Widi Wardhana Adalah Ibu, Mentor serta Sahabat, Untuk Katyana dan Katrina

elle indonesia february 2020-modern love- widi wardhana - katyana wardhana - katrina wardhana - photography zaki akbar - styling ismelya muntu - production ayu novalia

Widi, cinta seorang ibu pasalnya tidak bersyarat. Tidak ada satu pun opini yang bisa mendebatkannya. Walau begitu, menurut Anda, apakah kasih ibu juga ‘buta’?Widi Wardhana: “Benar bila dikatakan cinta seorang ibu tidak bersyarat. Saya tidak menetapkan batas dalam mencintai anak-anak. Dan apakah juga buta? Yes. Maksud saya adalah saya mencintai mereka secara setara, saya tidak… View Article

Widi, cinta seorang ibu pasalnya tidak bersyarat. Tidak ada satu pun opini yang bisa mendebatkannya. Walau begitu, menurut Anda, apakah kasih ibu juga ‘buta’?
Widi Wardhana: “Benar bila dikatakan cinta seorang ibu tidak bersyarat. Saya tidak menetapkan batas dalam mencintai anak-anak. Dan apakah juga buta? Yes. Maksud saya adalah saya mencintai mereka secara setara, saya tidak memilih dan tidak membedakan antara satu dengan yang lainnya.”

Bagaimana cara mencintai dan mendidik agar keduanya tidak merasa perbedaan?
Widi Wardhana: “Saya harus memahami apa yang masing-masing anak butuhkan, sebab karakter mereka berbeda walau dibesarkan di lingkungan yang sama. Pendekatannya berbeda. Namun prinsip yang saya terapkan sama, bahwa dalam hidup kita tidak selalu mendapat segala keinginan; hidup butuh kerja keras dan pantang menyerah.”

elle indonesia february 2020-modern love-widi wardhana-katya wardhana-katrina wardhana-- photography zaki akbar - styling ismelya muntu - production ayu novalia

Apa nilai yang Anda dapat dari anak-anak?
Widi Wardhana: “Memiliki anak mengajarkan saya untuk menjadi manusia yang tidak egois. Seorang ibu dengan senang hati berkorban demi anak, dan selalu tetap dapat mencurahkan kasih sayang.”

Bagaimana strategi Anda dalam memberi kebebasan privasi kepada kedua anak Anda tanpa mengabaikan peran sebagai orangtua?
Widi Wardhana: “Saya memberikan kebebasan dan kepercayaan untuk mereka menentukan pilihan masing-masing, sembari mengingatkan bahwa terdapat bertanggung jawab atas apa yang mereka jalani.”

elle indonesia february 2020-modern love-widi wardhana-katya wardhana-katrina wardhana-- photography zaki akbar - styling ismelya muntu - production ayu novalia

Katyana dan Katrina, sebagai perempuan yang kini beranjak dewasa dengan kebutuhan akan sebuah privasi, apakah Anda—masingmasing—terbuka dalam segala hal kepada orangtua, khususnya ibu?
Katyana dan Katrina: “Orangtua kami selalu memastikan bahwa komunikasi adalah proses dua arah. Mereka pun selalu melibatkan kami dalam setiap diskusi, tetapi juga memberi ruang di mana kami dapat bersuara bebas dan mengekspresikan diri.”

Memiliki seorang ibu yang berdaya dalam bisnis dan juga filantrofi, apakah memotivasi atau justru beban untuk mengikuti jejaknya?
Katyana dan Katrina: “Memiliki ibu yang mampu merangkul berbagai tanggung jawab; bisnis, filantrofi, dan rumah; menjadi sumber motivasi untuk kami menemukan jalan hidup sendiri. Ibu adalah figur teladan lewat setiap perbuatannya, karakternya tangguh dan pribadi bijak nan hangat.”

photography ZAKI AKBAR styling ISMELYA MUNTU makeup ADHITYA WARDHANA hair AILEEN

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.