Mengintip Desain G-Class SUV Mercedes-Benz Kolaborasi Virgil Abloh

virgil abloh kolaborasi mercedes-benz

Inovatif. Futuristis tanpa melepaskan garis desain G-Class SUV yang klasik. Mercedes-Benz ungkap desain kolaboratif Gorden Wagener dan Virgil Abloh.

Ketika Virgil Abloh bertemu Mercedes-Benz, dunia fashiondan otomotif bersatu dalam sebuah tingkatan baru lewat Project Geländewagen.

Kolaborasi keduanya diumumkan secara resmi, pertama kali, kepada publik bulan Juli 2020 silam. Keterlibatan direktur kreatif koleksi mode laki-laki Louis Vuitton tersebut ialah dalam rangka memperingati peluncuran perdana Mercedes-Benz seri G-Class yang ke-40 tahun (jatuh pada 2019). Abloh digandeng oleh sang manufaktur otomotif asal Jerman untuk mendandani paras ikonis G-Class sebagai manifestasi sebuah mobil balap; bekerja sama dengan kepala tim desain Mercedes-Benz, Gordon Wagener.

Prototipe Project Geländewagen diungkap lewat konferensi virtual secara global pada 8 September 2020. Radikal, adalah kesan pertama yang tertangkap mata. Penampilannya tampak sangat natural. Hampir tidak terlihat cat warna melapisi fasad rona putih alami yang dipernis mengilap; bekas amplas mengaksentuasi beberapa bagian belakang serta garis bawah pintu. Bentuk kotak yang menjadi ciri khas sejak tahun 1979 tetap dipertahankan. Namun, tinggi mobil diturunkan dan tubuhnya sedikit diperlebar. Abloh dan Wagener sepakat menanggalkan identitas G sebagai ikon mobil off-road, “dan menggunakan pendekatan mobil balap untuk transformasi desainnya,” ungkap Wagener dalam penjelasannya.

Desainnya menonjolkan sikap sederhana. Strukturnya digubah dengan meminimalisir aspek yang tidak utama. Pipa knalpot warna biru muda, tulisan label pada ban, dan lampu sorot bertanda X, menjadi segelintir karakter pada muka.

Interiornya hampir serupa mobil balap Nascar; lengkap dengan rangka besi yang menjaga setiap sisinya. Dasbor analog dan rangka setir berpenampilan futuristis mencuri perhatian. Model kursi balapnya bersiluet melengkung (sedikit menyerupai tempat duduk penerbangan first class). Di bagian tengah jok terpasang sabuk pengaman warna merah terang bertuliskan nama belakang para penciptanya. 

Seri G-Class Project Geländewagen tidaksetidaknya belumdirencanakan untuk produksi masal. Penggarapannya lebih ditujukan sebagai inovasi karya dan penghargaan terhadap seni. Sebuah replika berukuran lebih kecil pun dibuat, di mana karya tersebut akan dilelang melalui rumah lelang Sotheby. Penawaran akan dimulai pada 14 September 2020, dengan penjualan akhir pada 2 Oktober 2020. Perolehan seluruh hasilnya akan didonasikan kepada badan amal yang berfokus mendukung seni.

photography Bafic/Project Geländewagen for Mercedes-Benz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.