Gempita Pesta di Pantai Cabo San Lucas

travel california cabo san lucas

Sebuah desa nelayan di ujung Baja California yang bertransformasi menjadi sebuah destinasi populer dunia. Cabo San Lucas kini dikenal karena pesona alam dramatis dan megah, pengalaman pantai dan laut yang tak tertandingi, dan untuk pesta-pesta terbaik.

Cabo San Lucas, juga dikenal sebagai ‘Cabo’, adalah sebuah destinasi yang menyuguhkan ragam kegiatan non-stop; kehidupan malam yang panas, penampakan selebriti, pantai cerah yang impresif, dan aktifitas olahraga kelas dunia. Terletak di ujung Baja Meksiko (area semenanjung sempit antara teluk California dan Samudra Pasifik yang membentuk dua wilayah Meksiko), segalanya dilengkapi fasilitas mewah dan keindahan alam laut nan menakjubkan.

Reputasi Cabo San Lucas mulai berubah ketika potensi alam ditemukan dan berbagai resor kelas dunia mulai menancapkan bendera. Marka-marka internasional memenuhi sepanjang bentangan jalan raya sejauh 29 km yang menghubungkannya dengan kota tetangga, San José del Cabo (area ini biasa disebut dengan nama The Corridor). Perjalanan menuju Cabo pun makin mudah ketika bandara internasional dibangun di tahun ’80-an. Berbagai rute penerbangan non-stop dari hampir seluruh metropolitan dunia dilayani. Kian dikenal karena semangat berpesta, kota ini telah memantapkan diri sebagai tujuan berlibur mewah dengan akomodasi kelas atas.

Hamparan pantai-pantai berpesisir putih, area perairan yang kaya akan ragam kehidupan, beserta tebing bebatuan dramatis yang berlokasi di Land’s End (sebuah titik pertemuan antara Samudra Pasifik dengan Laut Cortez), elemen-elemen tersebut telah menjadi latar belakang bagi kota ini.

Nyaris tiap malam, barisan klub senantiasa menggelar keriuhan tarian conga penuh semangat yang disisipi gelas-gelas tequila dan margarita. Untuk menyembuhkan hangover di keesokan paginya, Anda dapat segera berperahu di sebelah gerombolan lumba-lumba dan menikmati sarapan dengan pemandangan semburan ikan paus. Sebuah cara untuk memulai hari yang spektakuler ala Cabo.

travel california cabo san lucas

Jajaran Pantai Pasir Putih

Salah satu tempat paling terkenal di Cabo adalah Lover’s Beach. Hamparan pantai pasir putih di pulau kecil yang terletak di Land’s End yang dapat diakses dengan menaiki ‘panga’ dari marina. Tempat ini sempurna untuk berenang dan menikmati air hangat Laut Cortez. Bila Anda memilih untuk bersantai dengan pengalaman berbeda: kegiatan berkuda dapat dengan mudah dilakukan di sepanjang pesisir. Ada baiknya datang lebih awal, karena lokasi ini bisa sangat sibuk dan ramai di tengah hari.

Di sisi lain pulau, Divorce Beach memiliki gelombang bergolak yang lebih ekstrim. Ini bukan area yang tepat untuk berenang karena kondisi air yang kurang aman. Namun pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang fantastis. Anda dapat berjemur menikmati kehangatan matahari Cabo lalu menyaksikannya tenggelam dengan indahnya.

Lover’s Beach dan Divorce Beach terhubung di pulau kecil mereka di sepanjang Land’s End. Banyak operator kapal yang akan menawarkan Anda tumpangan menyeberang ke kedua pantai dengan biaya sekitar 10 dolar Amerika.

Selain kedua pantai tersebut, Medano Beach adalah pantai utama di Cabo. Sangat mudah dicapai dengan berjalan kaki dari pusat kota atau marina. Pantai ini juga menawarkan hampir semua olahraga air: jet ski, parasailing, snorkelling, banana-boating, kitesurfing, dan menyelam, menjadi segelintir kegiatan yang biasa dilakukan untuk melalui hari. Pantai ini pun menjadi rumah bagi bermacam bar dan restoran tepi pantai, di mana Anda dapat bersantai dengan menyeruput minuman favorit setelah seharian beraktifitas memompa adrenalin.

travel california cabo san lucas

Habitat Air Magis

Aksi Cabo berpusat di sekitar marina kelas dunia, di mana dermaga kapal pesiar megah juga melepas perahu-perahu layar mewah pergi memancing mencari ikan marlin, dorado, atau tuna. Di sini, Anda bisa menaiki sebuah ‘panga’ (kapal kecil) yang biasanya berlantai kaca untuk pergi mengunjungi fitur alam paling populer di Cabo, El Arco, yang menjadi satu destinasi wajib di Cabo. Tebing-tebing batu spektakuler ini merupakan bagian dari sebuah formasi yang dikenal sebagai Three Friars yang menghiasi lokasi Land’s End. Sebagai catatan, Land’s End sendiri dijuluki demikian karena jika Anda menarik garis lurus dari lokasi ini ke selatan, tidak akan ada daratan yang dilampaui hingga berhenti di Kutub Selatan, karena itu titik ini disebut sebagai akhir dari daratan.

Regardless, suasana El Arco diramaikan oleh kehadiran burung pelican,  kawanan singa laut, dan lumba-lumba. Di awal bulan Oktober hingga akhir Maret, migrasi tahunan paus humpback terjadi, membawa ribuan makhluk spektakuler ini ke berbagai laguna dangkal di sekitar semenanjung Baja. Perairan yang mengelilingi Cabo dikenal sebagai hotspot untuk berkembang biak, jadi peluang Anda untuk menemukan penampakan hewan megah ini sangat tinggi.

Tur menyaksikan ikan paus humpback di alam liar ini menjuru ke banyak area seperti sisi Laut Cortez (sisi lain El Arco yang berdampingan dengan Samudra Pasifik) dan berlangsung selama tiga hingga empat jam. Anda mungkin hanya berkesempatan untuk menyaksikan keberadaan paus yang nampak jauh di ufuk cakrawala atau, hanya berjarak beberapa meter saat Anda sedang berselancar.

Selain paus, pesona terumbu karang dan sejumlah kehidupan laut unik pun menunggu untuk dijelajahi di Cabo Pulmo, sebuah taman laut nasional di Meksiko. Saat di sana, sempatkan untuk snorkelling di pantai Los Arbolitos atau mendaki ke formasi bebatuan unik di Las Sirenitas.
daniel mananta interview soal ahok elle indonesia february 2019

Gempita Malam Meriah

Menyambut malam di Cabo, tidak ada yang lebih baik daripada menikmati matahari terbenam dengan koktail di tangan dan telanjang kaki di pasir pantai. Barisan bar dan restoran pantai dengan lantai berwujud pasir dan tanpa aturan berpakaian siap dikunjungi di sepanjang pesisir.

Mangos On The Beach adalah salah satu tempat paling populer untuk menikmati hidangan di tengah keriuhan suasana pesta. Omega Sports Bar di sebelahnya pun tenar karena koktail birunya dan staf ramah yang senantiasa menawarkan selimut warna warni agar tetap hangat ketika matahari tenggelam dan udara menjadi sedikit lebih dingin.

Kala malam makin matang, sempatkan untuk menginjak Cabo Wabo, sebuah kompleks besar dengan bar dan panggung pesta yang seringkali dikunjungi musisi legendaris baik untuk show atau hanya untuk berbaur dengan kehidupan Cabo. Ada pula El Squid Roe yang juga menjadi kombinasi riuh dari restoran, bar, dan tempat hiburan. Dengan ciri khas bangunan beratap merah, karakter kartun unik, dan cahaya neon, tempat ini menjadi salah satu klub yang mendefinisikan kehidupan malam Cabo. Menyuguhkan koktail berwadah gelas tinggi, bola disko yang gemerlap, bar eklektik ini kerap membentuk barisan kerumunan tarian conga yang bertabur percikan tequila. Jangan remehkan kehidupan malam di Cabo, karena pesona semangat kota ini sama impresif dengan kemakmuran alam yang Anda nikmati di siang hari.

(Photo: iStock)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *