Referensi Buku Untuk Tetap Berpikir Positif

referensi buku baru

Berdasarkan pengalaman pribadi tokoh-tokoh populer, penggambaran filosofi Yunani-Romawi kuno dan minimalisme, hingga gerakan bekerja yang tengah menjadi tren.

Selama #dirumahaja, pastikan kita selalu menjaga kesehatan. Termasuk kesehatan pikiran dan hati. Berikut rekomendasi buku agar tidak panik dan cemas di tengah situasi pandemi.

Going Offline

going offline desy anwar

Lewat media sosial dan dunia digital, kehidupan kita terus terhubung dan selalu aktif. Dalam kurun beberapa tahun terakhir, smartphone adalah benda pertama yang kita raih saat bangun tidur dan yang terakhir kita letakkan sebelum tidur. Layar kecil di tangan itu memberikan kenyamanan sekaligus mengalihkan perhatian dari dunia nyata. Hidup jadi jauh dari kata bosan. Meski memberi kita banyak manfaat, kehidupan digital tak semestinya menghilangkan kesenangan atas interaksi sosial dunia nyata. Buku ini mengajak kita untuk sejenak meletakkan gadget dan menemukan kembali kesenangan sederhana di dunia tanpa internet. Waktu-waktu di mana kita terhubung dengan hal-hal indah di sekitar­­­­­—bukan dengan teks, video, emoji, tetapi dengan mata, telinga, imajinasi, sentuhan, dan perasaan kita.
Pengarang: Desi Anwar

Wake Up Sloth

wake up sloth

Bagaimana jadinya saat generasi milenial diibaratkan hewan kungkang yang lamban dan pemalas ini? Buku ini menggugah kita berdamai dengan diri sendiri; dengan cara menjelma menjadi seorang teman dan alarm yang membangunkan kita dari mimpi buruk. Wake Up Sloth! juga dilengkapi kiat berpikir positif dan ilustrasi gambar yang dapat menjadi terapi. “Masa gelap yang dihadapi dalam hidup ini ibarat mimpi buruk saat tidur. Gelap, cemas, takut, dan depresi. Mimpi buruk memang tak bisa dihindari, tapi setelah mimpi buruk berakhir maka mimpi baik akan terjadi,” tulis Aulia Hanifa.
Pengarang: Aulia Hanifa

Filosofi Teras

filosofi teras

Lebih dari 2.000 tahun lalu, sebuah aliran filsafat telah menemukan akar masalah sekaligus solusi dari banyaknya emosi negatif. Stoisisme atau Filosofi Teras adalah filsafat Yunani-Romawi Kuno yang dapat membantu manusia mengatasi emosi negatif. Ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, Filosofi Teras menguatkan mental agar tangguh menghadapi naik-turunnya kehidupan. Jauh dari kesan filsafat sebagai topik yang berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras justru bersifat praktis serta relevan kehidupan saat ini.
Pengarang: Henry Manampiring

goodbye, things

Hidup Minimalis ala Orang Jepang (Goodbye, Things)

Fumio Sasaki adalah laki-laki biasa yang mudah tertekan di tempat kerja. Ia tidak percaya diri dan terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain. Suatu hari, ia memutuskan untuk mengubah hidup dengan mengurangi barang-barang yang ia miliki. Sasaki akhirnya merasakan kebebasan, kedamaian pikiran, dan penghargaan terhadap momen hidup. Ia menuliskan berbagai tip untuk proses hidup minimalis. Menjadi minimalis tidak hanya soal mengubah isi kamar atau rumah, tetapi benar-benar memperkaya hidup dalam arti yang sesungguhnya. Buku ini mendefinisikan ulang tentang kebahagiaan sejati yang membuka mata tentang apa yang dihadirkan oleh hidup ‘sederhana’. Terdapat versi terjemahan dalam Bahasa Indonesia dengan judul Hidup Minimalis ala Orang Jepang (goodbye, things)
Pengarang: Fumio Sasaki

Mindfulness for Success

mindfulness for success

Mindfulness merupakan sebuah gerakan yang kini kembali menjadi tren di perusahaan-perusahaan raksasa di Silicon Valey. Mindfulness for Success menuliskan pengantar dan panduan praktis sekaligus komprehensif mengenai gerakan tersebut. Tim Wesfix mengajak kita untuk menyadari kembali apa yang terjadi dalam diri dan sekitar kita pada saat ini. 
Pengarang: Tim Wesfix

The Path Made Clear

The Path Made Clear - oprah

Setiap orang mempunyai tujuan hidup. Menurut Oprah Winfrey, tugas sejati kita dalam hidup adalah untuk menemukan siapa diri kita yang sesungguhnya dan mengapa kita ada di bumi ini. Melalui The Path Made Clear, Oprah menawarkan kearifan pengalaman para visioner, seniman, guru, dan para sosok inspiratif yang membagikan pengalaman serta pelajaran hidup mereka. Satu persamaan sosok tersebut: mereka menyadari bahwa manusia perlu terlebih dulu menjadi diri sendiri sebelum melakukan banyak hal lain yang bermanfaat. Oprah mengajak kita untuk mengaktifkan ‘keajaiban’ di dalam diri kita untuk kemudian bukan hanya menciptakan kehidupan yang sukses, tapi juga bermakna. “Hidup Anda bukanlah sebuah terobosan besar. Hidup adalah soal setiap kali mengambil satu langkah yang mengubah hidup,” tulis Oprah.
Pengarang: Oprah Winfrey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.