Rich Brian Angkat Persoalan Ras di Album Kedua, ‘The Sailor’

rich brian new album the sailor

Album ‘The Sailor’ menceritakan sisi kehidupan pribadi penyanyi rap sekaligus musisi Rich Brian. Salah satunya mengungkap pengalamannya terkait isu minoritas

Nama Rich Brian alias Brian Imanuel kembali menjadi sorotan. Album keduanya yang bertajuk The Sailor telah resmi dirilis, dan dalam skala global, pada 26 Juli 2019. Di karya baru ini, Brian—yang telah kembali ke New York City, Amerika Serikat, untuk memulai tur promosi—lebih bersikap matang. Musiknya kaya akan unsur kebaruan, sementara liriknya menyuratkan pengalaman pribadi yang ditulis secara dewasa.

rich brian new album the sailor
Cover album ‘the Sailor’

Lagu Yellow yang mengawali perilisan album misalnya, menyuarakan pikiran dan perasaan risih seorang minoritas. Kami mengutip sebaris liriknya, “Don’t fight the feeling ’cause I’m yellow, Will I make it? Who the hell knows?You want my soul but we don’t sell those.” Brian seolah mengungkapkan kekalutan, keraguan mampu menggapai mimpi, yang ia hadapi sebagai keturunan Tionghoa-Indonesia di negara asing.Musik bertempo sedikit lambat pada bagian bridgekian membius telinga pendengar. Brian bermain harmoni menggunakan piano danbass.

Kegelapan tidak menyelimuti seluruh aspek album kedua Rich Brian. Irama soul penuh semangat diperdengarkan lewat lagu Kids. Tabuhan drum dan trompet mengiringinya berkata-kata cepat di sepanjang lagu. Komposisi apik untuk membuai pendengar agar tidak bosan, meskipun dilatari irama yang berulang.

Liriknya sendiri menceritakan usaha dan kerja keras atas kesuksesan yang telah ia raih. “Tell these Asian kids they could do what they want, Might steal the mic at the GRAMMYs just to say we won. That everyone can make it, don’t matter where you from…” Brian menyerukan bahwa tak ada mimpi yang tidak mungkin jika berusaha. 

Untuk meracik album keduanya, Brian banyak menggandeng rekan musisi. Bekon, RZA dari Wu Tang Clan, hingga Joji untuk lagu bernuansa mellow berjudul Where Does The Time Go, merupakan beberapa nama kolaboratornya.

(Images: Instagram.com/brianimanuel, Text VANYA HARAPAN)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *