Céline Dion Membuka Babak Baru Kehidupan 5 Dekade

celine dion cover elle indonesia

Di usianya yang ke-51, Céline Dion baru saja ‘menarik garis final’ yang menuntaskan show tunggalnya di Las Vegas selama lebih dari 15 tahun, Diva paling tenar dari Quebec ini berbincang kepada ELLE tentang arah hidup selanjutnya.

Céline Dion tengah menari. Tangannya yang panjang nan lentur diangkat tinggi melengkung di atas kepala. Tubuhnya, amat sangat ramping namun kencang dan kecokelatan, sama sekali jauh dari kesan lemah. Ia telah menari di bawah sorotan lampu selama lebih dari empat jam lamanya.

Tidak ada satu pun orang yang memerintah Céline untuk berlenggak-lenggok dengan gayanya sendiri. Ia melakukannya hanya untuk menjadi diri sendiri. Ia adalah seorang show girl, pemberi komando di panggung, seorang perempuan yang hidup dalam musik. Ia menyanyikan setiap lagu yang diputar oleh Pépé Munoz (orang kepercayaan dan yang senatiasa menjaganya) untuk menemani sesi photoshoot ini .

Ia hanya satu kali istirahat dan itu terjadi di saat perubahan busana. Seorang asisten muncul membawakan coco water, Céline menyesap cepat, kemudian asisten tata rambut dan dan asisten pemulas lipstik pun mengikutinya. We Will Rock You berkumandang kencang di dalam studio. Sang penyanyi mengatur kembali posisinya, berbalut gaun sequinned Alexandre Vauthier Couture berwarna hijau terang, dengan punggung melengkung, kaki jenjang ber-stiletto menghentak lantai berkali-kali, tangan menggenggam ke udara.

Bersama dengan dua puluh orang tim ELLE lain, kami berdiri di belakang studio dan terpaku. Lalu, menyadari bahwa menyaksikan kelahiran Céline Dion ‘baru’ yang tengah muncul di beberapa bulan terakhir ini harusnya bukan sebuah kejutan. Wanita bersosok ramping ini adalah kekuatan alam sesungguhnya yang tak pernah berhenti beraksi. Céline Dion membuka diri tentang tahap baru di hidupnya.

celine dion cover elle indonesia

Busana: ALEXANDRE VAUTHIER COUTURE (gaun sequine), CARTIER (cincin).

 

ELLE: Kini Anda nampak lebih merangkul kehidupan yang lebih bebas dan menantang. Hal ini mengingatkan saya pada ucapan seorang komedian asal Prancis, Florence Foresti: “Being a 50 is like being a teenager, but with a credit card” … Apakah begitu yang Anda rasakan saat ini? 

CD: (tertawa)”Di usia 51… Tidak mudah untuk memulai semua kembali. Jadi saya pikir, saya baru berusia 1 tahun! Dan saya memiliki begitu banyak pekerjaan yang sedang berlangsung: tiga anak untuk dibesarkan–seorang remaja usia 18 dan sepasang kembar berusia 8,5 tahun–tampil di berbagai acara, menggarap album baru, menghadiri berbagai fashion weeks, mengunjungi Paris dan museum-museum indahnya… Akhirnya saya membiarkan diri untuk menikmati hidup semaksimal mungkin. Sewaktu masih muda, saya tidak melakukan hal lain kecuali berlatih vokal. My vocal cords ruled my life. Saya hanya… seorang penyanyi. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai, dan hari ini saya merasa tengah menjalani tahun-tahun terbaik dalam hidup saya!”

Nasihat Tentang Berteman dengan Anak

 

ELLE: Bagaimana kabar anak-anak Anda?

CD: “Just great! Si kembar tengah menjalani home-school. Mereka membaca dan menulis dengan lancar, dan selalu membombardir dengan pertanyaan, di mana hal itu kadang menarik, namun juga membuat stres! Oh, pertanyaan-pertanyaan itu… saya hanya bisa menanggapi: ‘Uhhhh… berapa orang yang telah meninggal akibat polusi air di Asia? Begini saja, lebih baik bertanya ke guru kalian karena saya sama sekali tidak mengerti!’ Memiliki tiga anak laki-laki penuh energi adalah suatu hal yang melelahkan. Tapi saya jauh lebih memilih hal ini dibanding anak yang tidak melakukan apa-apa seharian kecuali hanya bersantai di sofa!

ELLE: Semua anak dari seorang Céline Dion nampak “normal” untuk saya … Bagaimana cara Anda membesarkan mereka?

CD: “Mereka tidak normal! Mereka memang normal, bahkan, lebih normal dari saya karena saya sendiri sering merasa tidak normal! Saya pikir, dengan latar belakang saya yang tumbuh besar bersama 13 orang saudara, telah memberi nilai-nilai prinsip yang kian mendarah daging. Walaupun seringkali terjadi perubahan besar dalam hidup, atau mencoba hal-hal baru, saya selalu memiliki stabilitas. Fondasi-fondasi mendasar (rasa cinta, perhatian, kasih sayang, selalu membantu) telah tertanam dalam karakter saya sejak usia masih sangat muda. Anda tidak bisa memberi harga pada nilai-nilai tersebut. Terkadang, saya meminta mereka mengambilkan barang yang sesungguhnya tidak saya butuhkan. Saya hanya ingin melihat mereka melakukan sesuatu untuk saya karena saya telah melakukan begitu banyak hal hanya untuk mereka. Dan mereka senang membuat saya bahagia, ini seperti sebuah permainan. Anda bisa menjadi Céline Dion dan juga menjadi seorang Ibu seperti halnya orang lain. Saya pikir sangat lah mungkin untuk menikmati kehidupan yang jauh lebih besar dari batas normal namun tetap menjadi manusia yang normal!”

ELLE: Sebagai sesama Ibu yang memiliki anak laki-laki berusia 18 tahun: anak kita sangat mencintai hidup … bagaimana cara kita menangani mereka?

CD: (memutar bola matanya) “Touchy subject! No, seriously, saya memiliki sebuah hubungan yang luar biasa dengan René-Charles. Saat Ayahnya meninggal tiga tahun lalu, saya berkata padanya, ‘Akan ada banyak pertanyaan yang muncul tentang kehidupan dan cinta yang tak bisa kamu tanyakan pada Ayah. Tapi akan ada saya kalau kamu ingin bertanya. It won’t be easy, it’ll be uncomfortable, tetapi itu adalah suatu hal yang harus saya lakukan.’ Perbincangan yang terjadi di antara kami berdua bisa sangat mengintimidasi. Saya berucap padanya, ‘Saya akan mengatakan satu hal padamu, hanya sekali saja, dan kemudian semuanya terserah pada kehendakmu untuk menggunakan kepintaran dan akal sehatmu untuk mengingat apa yang saya ucapkan dan mempraktikkannya di dalam hidupmu’.”

ELLE: Mereka akan meninggalkan rumah suatu hari … Bagaimana Anda pikir akan menghadapi momen itu?

CD: (Céline Dion menarik napas panjang) “Kita belum berada di momen itu! René-Charles memang telah memiliki kekasih, tetapi ia masih berusia 18. Bila suatu saat ia memperkenalkan saya pada “The One“, saya tahu apa yang akan saya lakukan: saya akan meminta perempuan itu untuk memberi saya selembar tissue (ia tertawa). Ini adalah sebuah paradoks yang harus dihadapi semua orangtua: kita paham bahwa mereka harus mengepakkan sayap dan terbang membawa diri mereka sendiri, namun di saat yang sama, kita tidak rela membiarkan mereka pergi.”

celine dion cover elle indonesia

Busana: CHANEL HAUTE COUTURE (gaun), CHANEL FINE JEWELLERY (cincin), RENÉ CAOVILLA (sandal).

Mengenang Masa Lalu

ELLE: Nasihat apa yang ingin Anda berikan untuk Céline muda yang pernah di-bully di sekolah?

CD: “Saya ingin berkata, ‘bertahanlah, semua akan baik-baik saja!’ Bullying dapat terjadi di usia yang sangat muda dan mengakibatkan konsekuensi yang menakutkan. Membicarakannya adalah kunci, lalu teman dan keluarga harus memberikan perhatian karena orang-orang muda yang kerap menjadi korban, belum tentu mampu mencari pertolongan sendiri. Segalanya tergantung pada para orangtua, teman, dan guru untuk membuka mata dan hati. Apabila ada perubahan dari cara makan, perubahan dari sebuah kebiasaan, atau rambut mereka mulai rontok, mereka mulai menjadi bingung dan bimbang… sangat penting untuk mendekati mereka dan bertanya, ajak mereka untuk berani membuka diri, lalu gali lebih dalam.”

ELLE: Melihat ke belakang, apa bisa Anda katakan bahwa Anda telah terobsesi dengan karier sejak di usia remaja?

CD: “Tidak, saya tidak memiliki penyesalan sama sekali. Saya tidak ingin merubah apa pun. Karier saya mempertemukan saya dengan cinta sejati di usia sangat muda. Hanya ada satu laki-laki di hidup saya, but bingo! Saya telah memenangkan jackpot jauh sebelum saya menginjakkan kaki di Vegas! Saya memiliki kehidupan yang luar biasa bersamanya, dan saya juga berterima kasih padanya karena kini saya memiliki tiga anak laki-laki yang istimewa, dan tiga anak tiri yang menakjubkan.”

ELLE: Apakah Anda betul-betul percaya bahwa manusia tidak berubah, seperti halnya yang Anda nyanyikan di On Ne Change Pas?

CD: “People can make amends. Kita semua memiliki kekurangan masing-masing, dan gunanya teman adalah untuk membantu kita melihat jelas kekurangan-kekurangan itu. Namun di jiwa paling dalam, the child within us never changes. Kita membuat kepribadian-kepribadian baru. Lihat saja saya hari ini dengan kulit tan dan pakaian-pakaian mewah. Saya juga mengenakan heels, anting glamor. Saya berpose untuk di depan kamera seharian lamanya. Tetapi nanti saat saya pulang ke rumah, I’ll be a pyjamawearing Mum again!”

celine dion elle cover

Busana: ARMANI PRIVÉ (jumpsuit), BVLGARI (kalung, RENÉ CAOVILLA (sandal).

Isi Lemari Pakaian Céline Dion

ELLE: Apakah piyama Anda juga haute couture?

CD: (tertawa terbahak-bahak) “Of course! Nothing less!”

ELLE: Apakah Anda memiliki busana favorit? ‘Feel-goodpieces yang tidak pernah bisa Anda buang dari lemari? 

CD: “Anda baru saja memasuki topik yang bisa membuat masalah besar! Saya tidak pernah memiliki busana favorit! I hang onto everything! Saya mencintai setiap helai dari pakaian yang ada di dalam lemari. Masing-masing memberi kenangan pada berbagai periode spesifik dalam hidup saya. Saya menyimpan semuanya. Dan saya sangat bersyukur memiliki orang-orang yang mampu membantu saya mencatat tiap event yang terjadi saat tiap helai busana itu dikenakan. Saya harus menentukan penempatan yang aman untuk menjadi ruang penyimpanan bagi tiap helai busana yang pernah saya kenakan dari awal karier. And I do mean every single item!”

ELLE: Apakah benar Anda punya begitu banyak pakaian karena Anda tidak pernah menyewa satu pun yang Anda kenakan? Anda selalu membeli?

CD: “Dari waktu ke waktu, orang-orang baik selalu menawarkan saya untuk meminjam beberapa item. Namun setelah show tuntas, saya biasanya menelepon mereka dan bertanya apakah saya bisa membeli busananya? Mereka selalu menjawab ‘no, we’ll make you a bespoke dress’, yang seketika selalu saya sanggah: it’ll never be the same. It’s the prototype I want to buy!”

ELLE: Jika Anda hanya bisa menyimpan tiga busana, apa saja itu?

CD: “Oooh, kejam sekali, tapi mungkin saya akan memilih… Gaun pertama yang saya miliki, hasil buatan tangan ibu saya. Gaun itu berwarna biru langit dengan hiasan bunga-bunga warna putih, saya kenakan untuk pernikahan saudara laki-laki saya, Michel. Gaun pernikahan saya, tentu saja. Dan gaun hitam yang saya pakai menghadiri pemakaman suami saya. Suami saya menyukai gaun itu.”

celine dion elle cover

Busana: DIOR HAUTE COUTURE (gaun ruffle), RENÉ CAOVILLA (sandal).

Perempuan: Feminisme dan Kesetaraan Gender

ELLE: Anda menjadi juru pembicara global yang baru untuk L’Oréal Paris. Sudah jelas, perihal uang bukan alasan yang menarik Anda kepada peran ini (Catatan editor: kekayaan Céline Dion diperkirakan mencapai 400 juta dollar). Lalu, apakah itu?

CD: “Pertama, saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan masuk ke dalam radar sebuah brand ikonis dan bersejarah. Coba saja lihat para perempuan yang telah bekerjasama dengan L’Oréal Paris! Mereka sangat memesona… belum lagi penuh komitmen. Saya katakan pada diri sendiri: Oke, hidup saya dimulai usai melewati usia 50 tahun, saya merasa kuat, bahagia, saya merasa cantik, simpel seperti itu, dan terpilih menjadi bagian L’Oréal Paris adalah sebuah kehormatan bagi saya, untuk teman-teman saya, anak-anak saya, serta untuk masa depan saya. Saya pikir, ‘Saya pasti telah melakukan sesuatu dengan benar sehingga hal ini terjadi…’ Mudahnya, Anda tidak bisa menolak penawaran seperti itu!”

ELLE: Sepertinya, Anda tidak menyadari bahwa perempuan melihat Anda sebagai seorang panutan.

CD: “Saya tidak pernah benar-benar memikirkannya, tapi saya kira jika contoh yang Anda lihat pada diri saya menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi seorang artis sekaligus menjadi seorang ibu, mencintai mode, bersenang-senang tetapi tidak menggila hingga ke luar batas… Saya tidak akan bilang bahwa saya tidak peduli pendapat orang lain, tetapi saya telah mencapai titik dalam hidup saya, di mana saya mengizinkan diri sendiri untuk mengambil keputusan pribadi dan menjalani hidup berdasarkan sikap tersebut. Mengatakan kepada perempuan lain bahwa mereka, juga, memiliki harga-diri, bahwa mereka kuat, adalah sesuatu yang penting. Dan hal tersebut adalah misi yang dibawa oleh L’Oréal Paris.”

ELLE: Apa yang akan Anda katakan kepada perempuan yang kekurangan kepercayaan diri?

CD: “Bahwa mereka punya dua pilihan: Anda bisa merelakan hidup melewati Anda begitu saja atau memutuskan untuk bersuara dan menjalaninya… Ibu saya adalah panutan dalam hidup saya. Ia mengurus 14 anak tapi tidak pernah memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan atau memilih melakukan sesuatu hal yang berbeda terhadap hidupnya. Kami cukup beruntung hidup pada era di mana perempuan akhirnya memiliki kesempatan untuk menuliskan jalannya sendiri… Kita semua harus berusaha keras untuk menemukan kekuatan naluri, untuk menunjukkan pada orang lain jati diri kita. Saya diyakini bahwa setiap orang memiliki kisahnya masing-masing untuk diceritakan, dilakoni, sebuah mimpi yang belum tercapai, apa pun bentuknya itu.”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ELLE Magazine (@elleusa) on

Bocoran Musik dalam Album Baru

ELLE: Anda telah meraih kejayaan di Las Vegas selama 16 tahun, meski pun mengambil risiko besar untuk menggelar pertunjukkan di sebuah kota yang tidak lain merupakan tempat untuk unjuk diri ketika Anda pertama kali tampil pada 2003 silam. Apakah Anda sedih meninggalkan panggung di Las Vegas?

CD: “Tentu saja ada perasaan getir saat memikirkan meninggalkan Caesars Palace. Jadwal saya pada mulanya, seharusnya hanya dua bulan, kemudian kami perpanjang menjadi dua tahun, setelah itu saya pun tetap tinggal di sana! Perjalanan itu adalah mimpi yang saya bagi bersama René. Anak kembar kami lahir di Las Vegas. René-Charles baru berusia satu tahun ketika saya memulai perjalanan ini. Bagi saya, tempat itu menyimpan banyak kenangan… Suatu bab dalam hidup telah berakhir, walau begitu mungkin saya masih akan tetap tinggal di Las Vegas, bahkan jika tidak lagi bekerja di sana.”

ELLE: Kami mendengar rumor bahwa album baru Anda akan berkolaborasi dengan David Guetta. Bisa ceritakan sedikit faktanya?

CD: (Céline Dion tertawa) “Usaha yang mulus. Sayangnya, tidak ada yang bisa saya bagi kepada Anda karena belum ada keputusan akhirnya. Saya pasti telah mengirikmkan sebanyak 675 lagu… dan saya ingin sekali merekam seluruhnya. Saya lebih bahagia untuk merekam album saat ini, sebab saya lebih banyak terlibat dari sebelum-sebelumnya. Saya mendapatkan energi dan dorongannya, tetapi yang paling saya butuhkan adalah waktu, yang mana bukan hal mengagetkan untuk mengatakannya… Saya masih berusia satu tahun!”

(Phototography TOM MUNRO, Styling CHARLES VARENNEInterviewer ALIX GIROD DE L’AIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *