Yura Yunita Rilis Lagu ‘Mulai Langkahmu’ Menuju Perilisan Album Baru

Yura Yunita single Mulai Langkahmu - elle indonesia website

Sarat energi positif dilatari melodi energik yang dinamis. Yura Yunita berkisah makna di balik lagu ‘Mulai Langkahmu’ dan persiapannya merilis album di tahun 2021.

Yura Yunita bersiap merilis album baru di tahun 2021. “Buat saya, album selayaknya “bayi”. Ketika menciptakannya, saya benar-benar berusaha memberikan yang terbaik. Harapannya jika semua berjalan lancar, tahun ini bisa dirilis,” jawab Yura saat saya menyakan perihal karya teranya saat acara konferensi pers hari ini, 3 Juni 2021. Namun, ia belum bisa mengonfirmasi jadwal peluncuran karya baru yang akan menjadi album studio ketiganya tersebut. Alih-alih sang penyanyi kelahiran Bandung tahun 1991 itu merilis serangkaian single—yang ia konfirmasi akan masuk dalam daftar putar album barunya mendatang—untuk membuka agenda musiknya di tahun ini. Setelah Hoolala, Heal, Duhai Sayang, dan Tenang, Yura kembali menoreh karya dengan single Mulai Langkahmu. Lagu kelima Yura sejak album terakhirnya, Merakit (2019), itu dijadwalkan mengudara melalui berbagai platform streaming musik digital pada 4 Juni 2021, mulai pukul 00:00 WIB.

Berbeda dengan nuansa sendu lagu Tenang—yang rilis bulan April 2021 silam—Mulai Langkahmu memperdengarkan vokal kuat Yura diiringi melodi energik yang dominan permainan kibor dan alat musik tiup. Bunyi tepuk tangan serta paduan suara menambah elemen dinamis pada aransemennya. “Ketika menciptakan lagu ini, saya berharap orang yang mendengarnya bisa menjadi termotivasi dan lebih bersemangat memulai langkah-langkah kecilnya…  Saya kemudian mengajak rekan-rekan di Insideout sebagai vokal latar untuk membangkitkan energi musiknya. Saya juga selalu merasa bahwa suara tepuk tangan pun adalah bentuk penyemangat. Tercetuslah ide untuk merekam suara tepukan, dibantu anak-anak muda Indonesia sebagai salah satu bentuk energi positif yang ingin kami berikan terhadap sesama,” cerita Yura.

Yura Yunita single Mulai Langkahmu - elle indonesia website
Photography & styling by Jonathan Andy Tan, photo: DOC. Yura Yunita

Untuk penggarapan kreativitasnya itu, ia bekerja sama dengan produser Adhe Arrio, serta rekan sesama musisi seperti Marthin Siahaan, Billy Ramdhani, dan Ujung Sitorus. Doone Maula turut menjadi kolaborator Yura dalam penulisan lirik lagunya. Sebagaimana visi Yura yang ingin menyebarkan energi positif lewat lagu-lagunya, rangkaian kalimat Mulai Langkahmu sarat narasi motivasi. “Memulai sesuatu itu enggak harus langsung besar. Bisa dari hal-hal kecil, yang penting tahu arah yang dituju dan konsisten. Lagu ini ialah pengingat bahwa kita bisa mewujudkan impian kita, apa yang ada di kepala kita, menjadi nyata,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.