Cara Mudah Spa Wajah—Jika Anda Ingin Coba di Rumah

Masih merasa bimbang untuk melakukan facial spa di salon kesayangan? ELLE telah merangkum cara mudah dan tepat untuk menciptakan pengalaman spa wajah di ruang pribadi Anda, tanpa perlu meragukan kebersihannya.

Memiliki hari spa di rumah mungkin bukan prioritas utama saat ini, namun tak ada salahnya meluangkan waktu satu minggu sekali untuk melaksanakan perawatan diri agar Anda rehat sejenak dari jenuhnya meja kerja darurat.

Tak perlu mengubah kamar menjadi sarana bintang lima, spa di rumah dapat menjadi sederhana jika Anda mengetahui rahasianya. Saat dunia luar terus memanifestasikan kecemasan, Anda perlu menjaga kesehatan mental diri sendiri.

MEMBERSIHKAN WAJAH DENGAN DUA LANGKAH

Mengingat kegiatan berjemur yang saat ini umum dilakukan, penggunaan SPF diperlukan dan harus selalu dibersihkan secara double cleansing layaknya penggunaan makeup. Mulailah dengan makeup remover berbasis minyak untuk riasan tebal atau milk dan micellar water untuk riasan ringan.

Pada pembersihan kedua, pilih sabun bertekstur foam atau mousse yang cocok untuk kulit normal, gel untuk kulit berminyak, serta krim dan balsam yang aman bagi kulit kering dan sensitif. Fokus pada area minyak dan bersihkan hingga ke seluruh celah kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, maksimalkan proses cleansing dengan perangkat pembersih, misalnya dari Nu Skin dan Revitalash yang mampu mengangkat sisa kotoran dan sebum yang tak terjamah tangan.

Akan tetapi, Dr. Indah Julisa, dari The Clinic Beautylosophy mengingatkan bagi pemilik kulit sensitif, kering, dan berjerawat untuk berhati-hati dan memastikannya selalu steril karena dapat membuat kemerahan.

TONER UNTUK HIDRASI DAN EKSFOLIASI

Setelah proses pembersihan, jangan lewatkan balancing toner untuk mengembalikan pH alami kulit. Kemudian, saatnya untuk mengangkat sel kulit mati. Tak hanya membuat kulit terasa lebih lembut, eksfoliasi juga memungkinkan produk perawatan setelahnya untuk terserap maksimal, memancing produksi kolagen, serta memperbaiki rona kulit.

Menurut dr. Olivia Aldisa dari Jakarta Aesthetic Clinic, eksfoliasi boleh dilakukan seminggu sekali di rumah dan tanpa pengawasan dokter asalkan tidak mengandung glycolid acid atau alpha hydroxy acid lebih dari 10%.  Adapun eksfoliasi mekanik—scrub bertekstur kasar—tidak disarankan khususnya untuk kulit sensitif dan berjerawat karena resiko iritasi dan radang.

UAP PANAS UNTUK WAJAH

Anda tidak memerlukan perangkat mewah untuk menuai manfaat uap. Merupakan kunci untuk membuka pori-pori dan meningkatkan sirkulasi, didihkan air dan ambil handuk besar untuk menutupi bahu, kepala, dan mangkuk Anda. Anda bahkan bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Jaga jarak wajah serta batasi waktu tidak lebih dari 10 menit. Anda juga bisa menggunakan handuk panas pada wajah selama beberapa menit atau mandi menggunakan air panas sambil menutup pintu shower rapat-rapat untuk menciptakan lingkungan yang beruap.

MASKER WAJAH

Saat pori-pori telah terbuka, kulit siap untuk mendapat manfaat masker. Pada keadaan yang memaksa Anda untuk lebih lama berada di dalam ruangan dengan AC, kulit memerlukan hidrasi lebih. Dr. Olivia Aldisa menyarankan untuk menggunakan masker yang mengandunghyaluronic acid. Baik Reni Kamil, Training Manager Guerlain, dan Prisiella Yessy, Training Manager Estée Lauder, hanya menyarankan pemakaian sheet mask pada keadaan darurat, misalnya saat harus bersolek dengan cepat. Adapun masker gel atau krim tanpa bilas, dinilai baik karena manfaat hidrasi yang umumnya tinggi.

MASKER MATA DAN BIBIR

Selagi mengaplikasikan masker wajah, Anda boleh mengenakan masker mata dan bibir. Untuk menambah sensasi spa, Foreo UFO bisa jadi pilihan. Dapat menanamkan esensi masker hingga lapisan kulit yang dalam lewat getaran T-sonic, alat pendukung ini juga dapat menstimulasi kolagen yang berada di dalam lapisan dermis untuk menjaga kekencangan dan kelembapan kulit lewat teknologi LED.

SERUM WAJAH

Kini saatnya untuk menutrisi kulit dengan serum, sebanyak apapun lapisan yang dibutuhkan dari konsentrasi paling ringan ke yang paling pekat. Berikan pijatan untuk membantu skincare untuk terserap oleh kulit secara optimal, meningkatkan aliran limfatik, serta menjaga otot-otot wajah tetap kencang. 

Untuk dapat memberikan pijatan ala salon, Corazon Bernardus, Training Manager Ultima II menjelaskan, ”Sebelum melakukan gerakan pijat, Anda perlu membagi serum pada pipi, dahi, hidung, dagu, kemudian meratakannya dan menepuk acak dengan empat bantalan jari.”

Selanjutnya Reni Kamil dari Guerlain menyarankan untuk selalu memijat melawan gravitasi dan memulainya dari bagian tengah ke arah luar untuk. Pijat dari dagu dan garis senyum menuju telinga, serta dari pipi dan dahi ke arah pelipis. Tak terkecuali, pijat area di belakang cuping telinga, sekitar lubang hidung, dan bagian tengah dahi di antara alis. Satu hal yang perlu diingat, jangan terlalu agresif.

PIRANTI PINTAR SPA WAJAH

Anda juga bisa menggunakan facial roller atau gua sha untuk mencapai relaksasi yang maksimal nan mudah. Facial roller misalnya, tersedia dalam bentuk batu permata layaknya yang dimiliki Sephora, atau dioperasikan dengan tenaga surya seperti koleksi ReFa. Awali dengan rol besar dan pijat area dahi hingga telinga kiri dan kanan, tiga sampai lima kali setiap bagian. Ikuti pola yang sama pada semua area wajah, termasuk dagu hingga sepanjang leher. Jika ada, kenakan rol kecil untuk memijat area yang lebih sempit, misalnya mata dan hidung. 

Menunjang perawatan anti-penuaan hingga pembentukan kontur wajah layaknya High-Intensity Focused Ultrasound (HIFU), beberapa lini bahkan mengeluarkan produk lifting dengan teknologi arus mikro, misalnya Foreo Bear Smart Microcurrent Facial Toning Device. Tak hanya wajah, beberapa perangkat juga didesain sekaligus dapat merawat kulit kepala dan rambut, misalnya Nu Skin ageLOC Galvanic Spa, serta merawat tampilan dan tekstur lengan hingga pinggul dengan ReFa 4 Carat.

PELEMBAP MATA DAN BIBIR

Dua area yang patut diperhatikan selanjutnya adalah bibir dan mata. Corazon Bernardus dari Ultima II menyarankan, “Jangan lupa mengaplikasikan serum tau krim pelembap pada bibir, bawah mata, pelipis, serta kelopak dengan gerakan rotasi sebanyak tiga kali menggunakan jari manis. Kemudian, ketuk ringan area bawah mata dengan jari telunjuk, tengah, dan manis.” 

Skincare untuk mata sendiri memiliki manfaat berbeda-beda—mulai dari meminimalisir lingkaran hitam dan kantung mata, hingga kerutan—optimalkan penyerapan nutrisi pada kulit sensitif ini dengan memilih produk yang telah dilengkapi aplikator sekaligus alat pemijat khusus dari La Prairie dan La Mer, atau bahkan perangkat canggih, misalnya Nu Skin ageLOC LumiSpa Accent, Foreo IRIS Eye Massager, hingga ReFa S Carat Ray.

Jika keduanya tak Anda miliki, Prisiella Yessy dari Estée Lauder menyarakan penggunaan sendok yang telah didinginkan di kulkas untuk memijat titik-titik relaksasi mata, yakni pangkal dan ujung alis, pelipis, tulang bawah mata, dan sudut dalam mata.

PELEMBAP WAJAH DAN TABIR SURYA

Akhiri ritual dengan pemakaian krim pelembap untuk mengunci manfaat skincare serta sunscreen dengan SPF untuk melindungi kulit wajah dari matahari atau sinar biru yang dihasilkan gadget. Selain pada wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap pada area leher hingga atas dada. Tak ada salahnya berinvestasi dengan pelembap neck and décolleté. Menurut Verena Sina, Training Manager Clarins, kulit yang tipis pada area ini memerlukan perhatian ekstra karena menjadikannya mudah terlihat kendur.

HATI-HATI!

Ada beberapa aspek yang lebih baik diserahkan kepada para profesional. Misalnya, ekstraksi karena dapat memperburuk peradangan yang terkait dengan breakout dan infeksi. Dr. Indah Julisa dari The Clinic Beautylosophy mengingatkan untuk berhati-hati dalam menggunakan perangkat khususyang melibatkan jarum mikro. “Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu karena beberapa jenis jarum dapat menimbulkan komplikasi jika tidak digunakan dengan benar,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.