Ramengvrl Segera Rilis Debut Album: Can’t Speak English

Ramengvrl new album can't speak english

Kehidupan pribadi melatari inspirasi berbagai kisah lagu dalam daftar putarnya. Dikemas secara modern dengan harmoni kolaboratif sederet musisi internasional.

I’m excited to announce my debut album #CANTSPEAKENGSLISH…” kata Ramengvrl melalui media sosial.

Tiga tahun berlalu sejak Ramengvrl menuai atensi publik; dengan attitude penuh kebebasan dan penampilan swag di atas panggung membawakan single bertajuk I’m Da Man (rilis tahun 2017), plus mixtape berjudul No, Bethany (rilis tahun 2019); rapper perempuan kelahiran Indonesia itu akhirnya siap meluncurkan album studio perdana.

Bertajuk Can’t Speak English, debut album Ramengvrl tersebut dijadwalkan untuk rilis pada November 2020. Kabar tersebut telah mendapat konfirmasi pihak label Juni Records. “Judul album ini saya dapatkan ketika sedang di Amerika Serikat. Berada di antara orang-orang yang fasih berbahasa Inggris membuat saya gugup. Beberapa kali saya kesulitan berbicara, hingga benar-benar memikirkan kalimat yang ingin disampaikan. Padahal, kenyataannya saya fasih berbahasa Inggris. Lalu saya menyadari bahwa rasa gugup atau keraguan tersebut muncul karena diri saya sendiri,” ungkap rapper bernama asli Putri Soeharto itu perihal album barunya.

Ramengvrl new album can't speak english
Photo courtesy Juni Records

Melansir pernyataan Ramengvrl, album perdananya bersifat intim. Kehidupan pribadi melatari inspirasi berbagai kisah lirik lagunya. Mulai dari pembangunan karakter di tengah keluarga konservatif hingga mendobrak realitas untuk mengejar hasrat dan mimpi.

10 lagu disusun sebagai daftar putarnya. Dua lagu di antaranya ialah single yang ia luncurkan beberapa bulan lalu; Vaselina (rilis September 2020) dan Look At Me Now (rilis Oktober 2020) yang melibatkan kolaborasi musisi asal Amerika keturunan Korea, Ted Park. Untuk debut albumnya, Ramengvrl—yang juga telah menandatangani kontrak dengan label internasional, Empire—banyak bekerja sama dengan sederet produser mancanegara. Cassius Jay yang telah menangani sederet musisi populer seperti Cardi B, Migos, dan Justin Bieber, ialah salah satu di antaranya.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.