Pendekatan Multidisiplin dalam Desain Studiopepe

Pendekatan Multidisiplin dalam Desain Karya Studiopepe

Studiopepe telah menaklukkan dunia estetika lewat nuansa pastel dalam bentuk tegas, dipandu oleh hasrat untuk menggunakan material yang mengisahkan perjalanan dan keberlanjutan. Oleh SHAMIRA.

Pertemuan yang tidak disengaja di pinggir laut Pasifik membawa Arianna Lelli Mami dan Chiara Di Pinto ke dalam perjalanan selama 15 tahun dalam studio yang dibangun bersama. “Kami sudah mengenal satu sama lain sejak kuliah. Setelah lulus kami berdua berlibur ke Meksiko dan tidak disengaja kami bertemu di sebuah pantai terpencil,” jelas keduanya pada ELLE Decoration Indonesia. Studiopepe kini telah menjadi salah satu firma desain yang dikenal baik akan desain eklektisnya di kota Milan.

Pendekatan Multidisiplin dalam Desain Karya Studiopepe
Arianna Lelli Mami dan Chiara Di Pinto photography DOC. ©Studiopepe

Keduanya memutuskan untuk berkolaborasi. Arianna memiliki latar belakang desain interior, sementara Chiara fokus mendalami desain industrial. Arianna dan Chiara memiliki pandangan yang unik akan suatu objek dan ruang. “Kami senang bereksperimen lewat kode visual dan materi baru. Kami menyukai perbedaan serta temuan vintage. Kami terus berevolusi demi penelitian yang berkelanjutan, terutama untuk kawasan di mana kami tinggal,” terangnya.

Studiopepe mengambil pendekatan multidisiplin dalam mengeksekusi berbagai proyek, “Kami menangani beragam aspek desain. Mulai dari ritel, interior, desain produk, hingga limited edition. Itu sebabnya studio kami memiliki banyak profesional sepeti arsitek, desainer, dan grafis,” tegas mereka. Dalam tajuk Les Ancanistes. The Future is Un/Written, Studiopepe ikut serta di ajang Milan Design Week 2019 lewat tampilan instalasi yang menelusuri hubungan materi, arketipe, dan simbol. Studiopepe bernarasi lewat setiap ruang dalam instalasinya secara artistik yang didedikasikan untuk mengungkap kisah melalui paduan furnitur klasik dan kontemporer. Lewat instalasi ini, Studiopepe menafsirkan bahasa yang mereka gunakan untuk desain berlapis yang eklektik yang menyatukan visi puitis dan garis rancang yang presisi.

Visi Studiopepe turut memuat perspektif keberlanjutan dalam ranah desain. Mereka menceritakan bahwa minat dalam desain berkelanjutan itu nyata. Bukan hanya sebatas estetika atau tren, tetapi kembali ke esensinya. “Ini menantang karena hal itu mengubah cara desainer memahami produk mereka,” Studiopepe menjelaskan. Dua sosok desainer perempuan asal Italia tersebut pun menjabarkan arti berkelanjutan bagi studionya, “Seluruh proses ini bisa berarti menggunakan bahan daur ulang, menemukan kehidupan baru lewat bentuk yang berbeda, atau menafsirkan kembali material lewat cara-cara yang cerdas, inovatif, sekaligus menghargai esensi keberlanjutan.”

photography DOC. ©Studiopepe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.