Koleksi Keramik Eklektik Dari 10 Lini Lokal Indonesia

koleksi keramik artisan lokal indonesia

Tekstur halus, mengilap, hingga desain autentik yang mengaksentuasi lanskap ruang. Beragam manifestasi keramik karya artisan lokal untuk memperkaya sentuhan natural di rumah.

Popularitas barang tembikar kian meroket selama beberapa tahun belakangan. Berbagai lini home living meluncurkan seri keramik dalam koleksi aksesori dekornya, termasuk rumah mode Dior yang berkolaborasi dengan seniman Anne Agbadou-Mason untuk menciptakan tatanan eklektik Dior Maison koleksi cruise 2020. Kita juga telah melihat bagaimana seni kerajinan tembikar memikat para selebritas dari tahun ke tahun. Mulai dari Emily Ratajkowski, Seth Rogen, hingga Brad Pitt dan Leonardo DiCaprio dilaporkan terhanyut oleh pesona kerajinan tembikar. Bahkan Seth Rogen dan Brad Pitt memiliki studio pribadi untuk membuat tembikar di rumah masing-masing.

Dior Maison 2020 cruise collection in collaboration with Anne Agbadou-Mason
Dior Maison 2020 cruise collection in collaboration with Anne Agbadou-Mason, photo courtesy Dior via Instagram.com/@dior

Tahun 2021, pamor tembikar diprediksi belum akan surut. Lewat laporan tahunan yang dirilis oleh Modsy, firma desain interior online, barang-barang tembikar masih menjadi pelengkap interior paling dicari seiring kelanjutan tren material alami. “Kami melihat lanskap halus ruangan yang diisi oleh berbagai bahan alami seperti rami, kulit, keramik, tebu, tanaman, dan serat organik lainnya… Orang-orang mulai lebih banyak memikirkan tentang dampak lingkungan dari desain rumah, dan banyak serat alami diproduksi secara berkelanjutan tanpa menyebabkan deforestasi,” kata Alesandra Wood, Vice President of Style dari Modsy, dilansir melalui wawancaranya bersama Insider.

Di luar prinsip gaya hidup berkelanjutan, garis rancang artisan yang menciptakan kesan autentik dalam tata ruang hunian pun turut menjadi alasan barang tembikar digemari. Untuk Anda yang ingin menambah koleksi tembikar di rumah, atau jika baru mulai tertarik mengoleksi, ELLE mengurasi pilihan keramik dan kerajinan tembikar yang mengusung gaya desain kontemporer dari sederet lini keramik artisan Indonesia sebagai referensi berbelanja Anda.

Soeki Ceramics

Rangkaian wadah minum, piring saji, mangkuk, stick holder, dan vas dari Soeki Living dikreasikan oleh Karisya Rucitra, sang pendiri, dengan membawa spirit gaya hidup wabi-sabi. Sebuah sudut pandang di mana ketidaksempurnaan dirangkul sebagai titik penentu keindahan. Desain estetis berkarakteristik natural dirancang secara kontemporer; lewat siluet subtil dan permainan kombinasi warna.

Temukan koleksinya di: www.soekiliving.com

made by Margaret Yap

Koleksi keramik Margaret Yap cenderung fungsional dalam melengkapi kebutuhan hunian. Namun, kreasinya dapat membuat rumah Anda tampak bagaikan sebuah galeri. Desain lampu serta gantungan kalung tampil memikat daya khayal lewat garis rancang bersiluet antropomorfik. Rancangan distingtif rancangan Margaret Yap merupakan bentuk eksplorasi ruang berpikir sarat imajinasi. Masing-masing kreasi menyimpan narasi fantasi yang menginspirasi sang seniman dalam menciptakan rancangannya.

Temukan koleksinya di: canaan-studio.com

Manakala Living

Koleksi reusable cup dari Manakala Living ditujukan untuk membantu upaya Anda dalam menerapkan kebiasaan hidup ramah lingkungan. Ukuran mini dan bobot yang cukup ringan memudahkan untuk dibawa bepergian. Warna-warna cerah nan lembut dengan motif minimalis membalut desainnya. Koleksi Manakala Living turut menawarkan rangkaian gelas, serta vas sebagai wadah bunga eklektik di sudut-sudut rumah Anda.

Temukan koleksinya di: thegoodthings.co

Inggil Home

koleksi keramik lini artisan lokal Indonesia
Ring Cone Collection, photo courtesy Inggil Home via Instagram.com/@inggilhome

Sebagai pemain baru di ranah keramik, Inggil Home menawarkan kreasi tembikar dalam batch kecil lewat lini koleksi Kamu. Kekuatan desainnya menekankan kekayaan motif abstrak berbalut variasi warna cerah. Kreasi Ring Cone memastikan perhiasan cincin Anda terjaga dengan baik, dan dalam display yang artistik. Rangkaian perlengkapan meja makan Kamu. turut berkontribusi meningkatkan pamor Inggil Home di antara para pencinta keramik.

Temukan koleksinya di: Inggil Home

Kevala Ceramics

Kevala Ceramics bukan pemain awam di bidang kerajinan tembikar. Berbasis di Bali dan telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun, Kevalayang didirikan oleh Wendy Thomasterkenal akan karya keramik berkualitas yang tak lekang zaman. Desain kontemporer digubah mengandalkan teknik scragfitto, inlay, seni lukis tangan, sponging, pencelupan dan penyemprotan; disempurnakan dengan glasir yang diramu secara pribadi di lab Kevala. Dari segi desain, Kevala senantiasa berkolaborasi dengan seniman-senimandalam dan luar negeriserta memberdayakan para pengrajin lokal.

Temukan koleksinya di: kevalaceramics.com

Gaya Ceramic

Gaya Ceramic, yang didirikan oleh pasangan Marcello dan Michela di Bali sejak 2001 silam, memanifestasikan ekosistem kehidupan di lingkungan sekitar menjadi objek yang mengungkap bentuk, warna, dan rasa. Nilai artistik senantiasa ditonjolkan lewat studi, eksperimen, serta pengembangan keterampilan secara konstan. Eksplorasi materi plus teknik inovatif turut melengkapi proses berkarya para pengrajin Gaya Ceramic.

Temukan koleksinya di: gayaceramic.com

Sudut Gala

Vas berwajah estetis menjadi penawaran utama Sudut Gala. Yang membuat kerajinan keramiknya menarik ialah siluet quirky dalam garis rancang kontemporer. Karakter natural tampak lewat tekstur fasad keramik yang dibiarkan “kasar” dan tidak dipoles halus. Namun, penampilannya digubah secara lembut dengan sentuhan lapisan mengilap.

Temukan koleksinya di: Sudut Gala

Hakijo Studios

Rangkaian pot buatan Hakijo Studios dominan warna hitam dan rona natural yang cenderung gelap. Siluet gelombang dengan gurat geometris dalam fasadnya membentuk rupa karakter minimalis nan elegan. Sebuah wadah estetis untuk koleksi houseplant Anda.

Temukan koleksinya di: Hakijo Studios

Tana Ceramics

Dalam mencipta kerajinan keramiknya, Tana Ceramic menjunjung filosofi kebumian yang merupakan aspek fundamental dalam siklus kehidupan makhluk hidup. Setiap benda koleksinya menawarkan variasi desain autentik, dipadu rona warna natural yang kian mempercantik rupa tampilannya.

Temukan koleksinya di: canaan-studio.com, thegoodthings.co

Ayu Larasati Ceramics

Seni tembikar Ayu Larasati Ceramics menawarkan kuratorial keindahan lanskap alam di setiap sudut hunian Anda. Misalnya koleksi Moonstone yang memadukan tiga glasir, batu pasir, zirkonium putih dan biru, mengadopsi suasana malam terang bulan di tepian laut sebagai inspirasi. Didikan Desain Industrial Ontario College of Art and Design (OCAD University), menempa Ayu Larasati untuk tak hanya mengedepankan desain eklektik. Tetapi juga selaras kualitas. Memanfaatkan materi high fires stonewares, proses pembuatan tembikarnya berorientasi pada metode pencelupan glasir dan dibakar hingga 1240 derajat Celsius.

Temukan koleksinya di: al-ceramics.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.