‘A World Without’: Ambisi Taklukkan Dunia

Netflix A World Without - Chicco Jericho - Ayushita

Lewat film bertema distopia, ‘A World Without’ mengisahkan misteri tentang apa yang ada di balik optimisme manusia terhadap masa depan kehidupan.

Mengambil latar tahun 2030, persisnya setelah pandemi berlalu. Dunia terkontaminasi pada apa pun yang buruk dan kelam. Indonesia, negeri kaya nan majemuk kebanggaan banyak orang, kini tak lagi sama dengan sebelumnya. Kebiadaban dan kerusakan adalah makanan sehari-hari kita. Ketamakan merajalela membuat manusia kian dekat dengan kehancuran. Lingkungan terancam musnah ditelan kerakusan. Hewan-hewan dan ekosistemnya binasa direguk keserakahan dan tak lagi tersisa apa-apa. Dan pada saat itu, manusia tak ingin lagi memikirkan soal reproduksi. Tidak seorang pun memedulikan masa depan. Dunia tengah kacau balau. Sangat mengerikan dan memburuk dibanding sepuluh tahun silam.

Namun di tengah kegelapan dan kegetiran peradaban manusia, harapan baik itu tercipta lewat suatu organisasi yang menetapkan komitmennya untuk mewujudkan masa depan dunia yang lebih cerah sekaligus berkelanjutan. Organisasi itu dinamakan The Light. The Light adalah organisasi tertutup dengan basis self-betterment yang hendak menciptakan tatanan dunia yang lebih baik sekaligus penuh harapan. Organisasi ini meyakini bahwa seluruh anak muda berhak untuk bahagia. Dan untuk meraih apa yang dicita-citakannya, setiap orang perlu didukung oleh sistem yang ideal. Organisasi ini membantu generasi muda untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri sekaligus mempersiapkan masa depan dunia yang berkelanjutan.

Netflix A World Without - Chicco Jericho - Ayushita
Chicco Jerikho sebagai Ali Khan.
Photo DOC. Netflix

Bukan sembarang organisasi, The Light hanya memilih remaja terbaik untuk bisa bergabung dan dilatih sesuai potensi terbaik mereka. Kaum muda ini memiliki waktu satu tahun sebelum akhirnya mereka dinikahkan dengan pasangan yang paling potensial, sesuai dengan karakter dan kapabilitas masing-masing. Mereka yang terlibat di organisasi ini memiliki kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk akhirnya mengubah dunia yang sedang berada dalam kehancuran.

Tak hanya organisasinya yang luar biasa, para pendirinya pun amat istimewa. Organisasi ini didirikan oleh pasangan suami istri Ali dan Sofia Khan. Ali Khan memiliki sepak terjang di bidang lingkungan dan isu kemanusiaan. Rekam jejaknya tak main-main. Laki-laki ini juga sangat ambisius dan amat gigih mengejar apa pun yang ia mau. Ia laki laki dengan tekad kuat. Kerap kali ia mempunyai gagasan-gagasan cemerlang dengan ide-ide brilian yang menjadikannya sangat karismatik. Sang istri, Sofia Khan, juga sangat cerdas, ramah, sekaligus ceria. Ia selalu berpikiran terbuka dan senantiasa mendukung suaminya. Sofia turut menunjukkan keberdayaannya sebagai perempuan dengan mendirikan Sofia Beauty, sebuah lini kecantikan yang mengedepankan inklusivitas sebab apa pun warna dan jenis kulit perempuan, merek ini memenuhi kebutuhan seluruh kaum perempuan. Sofia juga menjalankan bisnisnya dengan cara-cara yang baik. Selain menerapkan aturan ramah lingkungan, ia mengalokasikan 20% profit perusahaan untuk para penyandang disabilitas.

Premis film ini terdengar penuh optimisme dan sarat nilai kebaikan. Namun di balik keindahan yang ditawarkan The Light, Sofia dan Ali Khan sebagai pasangan sempurna yang bahagia nyatanya memiliki sebuah rahasia gelap. Mengisahkan sebuah misteri sekaligus menciptakan ketegangan yang dihadirkan lewat kisah tiga remaja perempuan bernama Salina, Ulfah, dan Tara. Ketiganya diterima bergabung di organisasi The Light dan memilih untuk menjalani kehidupan yang tak biasa.

Itulah sinopsis pendek dari film original Netflix yang berjudul A World Without, karya sutradara Nia Dinata. Sebelumnya, Nia Dinata telah dikenal sebagai salah satu sutradara perempuan berbakat lewat film-filmnya seperti Arisan! dan Berbagi Suami. Pada proyek kali ini, ia menggandeng Lucky Kuswandi sebagai penulis naskah, salah satu sosok di balik film Ali & Ratu Ratu Queens dan Selamat Pagi, Malam

Sederet aktor dan aktris berbakat Tanah Air mengisi daftar pemain film A World Without. Nama-nama yang tak asing sekaligus telah berkontribusi dalam memajukan perfilman Indonesia. Aktor Chicco Jerikho (berperan di Filosofi Kopi dan A Copy of My Mind) dan aktris Ayushita (berperan di Kartini dan What They Don’t Talk When They Talk About Love) akan berperan sebagai pasangan suami istri yang mendirikan organisasi The Light, Ali Khan dan Sofia Khan. Di film A World Without, keduanya menunjukkan kepiawaian sekaligus sisi yang tak pernah terlihat sebelumnya yakni saat mereka menjadi sepasang suami istri yang hangat dan karismatik, namun penuh teka-teki.

Amanda Rawles, aktris muda berbakat yang mencuri perhatian publik lewat karakternya di film Dear Nathan bersama aktor Jefri Nichol, akan berperan sebagai Salina. Salina adalah sosok remaja perempuan berhati lembut, tapi sangat ambisius dalam mewujudkan cita-citanya untuk menjadi seorang pembuat film. Film A World Without juga menampilkan aktris Maizura, salah satu pemeran di film Tarung Sarung, yang memerankan Ulfah, seorang remaja perempuan yang memiliki keinginan untuk menjadi istri dan ibu yang baik. Selain itu, film ini turut menampilkan Asmara Abigail yang memerankan sosok Tara. Perempuan yang juga terlibat di film Perempuan Tanah Jahanam ini akan memerankan si pemberontak yang keras kepala. Amanda Rawles, Maizura, dan Asmara Abigail menyuguhkan penampilannya yang apik sebagai tiga sahabat perempuan yang akan segera menyadari betapa pentingnya menemukan kekuatan dan suara mereka sendiri.

Netflix A World Without - Chicco Jericho - Ayushita
Amanda Rawles, Maizura, dan Asmara Abigail (tiga aktris pemeran Salina, Ulfah, dan Tara)
Photo DOC. Netflix

Turut bergabung dalam jajaran pemain yakni Jerome Kurnia (Bumi Manusia), Richard Kyle (Ini Kisah Tiga Dara), Dira Sugandi (Selamat Pagi, Malam) dan sederet pemain lainnya.

 “Di balik misteri dan ketegangannya, A World Without merupakan sebuah kisah mengenai perempuan yang menemukan kekuatan dalam diri mereka sendiri. Kami menyajikan perspektif perempuan yang dipraktikkan secara nyata di film ini melalui keterlibatan banyak kru perempuan, mulai dari sinematografer dan produser hingga penata busana dan penata artistik. Maka, pesan keberdayaan perempuan yang kuat di film ini tak hanya terasa di cerita, tapi juga apa yang terjadi di belakang layar. Melalui kerja sama dengan Netflix, kami berharap pesan universal di A World Without juga dapat menjangkau sekaligus dipahami oleh banyak orang di berbagai belahan dunia,” ujar sutradara Nia Dinata.

Netflix A World Without - Chicco Jericho - Ayushita
Photo DOC. Netflix

Netflix turut merilis teaser trailer A World Without yang menunjukkan Amanda Rawles, Maizura, dan Asmara Abigail sedang berjalan riang menghampiri Chicco Jerikho dan Ayushita. Keduanya terlihat seperti menyimpan rahasia berbahaya di balik senyum manis mereka. Apa yang akan terjadi dengan ketiga sahabat remaja, Salina, Ulfah, dan Tara? Lalu, apa yang sebenarnya disembunyikan oleh Ali dan Sofia Khan?

Saksikan film A World Without yang akan tayang perdana di 190 negara pada 14 Oktober mendatang, hanya di Netflix.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.