Raisa Menata Kemandirian dan Keberdayaan

elle indonesia - interview raisa - photography vicky tanzil - styling ismelya muntu - editor rianty rusmalia

Raisa mereguk kebahagiaan lewat upaya berdaya sekaligus memelihara keseimbangan hidup di tengah peran yang berlapis.

Bagi Raisa, pandemi Covid-19 tidak membuatnya mati gaya. Tidak ada aktivitas di luar rumah, tidak berarti keriaan suasana tidak terjadi. Ia memilih untuk berusaha fokus meningkatkan kebahagiaan dirinya, menggali potensi yang belum muncul, dan melihat aspek positif dari segala peristiwa yang ditemui.

Tentang kehidupan selama di rumah

“Saya selalu mendapat kesenangan dan memperoleh banyak energi positif justru ketika berada di rumah dan jauh dari keramaian. Sama sekali tidak ada kejenuhan walaupun berbulan-bulan hanya di rumah. Yang bikin agak cemas sebetulnya kekhawatiran saya pada Zalina, anak saya. Saya khawatir perkembangannya jadi terganggu karena situasinya sedang begini. Akhirnya saya jadi harus berusaha ekstra keras supaya dia tetap jadi anak yang sehat dan cerdas.”

Tentang menjadi seorang ibu

“Menjadi ibu membuat saya “dipaksa” untuk tidak lagi memikirkan hanya diri sendiri. Kini saya harus membuang semua sifat manja dan kekanakkanakan. Termasuk berlapang dada apabila pada akhirnya saya tidak punya waktu yang cukup untuk diri sendiri. Namun saya tak pernah menyesali apa pun. Saya sangat menyadari bahwa hari dimana seorang anak lahir, saat itulah perempuan juga merayakan kelahiran dirinya sebagai orangtua.”

Tentang menjadi perempuan berdaya

“Dengan tetap bekerja, saya tidak kehilangan jati diri. Saya tetap punya ruang untuk bermimpi dan berkarya. Memelihara kemandirian di luar wilayah domestik rasanya menjadi penting agar hidup perempuan tetap seimbang.”

Baca wawancara lengkap Raisa dalam Cover Story majalah ELLE Indonesia Agustus 2020. Telah terbit.

elle indonesia - interview raisa - photography vicky tanzil - styling ismelya muntu - editor rianty rusmalia
photography VICKY TANZIL styling ISMELYA MUNTU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.