Kenal Lebih Dekat Sabine Marcelis, Bintang Baru Di Ranah Desain Industrial Eropa

sabine marcelis interview elle indonesia - rising star industrial designer product and interior

Salah seorang rising star di ranah desain industrial Eropa yang mencuri perhatian lewat karya-karya nan menawan, seperti rangkaian lampu Dawn dan The Shapes of Water untuk Fendi.

Sabine Marcelis menggarap desain dalam rupa produk, instalasi, dan objek interior. Namun Sabine adalah tipikal desainer yang berorientasi pada proses. Ia ingin lebih mengedepankan elemen pengalaman yang terpancar dari objek, ketimbang bagaimana cara menggunakan objek tersebut.

Terlahir di Alkmaar, Belanda, Sabine dibesarkan di Selandia Baru, di mana ia menekuni desain industrial selama dua tahun di Victoria University, Wellington. Ia melanjutkan studinya di Design Academy Eindhoven hingga lulus tahun 2011. Setelah itu, Sabine menjalankan Studio Sabine Marcelis, berkreasi dengan ragam desain yang berfokus pada kekuatan material.

Sabine mengaplikasikan sudut pandang estetika yang kuat dengan menggunakan ragam material dan eksperimentasi untuk mencapai efek visual yang mengejutkan. Hasilnya bisa dilihat dari berbagai karya Sabine yang dipamerkan di galeri (Mint Gallery di Inggris, Gallery Bensimon di Prancis, Side Gallery di Barcelona, Victor Hunt Gallery di Brussels), museum (Museum Boijmans van Beuningen di Rotterdam, Musee des art Decoratif di Paris), perhelatan desain (Salone Del Mobile, Dutch Design Week, Design Miami), dan juga untuk kepentingan komersial (Aesop, Celine, Burberry).

sabine marcelis interview elle indonesia - rising star industrial designer product and interior
Unexpected Experiences, Sabine Marcelis menggarap desain dalam rupa produk, salah satunya dekorasi dinding.

Tahun 2020 sepertinya menjadi tahun yang sibuk bagi Sabine. Beragam proyek berada dalam genggamannya. “Tahun ini, saya akan menggarap sejumlah proyek yang akan tersedia dalam kuantitas yang lebih besar, salah satunya untuk IKEA,” ungkap Sabine kepada ELLE Decoration Indonesia. “Saya sedang berkreasi dengan material-material baru seiring dengan antusiasme saya terhadap unsur keberlanjutan dari desain yang diproduksi secara massal. Selain itu, ada beberapa pameran yang masuk dalam agenda yakni Dutch Design Week 2020. Saya juga tengah menggarap instalasi berskala besar, dimulai dari Design Miami/Basel di bulan Juni.”

Dua tahun lalu, Sabine Marcelis meraih Design Prize 2019 untuk kategori Newcomer of the Year dan ELLE Deco International Design Award 2019 untuk kategori Young Designer of the Year. Dan belum lama ini, ia diganjar dengan penghargaan Designer of the Year 2020 dari majalah Wallpaper yang dianggapnya “quite crazy”.

Sebagai seorang desainer, Sabine menghargai kebebasan dan tantangan yang tidak pernah usai. “Saya menyukai proses pemecahan masalah dan menjadi pemimpin bagi diri saya sendiri.” Lalu, akan seperti apa dunia desain di masa depan? “Menurut saya, lajunya perlu diperlambat. Sudah terlalu banyak hal yang didesain, dan terlalu sering.”

text HERMAWAN KURNIANTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.