Membuka Ruang Lapang dan Sirkulasi Pencahayaan Untuk Hunian Tengah Kota

elle indonesia - menciptakan ruang terbuka dalam hunian tengah kota

Ruang terbuka dalam denah hunian kontemporer tipe kota rancangan Kadlec Architecture + Design di Chicago.

Spasial lapang yang ramah privasi dari lingkungan luar. Sebuah situasi yang menjadi tantangan besar dan berusaha diciptakan Steven Kadlec bersama timnya saat merancang kediaman keluarga milik pasangan muda di tengah kota Chicago, Illinois. “Rumahnya tipikal hunian perkotaan dengan lahan terbatas dan aliran cahaya alami tidak menyentuh tiap ruangan,” ujar sang arsitek. Narasi ruang terbuka di mana para penghuni mendapat keleluasaan pribadi dalam hunian yang tetap terasa personal, lantas dirancang sebagai titik penentu utama cetak birunya.

Akuisi dua kaveling memberikan lahan seluas 696 m2. Cukup membantu untuk mengolah denah bangunan tiga lantai yang lapang. Tingkat dasar merupakan zona aktif, meliputi ruang kerja, sejajar ruang entertainment, sudut bermain anak, dan gym. Area-area yang memfasilitasi gerak privat penghuni baru dimulai di lantai dua; seperti kamar tidur, ruang tamu, living room, ruang makan dan dapur, serta ruang penyimpanan wine; menciptakan jarak persinggungan dunia luar yang aman. Perlindungan privasi di lantai tiga yang menjadi area berkumpul berkonsep outdoor mengandalkan pergola nan rimbun penuh tanaman hijau, menaungi ruang duduk dilengkapi meja makan dan dapur.

Komunikasi ketiga lantai dijalin oleh tangga yang didesain modern; setiap anak tangga disusun seolah melayang, tanpa tubuh hanya ditopang handrail kaca. Atap sepanjang tangga memanfaatkan kaca transparan yang membuka jalur bagi sinar matahari mengalir di tiap lantai. Pintu dan jendela kaca yang menjulang turut memaksimalkan penerimaan cahaya alami, selain menjembatani kehidupan luar masuk ke dalam rumah. “Keterbukaan ruang dan penerangan alami menjadi karakteristik kuat pengembangan desain rumah,” kata Kadlec.

Lanskap natural tersebut menghidupkan atmosfer hunian yang intim terasa segar dan terang dalam interior minim sekat. Suasana hangat menonjol dari pemilihan warna-warna cokelat materi kayu serta abu-abu batu ekspos, sementara beberapa dinding dicat rona putih. “Kami ingin menginjeksikan energi kontemporer bernuansa kasual dan terkesan muda namun dalam cara yang sophisticated,” katanya. Kekayaan warna disuntikkan lewat penempatan furnitur bergaris rancang modern sarat tekstur yang selaras rona dengan desain arsitekturnya. “Klien kami juga memiliki koleksi benda-benda seni kontemporer yang menghembuskan napas artistik bagi rumah,” pungkas Kadlec.

Images: DOC. Kadlec Architecture + Design/photography MIKE SCHWARTZ

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.