Langkah Tepat Merawat Kulit Kepala di Rumah

Tak ada salahnya untuk mulai lebih rutin merawat kulit kepala agar rambut tumbuh lebih sehat. Berikut cara terbaik perawatannya tanpa perlu pergi ke salon.

Perawatan rambut—misalnya masker hingga serum—mungkin menjadi salah satu rutinitas kecantikan Anda. Akan tetapi, agar selalu tampak prima, Anda juga perlu merawat dan menutrisi kulit kepala untuk rambut tumbuh sehat, kuat, dan berkilau dari akar, batang, hingga ujung rambut.

Meski tidak memiliki kandungan intens seperti produk yang dipakai di salon, sederet lini juga menyuguhkan produk yang dapat dikenakan di rumah. Pastikan untuk rutin mengaplikasikannya.

Cara Mencuci Rambut dan Kulit Kepala

Kenakan preshampoo untuk detoks seminggu sekali sebelum keramas dengan gerakan memijat 15-30 menit. Pastikan untuk mencuci rambut dua kali di malam hari setiap—paling tidak—dua hari sekali. Pertama, untuk membilas seluruh kotoran dan yang kedua untuk memastikan tidak ada polutan yang menyumbat pori-pori. 

Hanya kenakan kondisioner pada batang—10cm dari akar—hingga ujung rambut untuk menghidrasi dan melindungi kutikula yang terbuka saat keramas. karena rambut yang dekat dengan akar biasanya masih ternutrisi dengan baik dan justru akan terlihat lepek. 

Kenakan Masker Khusus

Untuk nutrisi tertinggi dalam keadaan setengah kering, kenakan masker rambut dan kulit kepala bergantian setiap satu minggu sekali karena masker rambut tidak boleh diaplikasikan pada kulit kepala. Akan tetapi, Anda boleh saja mengenakan masker kulit kepala pada batang rambut. Kenakan handuk hangat untuk penyerapan optimal selama lima belas menit dan bilas dengan air bersuhu ruangan.

Produk Terbaik untuk Merawat Kulit Kepala

Mulai lah berinvestasi pada scalp treatment, misalnya tonik atau serum kulit kepala dan serum rambut pada keadaan setengah kering dan selalu gunakan heat protector sebelum mengenakan alat panas.

Hair dryer dengan opsi angin dingin memang relatif lebih mahal, namun merupakan hal esensial. Bila biayanya diaria terlalu mahal, tak ada salahnya mempelajari cara mengenakan hair dryer yang tepat, atau cukup arahkan menuju sisi luar, bukan ke arah kulit. 

Kandungan dalam Produk yang Perlu Diperhatikan

Kandungan yang baik bagi kulit kepala dan bisa Anda jadikan acuan dalam membeli produk, di antaranya vitamin E yang kaya antioksidan, aminexil untuk mengatasi kerontokan, hyaluronic acid untuk menggantikan kadar air pada kulit dan batang rambut, serta salicylic acid dan pyrithione zinc sebagai antibakteri dan antiperadangan yang biasanya terdapat pada perawatan antiketombe.

Sedangkan produk yang tidak dianjurkan adalah Sodium Lauryl Sulfat (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES) karena dinilai memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.