18 Juni 2024
Jakarta X Beauty Besarkan Ruang Untuk UMKM Kecantikan
Kamis, 6 Juni 2024 menjadi hari mulainya Jakarta X Beauty 2024 di Jakarta Convention Center minggu lalu. Acara yang digaungkan sebagai acara kecantikan terbesar di dunia ini hadir kembali untuk menyemarakkan pertengahan tahun ini, dengan lebih dari 400 beauty brands dari nama-nama lokal baik yang established maupun yang baru berdiri. Semuanya menampilkan koleksi produk greatest hits untuk lebih dari 200.000 pengunjung, masing-masing adalah beauty enthusiast yang berlomba-lomba mendapatkan favorit mereka.
Sungguh menarik mengamati pergerakan dunia kecantikan Indonesia yang semakin cerdas dalam membuat formulasi produk kosmetik, skincare, dan bodycare yang unik. Apalagi Jakarta X Beauty kali ini mengusung tema Future of Beauty yang mengundang para beauty enthusiasts untuk turut berkontribusi menciptakan dan mendukung masa depan dunia kecantikan yang lebih ramah lingkungan, penuh inovasi, serta inklusif. Bahkan, dalam program kreasi Female Daily yang Bernama School of Beauty, para pengunjung dapat menimba ilmu langsung dari para beauty experts dalam industri.
Mengutip Arinda Kristie, Editor-in-Chief Female Daily yang mengatakan bahwa Jakarta X Beauty bukan hanya ajang untuk beauty enthusiast berbelanja, namun juga turut menjadi acara peluncuran untuk nama-nama baru di industri kecantikan yang tahun ini terhitung ada sejumlah 60 brand. Ini sejalan dengan misi utama dari acara Jakarta X Beauty yang menurut Hanifa Ambadar, CEO Female Daily Network, adalah memberikan awareness, meningkatkan sales, dan mendukung relevansi terutama untuk merek kecantikan baru apalagi untuk nama-nama lokal. Mengutip Fiki Satari, Staf Khusus Kementrian Koperasi dan UKM, beliau berpendapat bahwa acara Jakarta X Beauty semakin hari semakin memperbesar ruang untuk UMKM terutama di sektor beauty di Indonesia.