Pesona Warna Pesisir Italian Riviera

elle indonesia - italian riviera

Kota warna-warni, riuh festival, dan aktivitas lebih dekat dengan alam di perairan Teluk La Spezia menjadi suatu penawaran panorama sarat kultural.

Kota-kota yang menjalin sebuah garis panjang di pantai Mediterania (dari ujung Prancis dan Italia) tidak bisa diremehkan. Iklim yang bersahabat sepanjang tahun menjadikan destinasinya sebagai tujuan pelesir favorit.

Italian Riviera (Ligurian Riviera) memiliki karakter lebih kasual. Kota warna-warni, riuh festival, dan aktivitas lebih dekat dengan alam di perairan Teluk La Spezia menjadi suatu penawaran panorama sarat kultural.

PORTOFINO

italian riviera

Berada di garis pantai Italian Riviera, Portofino adalah desa nelayan dengan pelabuhan kecil berbentuk huruf U yang kerap dipadati barisan superyacht, kendaraan figur-figur internasional serta para jutawan dunia. Desa di sebelah tenggara kota Genoa ini khas akan deretan rumah berwarna pastel yang menghimpit butik-butik mewah. Anda bisa menemukan Louis Vuitton hingga Hermés di gang-gang sempit beratmosfer kuno, atau bahkan di pertokoan seberang marina.

elle indonesia - italian riviera

Area ini hanya ditinggali 400 penduduk, menjadikannya sebuah piazzetta, yaitu alun-alun berbatu dengan barisan restoran dan kafe pelabuhan. Dari sana, sebuah jalur mengarah ke Castello Brown, benteng dan museum abad ke-16 yang memamerkan berbagai karya seni, juga pesona Laut Liguria. Terdapat titik selam di pantai San Fruttuoso di mana Anda dapat melihat patung perunggu Yesus besar dengan tangan terbuka berpijak di bawah laut.

VERNAZZA

Region Cinque Terre yang tersohor merupakan sebuah wilayah yang terbentuk dari lima desa. Salah satunya, Vernazza yang tidak memiliki lalu lintas untuk mobil. Kota pelabuhan bagi Cinque Terre ini dikenal lewat pemukiman dengan rumah-rumah berfasad elegan. Karakter Vernazza menonjol lewat pantai berbatu, jalan setapak yang tenang di atara teras-teras yang tertutup kebun anggur serta pepohonan zaitun (merupakan salah satu lokasi yang disebut sebagai produsen minyak zaitun terbaik di Italia).

Sebuah kastil peninggalan Abad Pertengahan yaitu Belforte, dibangun pada pertengahan tahun 1500-an sebagai pelindung desa dari bajak laut. Fakta tersebut hingga kini membuktikan bahwa cara ideal untuk mencapai desa menakjubkan ini adalah melalui laut. Dengan pelabuhan yang dikelilingi oleh perumahan berwarna pastel serta piazza apik yang dipadati restoran dan bar, Vernazza mewujudkan karakter paling kuat bagi keindahan Cinque Terre.

elle indonesia - italian riviera

GENOA

Peran sentral Genoa, Ibu Kota wilayah Liguria, dalam perdagangan maritim selama berabad-abad meninggalkan warisan budaya dan arsitektur yang menjadi daya tarik utamanya. Sejarah hidup di Genoa dengan area kota tua yang telah melalui revitalisasi dan kini menyemarakkan kota lewat wujud restoran, toko, dan bar.

elle indonesia - italian riviera

Alun-alun Piazza de Ferrari dan rumah opera Teatro Carlo Felice menawarkan kemegahan historis di balik caruggi (jalan-jalan sempit). Genoa merupakan rumah bagi ratusan istana kerajaan abad ke-16 dan ke-17. Salah satunya, Palazzi dei Rolli yang ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

TELLARO

Tak banyak yang tahu akan keberadaan Tellaro, namun desa di dekat perbatasan Tuscan ini konon dikenal sebagai destinasi romantis dan kaya festival. Gulf of Poets menawan lewat barisan rumah-rumah berwarna cerah, gereja berfasad unik, lorong-lorong yang tenang, dan jejeran perahu nelayan berwarna-warni.

elle indonesia - italian riviera

Setiap tahun, Tellaro berpartisipasi dalam lomba perahu Palio del Golfo. Namun yang paling menarik perhatian adalah festival perayaan kelahiran Yesus pada malam Natal dengan cara memunculkan patung bayi Yesus dari bawah laut yang dibawa sekelompok penyelam dan disambut lebih dari 8.000 cahaya lilin, hingga kemudian dilanjutkan festival kembang api yang pecah di atas laut.

elle indonesia - italian riviera

Images: GETTYIMAGES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.