Parade Budaya Rio De Janeiro

semarak karnaval rio de janeiro

Meresapi energi yang senantiasa menghentak jantung kota Rio De Janeiro dengan semangat hidup Cariocas.

Energi Rio De Janeiro terpapar lewat distrik-distrik penuh spirit di penjuru kota, keunikan arsitektur, kehidupan malam dan musiknya, serta karnaval yang melegenda. Salah satu medium yang menjadi wadah bagi energi Cariocas (sebutan untuk warga negara Brasil  yang lahir dan besar di Rio) yang dikenal membara adalah karnaval.

Pesta karnaval di Rio dikenal sebagai pesta terbesar di dunia. Selalu terselenggara di bulan Februari, pesta rakyat ini melimpah akan warna-warni kostum flamboyan, parade mewah, dan keriuhan jalanan. Warga lokal bercampur para wisatawan bebas berpesta pora dengan minuman eksotik di tangan sembari berdansa Samba.

karnaval rio de janeiro

Lokasi terbaik untuk menikmati helatan tahunan ini adalah di Sambódromo. Di sini, Anda mampu menikmati pemandangan fantastis akan lautan para penari yang berlenggak-lenggok dan penabuh drum yang berbaris enerjik dari tribun. Arena ini juga yang menjadi lokasi untuk Olimpiade tahun 2016 silam.

Selain karnaval, spirit Brasil pun tak kalah bergairah di ajang olahraga sepak bola. Untuk itu, Stadion Maracanã menjadi ‘tanah suci’ bagi para pecinta sepak bola. Lokasi ini telah menjadi tempat kemenangan legendaris dan kekalahan telak bagi Brasil. Arena tersebut juga mengambil andil sebagai lokasi upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade 2016. Sejumlah 78.800 kursi menjadi padat dan hidup dengan energi yang melimpah nan spektakuler pada hari-hari pertandingan.

 

Semangat Cariocas pun terpapar di sejumlah lingkungan yang membentuk karakter Rio. Samba tidak hanya tersaji saat karnaval terselenggara. Di sisi barat daya kota, Lapa adalah sebuah distrik tua yang menjadi pusat kehidupan malam Rio lewat situasi tarian Samba yang bergelora.

Area Lapa dipadati oleh deretan bar tapas, kelab, dan sejumlah bar live music, di mana cariocas larut dalam ayunan pinggul Samba sembari menyesap koktail. Sempatkan untuk mampir ke Clube Dos Democraticos yang telah menjadi ‘rumah’ bagi musik dan tarian Brasil sejak tahun 1867. Rio Scenarium, sebuah kelab Brasil tiga lantai yang paling tenar di ranahnya, juga patut disinggahi.

Berangkat dari Lapa, area Santa Teresa menyambut Anda dengan keindahan jalanan berliku dan rumah-rumah kolonial yang telah dipugar oleh begitu banyak seniman dan karakter Bohemian yang menghuninya. Berjalan-jalan di sepanjang jalan bebatuan area ini, Anda akan terpesona oleh trotoar mosaik, rumah-rumah megah, dan galeri seni yang terbalut dalam gaya arsitektur yang eklektik.

Restoran tradisional Brasil dan toko kerajinan pun berbaris cantik di distrik Bohemian berbukit ini. Dengan kehidupan jalanan yang semarak dan suasana pemukiman yang menawan, Santa Teresa menyajikan yang terbaik dari sisa-sisa zaman kolonial di Rio. Keberadaan lingkungan seperti ini sekaligus mengklaim keragaman karakter Rio De Janeiro yang seolah tak henti memaparkan energi tiap kali dieksplorasi melampaui tebing-tebing bukit hijau, pantai putih dan perairan turkois, serta warna-warni semarak kostum kota.

(Images: iStock)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *