Shailene Woodley Percaya Pentingnya Empati Saat Bicara Isu Perubahan Iklim

shailenne woodley save ocean - green peace

Shailene Woodley manjaga bumi bersama Conservation Internasional dan menggaungkan kepemimpinan yang berpihak pada keberlanjutan lewat organisasi All It Takes.

Shailene Woodley sukses memerankan Jane Chapman di Big Little Lies. Talentanya terbentang di jagat industri hiburan Hollywood. Sebagai co-founder All It Takes, bersama sang ibu, Woodley menggaungkan kepemimpinan yang berpihak pada keberlanjutan. Ia percaya, memiliki empati itu penting saat membicarakan isu perubahan iklim, sesuatu yang tercermin dari kiprahnya di Conservation International. Shailene Woodley menginspirasi lewat kepopuleran dan upayanya terhadap perlindungan Planet Bumi.

Shailene Woodley - earth day 2020
Images: GETTY IMAGES

Apa yang menggerakkan Anda untuk terlibat dalam isu lingkungan?
“Sejak bekerja sama dengan Conservation International, saya terus-menerus takjub akan dedikasi mereka terhadap penyelesaian suatu masalah. Orang-orang yang tidak hanya berbicara, tapi juga merealisasikan ucapan. Conservation International melakukan integrasi dengan banyak negara di seluruh dunia dan menjembatani pihak-pihak konservatif dengan para pejabat di pemerintahan.”

Apa tujuan dan proyek terkini?
“Ada banyak tujuan Conservation International. Mulai dari meluaskan wilayah laut yang dilindungi, merestorasi hutan bakau, serta mencegah deforestasi. Organisasi ini telah berpartisipasi di lebih dari 30 negara dunia dengan bersuara lewat narasi Nature Heals Nature. Gagasannya, jika kita memberikan waktu bagi alam untuk pemulihan, maka ia akan meregenerasi dirinya dan memperbarui sumber daya alam sehingga terjaga eksistensinya.”

Apa hal buruk yang pernah Anda saksikan sebagai seorang aktivis lingkungan?
“Yang terburuk ialah bagimana media mengangkat sebuah isu lingkungan. Suatu pemberitaan dapat menimbulkan ketakutan dan ketidakberdayaan yang mana akan mengakibatkan sebagian orang menjadi apatis.”

Apa hal baik yang Anda temukan?
“Di saat banyak orang memberikan solusi. Sebuah langkah awal yang baik untuk terlibat dalam isu lingkungan. Langkah pertama yang sering saya sarankan adalah berdonasi lewat organisasi resmi seperti Conservation International. Selain juga menarik untuk menyimak kisah-kisah yang inspiratif. Jika lebih banyak kisah sukses yang dipublikasikan, maka kita cenderung menjadi komunitas yang optimis untuk terus berbuat baik.”

Bagaimana Anda melihat perubahan yang terjadi dalam isu lingkungan?
“Pada akhirnya, banyak orang mulai merasakan dampak dari perubahan lingkungan dalam keseharian mereka. Bahwa tidak ada satu pun orang bisa selamat dari bencana lingkungan. Dan yang lebih penting, generasi muda kini bersuara lebih keras. Lewat kemajuan teknologi, generasi muda membuat gerakan global melebihi apa yang telah kita lakukan di masa silam. Mereka membawa obor harapan masa depan untuk kita semua.”

Jika Anda adalah “Presiden Bumi”, apa aturan yang Anda terapkan untuk menjadikan Bumi layak untuk dihuni?
“Saya ingin membuat regulasi yang mengusung empati kepada anak-anak untuk memastikan bahwa mereka merasa cukup aman untuk dipahami dan dicintai. Saya selalu percaya bahwa akar dari semua krisis lingkungan berasal dari minimnya kepedulian terhadap emosi dan kebutuhan untuk merasakan cinta. Mustahil untuk membicarakan lingkungan tanpa membahas cara kita dalam memperlakukan satu sama lain. Kerusakan lingkungan adalah cermin dari kerusakan yang manusia lakukan setiap harinya.”

photography GETTY IMAGES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.