJ, JJ Martin memberikan kreasi motif geometris vintage dengan permainan penuh warna yang mengingatkan kita pada era ’70-an.

milan design week

Jeremy Scott untuk Kartell

milan design week

LA DoubleJ untuk Kartell

09 Horah karya Raw Edges.

Bertempat di Spazio Krizia, Milan, Italia, studio desain asal London, Raw Edges meluncurkan karya terbarunya dalam konsep instalasi. Ragam warna dan dimensi dari lampu meja Horah rancangan terbaru dari duo desainer asal Israel ini ditata berkelompok di atas sebuah bidang meja berwarna hitam.

Penataan dan bentuk organis pada kap lampu mengingatkan akan gerakan tarian tradisional Israel, Horah, yang berputar secara terus menerus.

milan design week 2018

10 The Drop System karya Lindsey Adelman.

Lampu nyaris selalu menjadi media bereksplorasi dan berkarya bagi Lindsey Adelaman. Berkolaborasi dengan Calico Wallpaper, desainer asal New York tersebut meluncurkan rancangan terbaru yang diberi nama ‘The Drop System’.

Ekplorasi material kuningan berbentuk pipa yang dipadukan dengan penempatan penuh artisitik dari bola-bola kaca menjadi daya tarik instalasi cahaya ini menjadi daya tarik koleksi yang ditampilkan dalam sebuah instalasi. Walaupun menggunakan material kuningan berkarakter industrial yang cenderung kaku, namun nuansa glamor dan anggun berhasil memenuhi tiap sudut ruangan.

milan design week

11  Objet Nomades & Les Petits Nomades dari Louis Vuitton.

Turut memeriahkan Milan Design Week, brand fashion Louis Vuitton menampilkan koleksi furnitur dan aksesoris terbarunya dalam instalasi bervisual penuh fantasi­­­. Suasana interior Palzzo Bocconi, Milan, Italia dirombak menjadi galeri seni yang memamerkan deretan karya dari berbagai desainer produk kenamaan.

Salah satu karya yang menarik perhatian yaitu sofa Ribbon Dance rancangan André Fu serta sofa Bomboca rancangan Campana Brothers yang dihadirkan dalam varian warna terbaru, fuschia dan biru.

milan design week Louis Vuitton

12 Loewe

Tahun ini, Loewe membuat seri home décor berupa selimut, serta totebag penuh corak. Desainnya bermula dari obsesi pribadi sang creative director, J. W. Anderson, akan teknik tradisional menganyam, menenun, dan menyulam.

Fokus desainnya ditujukan pada posibilitas permainan teknik pengolahan bahan. Hasilnya, produk dengan variasi kombinasi warna dan motif yang sangat menarik. Beragam jenis bahan dan teknik pengolahan dari India, Jepang, Afrika, Ekuador, dan Eropa, berhasil membuat rangkaian koleksi yang kompleks dan dinamis.

milan design week loewe

13 A Life Extraordinary dari Moooi

Atmosfer playful yang ditampilkan dalam nuansa elegan sudah menjadi identitas brand asal Belanda ini. Terbagi menjadi dua bagian utama. Yang pertama, “Moooi Through the Eyes of…” yang bekerjasama dengan desainer interior asal New York, Megan Grehl.

Kedua, “The Museum of Extinct Animal”, Moooi ingin memberikan pengalaman layaknya sedang berkunjung ke sebuah museum besar. Wallcover berwarna gelap dari brand Arte pada dinding membuatnya seri produk-produknya semakin dramatis.

milan design week

14 Colour and Lightness oleh brand Armani/Casa

Butik Armani/Casa di Corso Venezia mendadak penuh warna. Tidak hanya secara interior, ke-15 window display yang menghiasi bagian eksterior gedung pun didominasi oleh warna merah, hijau, dan indigo.

Bertajuk ‘Colour and Lightness’, brand asal Italia ini membuktikan bahwa komposisi warna solid dan terang pun dapat menciptakan ruangan yang nyaman . Dengan sedikit sentuhan oriental, deretan furnitur rumah Anda semakin terlihat elegan.

milan design week

kursi bahan rotan gaya oriental

15 La Vereda oleh brand Marni

Semangat budaya Kolombia yang penuh warna menghiasi satu sudut kota Milan. Terinspirasi dari kondisi geografis dan cerita rakyat dari negara tersebut, Marni meluncurkan sederet kursi anyaman bermaterial PVC yang penuh eksplorasi.

Dipamerkan dalam ruangan yang menyerupai kota kecil di Kolombia, tipikal furnitur lansiran Marni yang simpel namun playful kembali hadir dalam koleksi terbarunya. Selain kursi, koleksi ini juga meluncurkan side table, keranjang, hammock, serta home décor yang semuanya merupakan buatan tangan.

milan design week

16 Hermès Maison

Bertempat di Muse della Permanente, via Turati, Hermès Maison berkolaborasi dengan desainer ruang Charlotte Macaux Perelman dan kurator Alexis Fabry, memamerkan sederet koleksi tekstil, furnitur, bahan, serta wallpaper terbarunya. Nuansa surreal dari warna dan tatanan keramik terakota Maroko pada lantai dan dinding ruang seakan memperkuat visual dari rangkaian koleksi home décor yang diluncurkan.

Tableware a Walk in the Garden’ karya Nigel Peake, vas dan nampan Périmètre, serta selimut limited-edition Cheval Debout dan Double Cheval karya seniman Meksiko, Miguel Castro Leñero merupakan bagian dari sederet koleksi luncuran teranyar Hermès Maison.

milan design week hermes

(Foto: Dok. Milan Design Week)

(Artikel ini ditulis oleh Riri Waroka dan telah terbit dalam majalah ELLE Indonesia edisi Juni 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *