Ini Dia Wajah Baru Jam Tangan Chanel J12

Sekilas hadir tanpa perubahan, Chanel sisipkan modifikasi-modifikasi subtil pada rancangan jam tangan Chanel J12.

Walau kiprahnya lebih dikenal untuk urusan mode, rumah mode asal Pranics, Chanel, tak pernah main-main ketika menyangkut ihwal penunjuk waktu. Pada gelaran Baselworld 2019 silam, Chanel, kembali unjuk gigi sebagai salah satu produsen penunjuk waktu terbaik di dunia, lewat pembaruan lini ikonisnya, Chanel J12.


Kini, dua puluh tahun sejak kisah penciptaannya, Arnaud Chastaingt selaku direktur Chanel Watch Creation Studio memperbarui penunjuk waktu Chanel J12 tanpa mengubah identitas awal yang membangun legenda dan kesuksesannya. Sekilas tampak serupa dengan pendahulunya, bukan Chanel namanya apabila ia tak mampu mengejutkan Anda.


Perubahan yang dapat Anda temukan pertama kali ada pada kaca safir miliknya yang lebih tidak cembung dan jumlah gerigi lebih rapat pada bagian bezel. Angka-angka indikator waktu serta indeks turut diberikan font baru untuk mempermanis keseluruhan jam dan membuatnya tampil lebih harmonis. Ketebalan crown pemutar jam turut dikurangi sebesar sepertiga, begitu pula dengan cabochon keramik yang menghiasinya.


Label ‘Automatic’ dan ‘Swiss Made’ yang menghiasi jam, kini disamakan dengan font Chanel. Sementara itu, label ‘Swiss Made’ yang sebelumnya diposisikan pada dial, kini dipindahkan mendekati bingkai outer minute track. Jarum penunjuk waktu juga diberikan modifikasi subtil, dimana keduanya kini hadir dengan ketebalan yang sama. Perubahan ini tentunya kontras dengan tampilan jam sebelumnya, yang mempergunakan jarum jam lebih tebal dibandingkan jarum penunjuk menit.


Perubahan paling menonjol mungkin ada pada caseback miliknya yang kini tembus pandang berkat penggunaan kristal safir. Apabila sebelumnya ia penuh ditutupi oleh materi baja, rancangan kristal safir yang bulat sempurna ini dibingkai oleh materi keramik. Hal ini membuatnya begitu menyatu dengan rantai jam keramik, yang telah diperbesar untuk meningkatkan keergonomisan jam Chanel J12 ketika dipakai di pergelangan lengan.


Penggunaan kristal safir tembus pandang pada caseback, memperbolehkan Anda untuk melihat langsung pergerakan otomatis terbaru Chanel, yaitu kaliber 12.1. Sistem pergerakan istimewa ini khusus dikembangkan oleh produsen kaliber asal Swiss, Kenissi Manufacture, dan dilengkapi dengan sertifikasi kronograf oleh COSC (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres). Kelebihan lain kaliber baru Chanel ini, ada pada kemampuan power reserve miliknya yang lebih panjang, yaitu selama 72 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *