Netflix Rilis Karya Terakhir Chadwick Boseman Bersama Viola Davis dalam Biopik ‘Ma Rainey’

ma rainey black bottom

Dunia sinema internasional kembali diberkati oleh semangat Chadwick Boseman. Penampilan terakhir sang aktor akan diputar di Netflix.

Sebelum Chadwick Boseman meninggal dunia pada 28 Agustus 2020, sang aktor telah merampungkan karya terakhirnya bertajuk Ma Rainey’s Black Bottom.

Chadwick Boseman meninggal dunia akibat penyakit kanker stadium 3 (sejak didiagnosa pada tahun 2016). Produksi film Ma Rainey’s Black Bottom selesai pada 16 Agustus 2020. Boseman sedang berjuang melawan kanker saat dalam produksi film Ma Rainey’s Black Bottom, tetapi tidak seorang pun tahu keadaannya saat itu.

Lawan main Chadwick Boseman di film ini, Viola Davis, berkata, “Saya melihat kembali betapa lelahnya dia. Kadang saya melihat ia sedang bermeditasi dan seseorang memijatnya. Sekarang saya menyadari, ia mencoba menanamkan dalam dirinya untuk terus maju dan bekerja pada tingkat optimal di tengah perjuangannya melawan sakit. Kita melihat 150% usaha yang datang dari kerja sama dengan Chadwick. Ia benar-benar bisa membuang ego apa pun yang ia miliki, apa pun kesombongan yang ada lenyap begitu saja, dan ia menyambut kedatangan Leeve sepenuh hati,” ungkap Davis seperti dikutip New York Times.

ma rainey black bottom
Photo courtesy Neflix

Di film Ma Rainey’s Black Bottom, Boseman memerankan Levee, seorang pemain trompet yang ambisius yang bertekad untuk membuat ciri khasnya sendiri di industri musik. Proses syuting Ma Rainey’s Black Bottom bertempat di Pittsburgh. Mengambil latar suasana kota Chicago tahun 1927. Ma Rainey’s Black Bottom mengemas dunia musik dengan isu ras dan eksploitasi artis kulit hitam.

Penayangan Ma Rainey’s Black Bottom diumumkan oleh Viola Davis melalui akun Twitter @violadavis. Film ini diproduseri oleh Denzel Washington, Todd Black, dan Dany Wolf. Disutradarai oleh George C. Wolfe, Ma Rainey’s Black Bottom merupakan adaptasi dari naskah karya penulis legendaris August Wilson yang mengisahkan kemelut hidup Gertrude ‘Ma’ Rainey. Selain Viola Davis dan Chadwick Boseman, film ini juga dibintangi Glynn Turman, Taylour Paige, dan Colman Domingo.

Dalam film yang dirilis 18 Desember 2020, kisah Ma Rainey (diperankan Viola Davis) diawali dengan konflik yang terjadi di sebuah studio rekaman di Chicago. Ketegangan terjadi selama sesi rekaman saat sekelompok musisi menunggu kedatangan sang Mother of the Blues yang legendaris, Ma Rainey. Perempuan yang tak kenal takut dan berapi-api ini terlibat dalam perdebatan sengit dengan dengan manajer dan produser musik yang terlalu mengontrol kebebasan bermusiknya.

ma raineys black botton
Photo courtesy Neflix

Ma Rainey adalah musisi perempuan Afrika-Amerika pertama yang berhasil mendulang kesuksesan sebagai penyanyi blues profesional. Namun perjalanan kariernya hingga menjadi Mother of Blues tidak pernah mulus tanpa kendala. Banyak rintangan harus dihadapi seorang Ma Rainey. Lahir pada 26 April 1886, Gertude Pridgett ‘Ma’ Rainey merupakan penyanyi blues Afrika-Amerika paling awal dan salah satu generasi pertama penyanyi blues yang melakukan rekaman. Karier musiknya berawal saat ia remaja. Ia mengasah keterampilan musiknya di gereja. Pada tahun 1900, Ma Rainey bernyanyi dan menari di Georgia’s Springer Opera House (sekarang menjadi National Historic Landmark). Buffalo Bill, Burt Reynolds, dan Oscar Wilde adalah sejumlah nama yang pernah tampil di tempat tersebut.

Photo courtesy Neflix

Dilansir dari New York Times, ketika Denzel Washington meminta Viola Davis memerankan Ma Rainey, aktris tersebut ragu-ragu. “Saya tidak pernah memerankan seorang diva legendaris seperti Ma Rainey dan bertanya-tanya apakah saya bisa,” ungkapnya. Namun begitu ia berkomitmen pada peran, maka ia meninggalkan semua keraguan dan hambatan. Ia mewujudkan Ma Rainey sebagai tokoh musisi perempuan legendaris yang menakjubkan. “Saya menikmatinya. Saya mengibaskan pinggul saya setiap hari. Ada kegembiraan dalam kebebasan berekspresi dan saya memang terlahir sebagai seorang pemain film.” 

chadwick boseman Neflix
Photo courtesy Neflix

Denzel Washington, sang produser, awalnya memiliki kesepakatan dengan jaringan televisi HBO untuk memproduksi Sembilan film, salah satunya Ma Rainey’s Black Bottom. Pada Juni 2019, kesepakatan itu dipindahkan ke platform streaming Netflix. Mengambil latar syuting di Pittsburgh yang diubah menjadi Chicago tahun 1927, film ini telah dijadwalkan tayang di Netflix seluruh dunia pada 18 Desember 2020 mendatang. 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.