Saran Profesional Untuk Mewarnai Rambut Sendiri Di Rumah

Update Gaya Rambut ala Selebritas

Referensi hairstylist dalam bereksperimen memilih warna rambut. Plus trik mewarnai rambut sendiri di rumah.

Sudah berapa bulan sejak terakhir kali Anda menggunting rambut? Apakah modelnya masih simetri? Secara perlahan plus sesuai anjuran keamanan dan kesehatan, salon kecantikan yang selama pandemi Covid-19 berlangsung terpaksa menutup pintu kini mulai kembali beroperasi. Anda dapat menggunting rambut, manicure dan pedicure, hingga menikmati aroma krim hair spa meresapi batang rambut sembari kulit kepala dipijat secara profesional. Di antara kebutuhan memperbarui penampilan tersebut, reservasi untuk mewarnai rambut dipastikan akan memiliki daftar tunggu paling panjang.

dua lipa hair color
Photo courtesy Dua Lipa via Instagram.com/@dualipa

Cat rambut sejatinya bukan sebuah kebaruan. Tetapi dengan sederet selebritas yang mengubah warna rambut mereka beberapa bulan belakangan; gaung mewarnai rambut pun kembali menjadi tren.

Terlepas dari itu, mengubah warna rambut dapat memberikan perubahan instan dan signifikan bagi penampilan. Sebagian orang mengaku merasa terlihat lebih muda. Sebagian lain merasakan rona wajahnya menjadi lebih berkarakter. Lihat saja bagaimana Dua Lipa senantiasa terlhat berbeda di setiap video musiknya dengan gaya rambut ombre warna merah, oranye, dan pirang; sebelum akhirnya mengembalikan warna rambut aslinya menjadi cokelat tua gelap cenderung hitam.

Pertanyaannya kemudian, apakah Anda cukup sabar menanti giliran reservasi perawatan cat rambut di salon langganan? Jika Anda tidak ingin berada dalam daftar tunggu dan tertantang untuk melakukannya sendiri di rumah sebagaimana Kaia Gerber, kami mengumpulkan saran dari sederet penata rambut favorit selebritas di Jakarta untuk memandu Anda mencoba mengecat rambut dengan baik di rumah.

Referensi Warna Rambut

emily ratajkowski hair color
Photo courtesy Emily Ratajkowski via Instagram.com/@emrata

Rona pirang klasik menjadi referensi favorit bagi Emily Ratajkowski ketika melakukan penyegaran terhadap penampilan rambut rambut cokelat gelapnya selama bertahu-tahun. Beberapa kali kami juga mendapati pamor warna biru kehijauan. Namun, palet rona pink merupakan warna paling populer di kalangan selebritas.

Mulai dari Kaia Gerber, Lady Gaga, Dua Lipa, January Jones, Elle Fanning, Georgia May-Jagger, hingga Roséane Park anggota BLACKPINK mencoba mahkota kepala berwarna merah muda yang variatif. Tak hanya perempuan yang bereksperimen dengan warna pink. Joe Jonas dan Sehun ‘EXO’ turut mengadaptasi tren rambut merah muda untuk memperkuat maskulinitasnya.

Tip ahli: Memilih warna rambut perlu memperhatikan rona kulit masing-masing. “Hasil warna cat rambut menjadi salah satu komponen penting dalam menifestasi citra seseorang, terutama wajah, sehingga skintone menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cat rambut,” tutur tim ahli Shiseido Professional Indonesia.

“Kulit dengan tingkat rona kecerahan yang tinggi bisa bereksperimen dengan palet warna dingin. Tetapi warna hangat seperti cokelat, atau yang memiliki pantulan rona merah seperti burgundy dapat menjadi opsi yang paling baik untuk rona kulit masyarakat Asia,” saran Dewo (Kérastase Hairstylist Indonesia 2020 dan Hairdresser DGLAM by anawijaya).

Rekomendasi warna cokelat yang menjadi tren tahun ini ialah: mocha brown, ash brown, dan caramel brown. “Rona ash merupakan warna yang paling banyak diminati saat ini. Walau begitu, durasi ketahanan warnanya cenderung tidak lama jika dibandingkan warna lain,” ungkap Indra Tanudarma, Head of Education L’Oreal Professionnel.

Cat Rambut Bahan Organik Vs. Pewarna Konvensional

Pewarna rambut berbahan dasar natural atau organik memiliki lebih sedikit kandungan kimia di dalam formulanya. Misalnya, amonia yang berpotensi menembus kutikula rambut dan melemahkan batang rambut. Selain itu, zat pewarna organik lebih mudah ‘mencengkeram’ rambut. Namun, “Jika Anda suka bereksperimen dengan warna, lebih baik menggunakan pewarna konvensional,” saran Kiefer Lippens, pendiri STUDIO K Hair and Beauty dan hairstylist yang telah bekerja dengan banyak selebritas Indonesia seperti Agnes Monica, Bunga Citra Lestari, Tara Basro, Luna Maya, dan Cinta Laura.

“Bahan pewarna organik atau plant based (seperti Hena atau Noni) memiliki tingkat intensitas warna yang kuat, terutama varian warna gelap. Karenanya, akan sulit untuk Anda mengaplikasikan warna lain (warna terang) di kemudian hari. Apabila hal tersebut dilakukan, menggunakan produk pewarna konvensional di atas pewarna natural, dapat merusak struktur yang membuat batang rambut rapuh dan mudah patah,” jelas Lippens.

Hindari Warna Rambut Tidak Merata

Ada alasan mengapa orang—termasuk Anda—pergi ke salon untuk mewarnai rambut. Salah satunya, menghindari hasil warna rambut yang tidak merata.

Untuk menyiasatinya saat Anda melakukan pewarnaan di rumah, “alih-alih mengaplikasi cat rambut dengan jenis foam, saya lebih memilih menggunakan pewarna jenis krim yang dicampur. Pewarna foam tidak terlalu cocok untuk rambut orang Asia yg cenderung tebal sehingga hasilnya berpotensi tidak merata. Pada saat mengaplikasikan krim dari pangkal hingga ujung rambut, gunakan sisir bergigi lebar,” kata Lippens. Untuk tambahan catatan Anda, Indra Tanudarma turut menganjurkan, “Penggunaan foil akan mengoptimalkan warna cat rambut Anda.”

“Pengaturan waktu penting dalam proses pewarnaan. Contoh, aplikasi warna cenderung terang pada batang rambut perlu didiamkan selama 35 menit, sementara masa tunggu bagian akar (1 cm pangkal rambut) memerlukan kira-kira 10 menit. Durasinya pun perlu disesuaikan dengan intensitas warna rambut asli. Jika Anda memiliki rambut beruban hampir 50%, diamkan lebih lama kira-kira 45 menit,” kata Dewo.

Apakah Rambut Tetap Perlu Bleaching?

elle indonesia -Styling SIDKY MUHAMADSYAH photography ZAKY AKBAR
photography ZAKI AKBAR styling SIDKY MUHAMADSYAH untuk ELLE Indonesia edisi Desember 2019.

Bleaching adalah proses yang sangat rumit dan memerlukan kecepatan serta memerlukan perhatian khusus. Aplikasi yang tidak benar akan membuat rambut Anda rusak. Untuk itu sebaiknya tidak dilakukan sendiri di rumah,” tegas Lippens.

“Selain berpotensi merusak rambut jika tidak dikerjakan secara benar, hasil yang didapat cenderung tidak merata yang kemudian akan berdampak pula pada warna rambut Anda,” ujar Dewo.

Penting Diingat Sebelum Proses Pewarnaan

“Sebelum melakukan pewarnaan rambut pastikan tidak menggunakan sampo (tidak keramas sebelumnya) atau segala jenis produk penghitam rambut. Hal tersebut agar pigmen warna dalam kandungan bahan cat dapat menyerap sempurna di rambut pada saat proses pewarnaan,” ujar tim ahli Shiseido Professional Indonesia.

Perawatan Usai Pewarnaan

Koleksi produk perawatan rambut khusus diwarnai disediakan oleh berbagai merek bukan tanpa alasan. “Umumnya semua produk perawatan rambut yang diwarnai mempunyai formula khusus untuk menjaga agar warna rambut tidak cepat pudar,” kata Indra Tanudarma. Terlepas dari itu, fungsinya agar senantiasa menutrisi batang rambut serta kulit kepala Anda setelah bersentuhan dengan bahan-bahan kimia.

Penting untuk tidak melupakan aplikasi kondisioner khusus rambut diwarnai (biasanya disediakan satu paket bersama dengan krim cat di dalam kemasan) setelah mencuci rambut yand diwarnai. Rambut memerlukannya agar tidak menyakiti kutikula.

“Perawatan hair masker perlu dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu. Gunakan krim hair masker setelah keramas menggunakan sampo khusus rambut diwarnai. Diamkan selama minimal 10 menit sebelum dibilas. Kemudian aplikasikan kondisioner, dan bilas rambut secara bersih,” saran Lippens.

“Gunakan serum rambut khusus untuk perlindungan ekstra,” saran Indra Tanudarma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.