BEAUTY

12 Juni 2024

5 Tip Merawat Rambut Diwarnai Pirang khas Selebritas


5 Tip Merawat Rambut Diwarnai Pirang khas Selebritas

Lana Del Rey, Anya Taylor-Joy, Zendaya, Angelina Jolie, Sabrina Carpenter, Rihanna

Pesona rambut blonde memang selalu memikat perhatian dan salah satu trik untuk mengubah penampilan, terutama tren ini kini sedang digemari oleh banyak selebriti. Namun, menjaga warna tetap cerah dan sehat bukanlah tugas yang mudah, seperti kunjungan salon yang berulang dan perawatan khusus yang rutin. Anda perlu menggunakan produk tambahan—seperti sampo ungu, perawatan keratin, dan minyak rambut—untuk mencegah kerusakan. Tapi tidak perlu khawatir! Kami telah mengumpulkan kurasi produk ajaib yang dapat memancarkan pesona rambut pirang Anda. Mulai dari inspirasi warna pirang selebriti,  perawatan khusus untuk menghindari kerusakan hingga produk rekomendasi, serta tip terbaik untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan keindahan rambut pirang Anda tetap bersinar dan tahan lama. 

Angelina Jolie (photo via Instagram/@chloe)

Zendaya (photo via Instagram/@ernestocasillas)

Rihanna (photo via Instagram/@badgalriri)

Lana Del Rey (photo via Instagram/@annacofone)

Sabrina Carpenter (photo via Instagram/@sabrinacarpenter)

Anya Taylor-Joy (photo via Instagram/@anyataylorjoy)

Memiliki rambut pirang membutuhkan perawatan lebih intensif dibandingkan dengan rambut gelap. Produk bleaching rambut mengandung bahan kimia yang akan mengangkat lapisan pelindung luar setiap helai rambut, sehingga pemutih dapat masuk dan menarik pigmen warna alami keluar. Rambut pirang sering kali lebih rentan terhadap faktor lingkungan, dengan unsur seperti paparan matahari dan klorin membuatnya rentan menjadi kekuningan. Hal ini disebabkan terutama karena kadar melanin yang lebih rendah, yang dapat memungkinkan warna kuning atau oranye yang tidak diinginkan masuk. Rambut pirang melalui proses kimia yang mengubah strukturnya, meninggalkannya lebih berpori dan membutuhkan nutrisi tambahan. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kesehatan rambut anda terlebih dahulu serta mengetahui tipe rambut anda, dan menentukan produk-produk perawatan yang sesuai. 


1. Gunakan Sampo 'Ungu'

Pilih sampo yang dirancang khusus untuk rambut pirang. Sampo ungu adalah pilihan bagus untuk menghilangkan kuningan yang mungkin muncul pada rambut blonde. Mari kita bicara tentang sampo ungu, yang wajib dimiliki dalam rutinitas perawatan rambut pirang Anda. Pigmen ungu dalam sampo bekerja untuk menetralisir warna kuning dan tembaga yang dapat muncul dari waktu ke waktu, meninggalkan rambut Anda lebih sejuk dan cerah. Kami merekomendasikan untuk menggunakan sampo ungu seminggu sekali, yang bertindak seperti perawatan untuk menjaga warna pirang yang cerah. 

Tip: Jangan biarkan sampo ungu terlalu lama di rambut, karena dapat meninggalkan warna ungu pada rambut jika digunakan secara berlebihan.



Redken Color Extend Blondage  


dpHUE Cool Blonde Shamp


2. Ekstra Jaga Kelembaban Rambut

Rambut diwarnai pirang rentan rapuh. Alhasil, rambut kerap kering, mudah kusut, dan patah. Maka itu, perlu perawatan ekstra demi menjaga batang rambut Anda senantiasa terhidrasi. Aplikasi kondisioner setelah setiap habis keramas sifatnya wajib! Tidak hanya memainkan peran penting dalam menghidrasi setiap helai rambut, kondisioner juga dapat membantu menjaga tekstur rambut menjadi lembut dan halus. Formula kondisioner bermanfaat melembabkan serta menguatkan serat rambut, sehingga mengurangi risiko kerusakan dan patah.

Tip: Bagi pemilik jenis rambut kering, berikan perawatan ekstra dengan memasukkan hair mask yang menghidrasi ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda di rumah setiap satu kali seminggu. Gunakan secara teratur setelah keramas, dan sebelum aplikasi kondisioner, untuk hasil yang maksimal.


Pureology Strength Cure Conditioner  


Verb Ghost Conditioner


3. Berikan Perawatan Tambahan!

Rambut pirang seringkali membutuhkan perawatan ekstra agar tetap sehat dan berkilau. Gunakan produk treatment keratin untuk memperkuat rambut dan mencegah kerusakan. ​​Jika kondisi rambut Anda sedang menurun, perawatan tanpa bilas dapat membantu Anda mengelolanya lebih baik. Hydrolyzed Keratine bekerja memperkuat, membangun kembali, dan menyehatkan rambut, mengatasi kerusakan dari akar hingga ujung.

Kérastase Keratine Thermiqu

Kevin Murphy Leave-in Repair



4. Rutin Gunakan Hair Serum dan Hair Oil

Serum rambut berfungsi sebagai perawatan yang meningkatkan warna, melindungi, dan menyehatkan rambut pirang Anda. Beberapa serum rambut mengandung bahan-bahan yang membantu memperbaiki kerusakan pada rambut, seperti protein dan vitamin. Hasil pemakaian rutin dapat membantu mempertahankan kilau warna rambut warna, serta menjaga batang rambut lebih lembap. Minyak rambut juga dapat membantu memperkuat dan menutrisi rambut yang rusak akibat proses bleaching serta zat kimia agar mencegah ujung rambut yang kering dan bercabang. 

Tip: Pilih produk yang mengandung bahan-bahan alami seperti argan oil atau jojoba oil untuk manfaat ekstra lembap. Oleskan dari tengah hingga ujung rambut setelah keramas dan dikeringkan dengan handuk.


Kérastase Blond Absolu Sérum Cicanuit Hair Serum


Olaplex No. 9 Bond Protector Nourishing Hair Serum


Ouai Haircare Hair Oil 


Unite Blonda Oil


5. Hindari Panas yang Berlebihan

Rambut pirang cenderung lebih rentan terhadap hantaran panas. Jadi disarankan untuk membatasi penggunaan alat styling seperti hair dryer, straightener, dan curling iron. Jika Anda harus menata rambut dengan alat styling, pastikan untuk menggunakan produk perlindungan panas sebelum aplikasinya. Demikian pula paparan sinar UV, yang tidak hanya akan melemahkan helai rambut tapi juga membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Tip: Gunakan alat styling dengan suhu rendah atau sedang. Saat menggunakan hair dryer, jarak yang tepat agar rambut tidak terlalu terpapar panas.


Olaplex No.6 Bond Smoother


Tresemmé Thermal Creations Heat Tamer Protective Spray


5. Cat Ulang Akar Rambut secara Reguler

Rentang waktu touch up roots bagi setiap orang berbeda-beda. Tergantung seberapa cepat rambut Anda tumbuh. Umumnya, Anda perlu menjadwalkan waktu kembali ke salon setiap 4-6 minggu. Dengan pemeliharaan yang teratur, Anda dapat memastikan warna rambut blonde Anda tetap segar dan warnannya merata sepanjang waktu.

Tip: Pemangkasan ujung rambut secara teratur setiap 6-8 minggu sangat penting untukmencegah ujung rambut bercabang dan mendorong pertumbuhan yang sehat.