Resor Ramah Lingkungan yang Membawa Lebih Dekat dengan Alam

travelling resor Ramah Lingkungan

Jika travelling merupakan salah satu keinginan Anda, tetapi terlalu khawatir akan dampaknya terhadap Bumi, sederet resor eco-friendly berikut akan membuat Anda mengenal dunia secara lebih ‘hijau’.

TSWALU – Afrika Selatan

Hanya Anda, para binatang, gurun, dan jutaan bintang di langit di kala malam. Jauh ke dalam gumuk dan bukit berpasir merah di Kalahari, Anda akan menemukan Tswalu, cagar alam privat terbesar di Afrika Selatan. Seperti namanya yang berarti ‘awalan baru’, Tswalu membangun restorasi serta melindungi habitat alam dan fauna—Anda dapat melihat pangolin, trenggiling bersisik yang menjadi hewan paling diperdagangkan di dunia, tengah menjilati santapan pagi.

Resor Ramah Lingkungan - Tswalu, cagar alam privat terbesar di Afrika Selatan

Bicara soal makanan, Anda akan dijamu hidangan berbahan baku sustainable yang dimasak koki peraih bintang Michelin, Jan Hendrik van der Westhuizen; dan disajikan di bawah bintang- bintang. Mulai dari bersafari dengan menunggang kuda, piknik di sabana, hingga tidur di alam terbuka yang memberikan pengalaman maksimal kehidupan gurun, kesembilan legae (rumah-rumah kecil) akan membuat Anda merasa seperti dilahirkan di sini.

Resor Ramah Lingkungan- Tswalu, cagar alam privat terbesar di Afrika Selatan

Harga mulai EUR1.640 euro per malam.
(www.tswalu.com)

SIX SENSES THIMPHU – Bhutan

Bertengger di lereng bukit satu-satunya negara bebas karbon di dunia, Six Senses Thimphu di Bhutan menawarkan sebuah pengalaman hidup secara ‘hijau’ yang melampaui gambaran kelestarian lingkungan.

Pada 1972, Raja Bhutan menciptakan frasa “Gross National Happiness (GNH)”, dan menyatakannya lebih penting ketimbang Produk Domestik Bruto. Begitu berkesannya ungkapan tersebut hingga membekas, dan kini konservasi alam adalah bagian dari tujuan GNH pemerintah.

Resor Ramah Lingkungan - Six Senses Thimphu Bhutan

Lewat lima pondoknya di seluruh Bhutan yang bisa Anda pilih, Six Senses Thimphu mengedepankan pendekatan ramah lingkungan selaras negara—belum lagi langkah-langkah hidup sehat untuk turis dan warga lokal!

Resor Ramah Lingkungan - Six Senses Thimphu Bhutan

Tenangkan pikiran dan raga Anda dengan yoga di sekitar pondok, menikmati waktu di bar atau restoran berlatarkan perbukitan berselimut hutan hijau, atau mendaftar Sleep Retreat untuk melepaskan beban pikiran Anda dengan pendekatan holistik akan kebahagiaan. Level kesejahteraan Anda akan melampaui batas garis normal dalam grafik.

Harga mulai dari EUR1.250 per malam.
(www.sixsenses.com)

BORGO PIGNANO – Italia

Borgo Pignano di Tuscany beroperasi hampir seluruhnya mengandalkan energi mandiri. Perkebunannya memproduksi 100% sistem pemanas dan air panas yang mengalir ke rumah dengan menggunakan energi terbarukan. Kebun dikelola memanfaatkan penyulingan air hujan; dan pertanian organiknya memasok bunga, madu, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, serta tanaman herbal (untuk Anda nikmati di malam hari).

Resor Ramah Lingkungan - Borgo Pignano Tuscany

14 unit penginapan dan suite didesain merefleksikan pesona kota Tuscany yang elegan namun nyaman— sempurna untuk beristirahat usai belajar membuat parfum, sabun, dan minyak aromaterapi.

Harga mulai EUR320 per malam.
(www.borgopignano.com)

MASPHI LODGE – Equador

Bersemayam di Pegunungan Andes adalah stasiun penelitian biologis
yang berfungsi ganda sebagai hotel butik, atau mungkin sebaliknya (mengingat Philippe Starck merancang hotel dengan bak mandi terbuka yang membuka panorama spektakuler).

Resor Ramah Lingkungan - Masphi Lodge equador

Lewat jendela tinggi dan struktur rangka baja daur ulang, Masphi Lodge berdiri di tengah-tengah lanskap hijau hutan Choco-Andean. Mendaki jalur hijau dan berenang di air terjun, Anda akan paham mengapa hutan ini terkenal sebagai paru-paru Bumi.

Kualitas hidup Anda meningkat di sini, di titik pusat keanekaragaman hayati di mana habitat monyet, kupu- kupu, dan puma! Bahkan, Anda bisa menemukan beberapa spesies fauna baru (seperti kodok Mashpi asli).

Resor Ramah Lingkungan - Masphi Lodge equador

Harga mulai EUR990 per malam.
(www.mashpilodge.com)

AZULIC TULUM – Meksiko

Tidak ada pohon yang ditebang demi membangun pilar-pilar Azulic Tulum. Materi bangunannya hanya menggunakan bahan-bahan yang terbarukan, serta membiarkan batang pohon untuk tumbuh menembus struktur eklektik bangunan bergaya boho chic yang menghadap ke Samudra Pasifik. Ketiadaan air conditioner, televisi, dan jaringan wifi atau bahkan lampu listrik, membuat pengalaman menginap di resor bagaikan sebuah jeda dari kesibukan kehidupan sehari-hari.

Di sini, Anda dapat menyelaraskan cakra dan keseimbangan jiwa lewat ritual Maya kuno yang ditawarkan oleh resor. Menyempurnakan sirsasana (pose headstand dalam yoga), sebelum bersantap di salah satu dari tiga restorannya (pesan tempat di Tseen Ja, yang berkonsep serupa sarang dengan panorama ke arah hutan dan menikmati menu fusion Jepang- Meksiko). Namun, yang paling istimewa dari tempat ini ialah sunset bath air suci dari sumur alami milik resor, sambil memandang deburan ombak.

Harga mulai dari EUR360 per malam.
(www.azulik.com)

THE NEWT IN SOMERSET – Inggris

Karen Roos, mantan pemimpin redaksi ELLE Decoration Afrika Selatan, bersama suaminya, Koos Bekker, membeli dan merenovasi rumah pedesaan bersejarah di Inggris. Hasilnya? Lebih dari sekadar hotel. Dinamai seperti spesies salamander yang langka, Great Crested Newts (kadal jambul besar)— hotel menunda pembangunan selama satu tahun agar kadal di sekitaran properti dapat diamankan—The Newt menerapkan prinsip berkelanjutan.

Resor Ramah Lingkungan

Berkeliling kebun dan ladang luas penuh 3.000 pohon apel yang jadi bahan baku pembuatan cyder lokal—sisa daging buah yang tidak terolah difermentasi menjadi roti apel. Spa dengan uap garam dan bermeditasi di The Newts, serta menikmati gelato susu kerbau, membuat Anda lupa zaman!

Harga mulai EUR325 per malam.
(www.thenewtinsomerset.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.