Pameran dagang internasional, Ambiente, kembali digelar di Frankfurt, Jerman.

Dalam ajang Ambiente, puluhan negara menyajikan tren terkini dan inovasi terbaru dalam dunia desain.

Setiap tahun pada musim semi, Messe Frankfurt menyelenggarakan pameran dagang (trade fairs) terbesar di dunia bertajuk Ambiente. Memasuki tahun ke-70, Ambiente 2019 digelar 8- 12 Februari berlokasi di Frankfurt Fair & Exhibition Center, Frankfurt, Jerman. Pada tahun 2018 silam, terdapat 4.376 peserta pameran dari 88 negara dan 133.582 orang pengunjung dari 167 negara. Stephan Kurzawski, Senior Vice President Consumer Goods & Sales Messe Frankfurt, mengungkapkan bahwa Ambiente berlangsung di area seluas 50 kali lapangan sepak bola dan menghadirkan ekshibisi dari lebih 90 negara dunia yang menyajikan tren dan inovasi terkini dalam ranah desain sebagai upaya untuk menentukan tren di masa mendatang. Pada Ambiente 2019, terdapat 67 peserta pameran asal Indonesia yang ikut meramaikan ajang ini. Dan di tahun ini, India menjadi partner country yang akan membawa gagasan-gagasan desain serta menggabungkan tradisi kerajinan dan modernitas dalam Partner Country Day di Ambiente 2019 yang turut menghadirkan Ayush Kasliwal, desainer furnitur dari Jaipur, dan Sandeep Sangaru, desainer industrial dari Bengaluru.

Selama lima hari, Ambiente juga akan menggelar ajang penghargaan bagi desain produk inovatif yakni Design Plus, German Design Award, Kitchen Innovation of The Year–The Consumer Award, Next and Talents (mempromosikan para desainer muda), Solutions (memamerkan produk-produk cerdas fungsional), dan The Trend Show. Tren senantiasa mewarnai gelaran Ambiente setiap tahunnya. Tak terkecuali tahun ini. Ambiente 2019 mengangkat tiga tema tren yaitu Tasteful Residence, Quiet Surrounding, dan Joyfilled Ambience. Ketiganya dikurasi oleh Claudia Herke, Cem Bora, dan Annetta Palmisano dari studio desain Bora.Herke.Palmisano.

Setiap tahunnya, Ambiente mengangkat tiga kategori produk yakni Living, Giving, dan Dining. Segmen living menawarkan solusi dalam konsep gaya interior yang meliputi furnitur, aksesori ruangan, cermin, pigura, lampu dekoratif, tekstil interior, dan sebagainya. Sementara bagian giving menyajikan produk-produk suvenir dan hadiah seperti arloji, tas, dompet, ikat pinggang, kerajinan tangan, dan sebagainya. Pada kategori dining, segala produk menawarkan kemudahan dalam memasak untuk pengalaman santap yang lebih istimewa. Mulai dari gelas, porselen, keramik, hingga perlengkapan dapur yang inovatif. Anda juga dapat mengamati arah perkembangan industri barang konsumen dalam Ambiente Academy dan mengikuti tur desain yang dipimpin Prof. Hansjerg Maier-Aichen, pakar desain dari Sekolah Tinggi Desain Karlsruhe.

Sebagai pameran dagang terbesar, Ambiente bukan sekadar wadah pameran raksasa. Ia berlaku sebagai barometer tren dan inovasi bagi industri produk konsumen secara global. Lewat presentasi produk di ajang Ambiente, setiap label berupaya menjadi ajang inspiratif bagi para pengagum desain, pencinta dekor, dan para arsitek dengan menampilkan tren sebagaimana masa depan dibentuk dan diciptakan mulai dari hari ini.

Simak liputan eksklusif ELLE dari Jerman di edisi April.

 

(Photography: MESSE FRANKFURT EXHIBITION GMBH/JEAN-LUC VALENTIN, PETRA WELZEL, THOMAS FEDRA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.