Oahu & Maui: Destinasi Liburan di Hawaii yang Bisa Anda Kunjungi

Rasanya sudah sepantasnya kita berterima kasih pada kepulauan berbudaya Polinesia kuno ini. Bagaimana tidak? Keberadaan Hawaii dengan pesona surga tropis di tengah-tengah Samudera Pasifik, seolah menjawab dahaga travelers yang kerap memburu a slice of paradise on Earth. SANTI ZULBACHRI menceritakan.

Pasir putih, perairan hangat, sinar matahari sepanjang tahun, hanya lah elemen pelengkap yang memapah kemegahan Hawaii sesungguhnya. Dari pesona gunung berapi, rainforests dan air terjun, paduan memukau pantai dan laut yang jumlahnya tak terhitung, budaya yang terjaga apik, hingga aura laid-back di area high-end, Hawaii yang meliputi 6 pulau besar ini menawarkan begitu banyak kekayaan. Kali ini, dua pulau utama—Oahu dan Maui—menjadi highlight perjalanan saya.

Oahu

Saya menjejakkan kaki di Honolulu, Oahu, di bulan Desember, dimana Hawaii menyuguhkan cuaca yang tepat—tropis namun tidak terik—dengan semilir angin sejuk. Penerbangan dari Los Angeles ke ibukota negara bagian ke-50 Amerika Serikat ini memakan waktu kurang lebih 5 jam. Pulau ini sendiri merupakan rumah bagi sebagian besar populasi Hawaii yang beragam, perpaduan budaya Timur dan Barat yang berakar pada nilai dan tradisi penduduk asli. Jangan heran bila Anda melihat populasi Jepang yang lumayan padat di Hawaii, karena jarak tempuh Jepang dan Hawaii hanya kurang lebih berbanding dengan California dan Hawaii. Inilah salah satu aspek kontras mendasar antara kuno dan modern yang membuat Oahu sangat menyenangkan; menyuguhkan kehidupan kota semi metropolitan yang ramai hingga kota-kota selancar yang santai. Di sini masyarakat urban dan rural hidup berdampingan, menawarkan pengalaman terbaik dari kedua belah dunia.

Produk kerajinan lokal mudah ditemui di International Market Place ini

Pantai Waikiki menjadi tujuan pertama. Hamparan pantai 1,5 mil di selatan Oahu ini merupakan destinasi Hawaii yang paling terkenal. Angin laut yang seolah mengalunkan melodi ukulele berdesir di antara parade hotel bertingkat tinggi yang memeluk pantai ini. Di sini kita dapat menemukan segala hal menarik dari pengalaman makan sushi dan oyster segar di pinggir pantai, surf course, makan malam bintang lima, nightclub yang glamor, hingga plaza perbelanjaan kelas dunia. Temukan ragam karya khas Pasifik mulai dari kerajinan buatan tangan dan perhiasan warisan Hawaii di Waikiki’s International Marketplace.

Patung King Kamehameha di Honolulu, Hawaii

Lalu, telusuri Honolulu dengan segala peninggalan arsitektur bersejarah seperti Istana Iolani, rumah bagi raja-raja terakhir Hawaii yang menjadi satu-satunya istana kerajaan di Amerika. Lalu Patung Kamehameha I, Gedung Kongres Hawaii, dan Aloha Tower pun berada dalam jarak berjalan kaki dari pusat kota. Namun begitu, Pearl Harbor dan USS Arizona Memorial tetap menjadi tujuan wisata sejarah utama di Honolulu. Tak kalah penting, sempatkan mampir ke pertokoan kelas dunia di Ala Moana dan Royal Hawaiian Shopping Centre.

Berbekal SIM Internasional yang Anda miliki, sewa sebuah mobil dan berkendara mengelilingi pulau Oahu yang hanya memakan waktu 5-6 jam. Hadiri dulu sebuah Luau, acara pesta Hawaii yang sarat akan hiburan dan hidangan khas Polinesia. Hiburan tari hula-hula dan pertarungan Samoa berlangsung di kala sunset dan diikuti pengalaman makan malam tak terlupakan dengan menu unik khas Pasifik. Ini cara efektif untuk mengenal Hawaii lebih dekat.

Saya tidak pernah terpikir untuk dapat berenang di tengah-tengah beberapa margasatwa laut terlangka di dunia. Pengalaman unik itu saya temukan di Hanauma Bay yang terletak di pantai tenggara Oahu. Lokasi ini adalah rumah bagi lebih dari 450 jenis ikan tropis yang sebagian besar hanya dapat ditemukan di Hawaii. Dinamakan pantai terbaik Amerika beberapa tahun lalu, Hanauma Bay senantiasa menjadi lokasi favorit diantara perenang snorkel dan diver. Di sini saya menyewa perlengkapan snorkling dari toko-toko yang tersedia dan penjaga pantai lebih dari bersedia untuk membantu pemula.

Saat berkendara, Anda akan melewati Diamond Head. Landmark berupa puncak vulkanik ini setinggi 760 kaki atau 231m. Sempatkan untuk hiking ke titik tertinggi demi mendapati pemandangan Honolulu yang fenomenal.

Lalu lanjutkan berkendara ke kota Haleiwa yang indah di area North Shore, yang dikenal sebagai “ibukota selancar dunia”. North Shore adalah rumah bagi peselancar kelas dunia. Pastikan untuk menikmati manuver fantastis para surfer di Banzai Pipeline dengan setting kemegahan warna lautnya. Jejeran food truck yang menyuguhkan hidangan seafood segar dengan cita rasa Hawaii pun siap memanjakan kunjungan Anda.

 

Berselancar adalah agenda wajib saat Anda kunjungi Maui

Maui

Setelah melewati sepekan di Oahu, saya berpindah ke Maui, yang biasa disebut sebagai “pulau selebriti” di antara kepulauan Hawaii lainnya. Jarak tempuh hanya meliputi penerbangan selama kurang lebih 20 menit. Bandara di Maui jauh lebih kecil dibanding bandara di Oahu, akan tetapi hawa internasional dan prestisius sarat terasa. Seringkali saya mendengar nama-nama selebriti dunia yang menjadikan Maui sebagai destinasi reguler mereka.

Pulau ini adalah tujuan sempurna bagi turis yang mendambakan keragaman aktivitas dalam lingkup kota yang lebih luas, namun tetap menghargai keindahan dan konsistensi sebuah natural retreat. Saya kembali menyewa sebuah mobil dari bandara dan berkendara menyongsong landscape alami ini, yang seketika menyuguhkan pemandangan hamparan palem di rumpun hijau dengan latar belakang pegunungan, tanpa penampakan satu pun gedung tinggi.

Maui memberi definisi tegas tentang eksistensi kota pantai yang santai, namun menopang kehidupan dan fasilitas resor kelas atas. Beragam landscape unik dengan pemandangan eksepsional siap untuk dieksplorasi kapan pun. Pulang dari hiking, atau untuk mengawali hari di Maui, nikmati spa dan pijat khas Hawaii yang menyalurkan energi untuk kelak terus menjelajahi pulau ini. Resor di pulau kecil ini tak terhitung jumlahnya—dengan lokasi-lokasi fantastis seperti di pinggir tebing Pasifik, pantai, atau di rimba bersebelahan dengan air terjun.

Maui memikat turis dengan persandingan segar akan keindahan alam dan hiburan outdoor. Mulai dari bersepeda, hiking, berkuda, memancing, snorkeling, surfing, diving, hingga parasailing, sebut apa pilihan Anda. Maui got it. Bagi pecinta laut, suatu kewajiban untuk mengunjungi pulau Molokini, pulau berbentuk seperti bulan sabit di lepas pantai Maui yang sebenarnya sebuah gunung berapi yang sebagian terendam laut dan telah non-aktif selama beberapa dekade. Saya naik boat tidak sampai setengah jam untuk menyempatkan snorkeling di Molokini. Segala peralatan menyelam pun disediakan di kapal. Molokini tersohor karena penduduk bawah lautnya yang beragam dan sangat indah. Dan begitulah adanya, pengalaman bawah laut terbaik bagi saya.

Hawaii adalah rumah bagi ribuan paus selama bulan Desember hingga April.

Banyak turis tidak menyadari bahwa perairan Hawaii adalah rumah bagi ribuan paus selama bulan Desember hingga April. Mamalia kolosal ini bermigrasi ke wilayah Pasifik yang hangat dari perairan Alaska hingga bereproduksi. Area antara Maui dan Lanai (pulau terdekat) merupakan tempat menyaksikan kawanan paus paling populer. Sungguh pemandangan tak terlupakan.

Daerah dataran tinggi yang pas untuk hiking.

Lalu bagi pecinta hiking dan dataran tinggi, Kawah Haleakala menjadi highlight untuk Maui. Berada di ketinggian 3,055m di atas permukaan laut, Haleakala dikenal dengan pemandangan sunrise yang menakjubkan dan sebuah pengalaman hiking dengan lanskap fenomenal. Cara terbaik adalah merencanakan secara matang setidaknya satu hari lebih dulu untuk menjelajahi gunung berapi paling aktif di dunia ini.

Adalah sebuah kewajiban bagi turis untuk berkendara di Hana Highway. Jalan raya sejauh 88 km ini merupakan cara hakiki untuk menghargai keragaman pemandangan Maui yang sesungguhnya. Mulai dari melewati jembatan dan menyusuri rentangan hutan bambu, berkendara di sepanjang tebing Pasifik, hingga menikmati keindahan pohon buah-buahan dan bunga-bunga khas Hawaii, yang semuanya membawa Anda ke kota Hana yang menjadi pot emas di ujung pelangi. Lalu habiskan sisa hari dengan bersantai di salah satu pantai Hana yang indah, Hana Cultural Center, Hana Ranch, atau mengkombinasikan kegiatan dari banyak atraksi menarik di kota ini.

Gift shop yang banyak ditemui di kawasan L’Ahaina, Maui.

Pedalaman barat Maui yang disebut Kaanapali adalah daerah yang kaya dengan sejarah dan budaya. Di sini saya mengunjungi Black Rock, sebuah lokasi suci di mitologi Hawaii, di mana jiwa orang mati melompat dari raga manusia ke alam spiritual. Daerah selatan Kaanapali merupakan rumah bagi Whalers Village yang seru, sebuah pasar terbuka dengan puluhan toko dan restoran eklektik.

Hanya meluangkan waktu untuk dua pulau ini, Oahu dan Maui, lebih dari cukup bagi saya untuk mendapat pengalaman terbaik yang disuguhkan Hawaii.

 

(Teks: Santi Zulbachri, yang telah dipublikasikan dalam ELLE Indonesia Mei 2018, Images: Istockphoto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.