Cara Terbaik Memilih Wewangian Bersama Francis Kurkdjian

Persoalan memilah wewangian sesuai musim hingga cara tepat menemukan dan mengaplikasikannya pada titik-titik tubuh memang kerap menjadi tanda tanya besar bagi banyak orang. GHINA RIZQI bertanya langsung kepada ahlinya, Francis Kurkdjian, french perfumer yang juga owner dari rumah wewangian premium, Maison Francis Kurkdjian.

Sosoknya mulai dikenal sejak berhasil menciptakan wewangian laki-laki legendaris—Le Male dari Jean Paul Gaultier. Kemudian berlanjut menciptakan lebih dari 40 judul wewangian yang dipasarkan hingga berbagai penjuru dunia, semisal Elie Saab Le Parfum untuk Elie Saab, My Burberry untuk Burberry, L’extase untuk Nina Ricci, dan Narciso Rodriguez for Her untuk Narciso Rodriguez.Hingga kini ia pun tersohor sebagai pemilik rumah wewangian niche ternama yaitu Maison Francis Kurkdjian. Bertepatan dengan peluncuran wewangian teranyarnya, sang perfumer berbagi pengetahuannya perihal cara menemukan dan mengenakan wewangian yang tepat.

Tentang Memilih Wewangian untuk Diri Sendiri

“Saya percaya bahwa memiliki satu wewangian khusus untuk diri sendiri adalah hal yang tidak lagi relevan. Perempuan khususnya, memiliki kebebasan dan kekuatan untuk mengekspresikan semua aspek dalam kepribadian masing-masing. Mulai dari pekerjaan, cinta, atau menjadi seorang ibu, tidak ada satu wewangian khusus yang dapat merangkul semua aspek. Anda bisa saja setia pada suatu merek tertentu dan tetap mengharapkan keragaman aroma sesuai suasana hati. Oleh karena itu, setiap aroma dari Maison Francis Kurkdjian selalu memiliki ciri khas. Sedangkan cara untuk menemukan wewangian yang sesuai dengan hari Anda adalah dengan mencobanya sendiri.”

Tentang Wewangian Terbaru Maison Francis Kurkdjian 

 “Beberapa tahun yang lalu, saya dan Marc Chaya, CEO dan co-founderdari Maison Francis Kurkdjian, sedang berdiskusi tentang peluncuran yang akan datang. Dalam diskusi terbuka itu, saya berkata, ‘Kita telah membuat wewangian À la rose dan L’eau À la rose, mengapa tidak menambahkan L’Homme À la rose?’

Selain memiliki nama yang cukup kuat, kami juga memiliki visi untuk memberikan hak bagi laki-laki dalam memakai wewangian mawar yang memang didedikasikan untuk mereka. Hal ini terjadi karena melihat aroma bunga dalam parfum maskulin, sebagian besar datang hanya dari bunga lavendel, bunga jeruk, anyelir atau carnation, dan bunga violet. Tak hanya itu, aroma-aroma tersebut juga disamarkan atau dicampur dengan bahan lain sehingga Anda tidak bisa benar-benar menciumnya. Aroma mawar dalam wewangian laki-laki biasanya dibaurkan dengan aroma leather,oudpatchouli, atau geranium. Kali ini, saya dan tim benar-benar ingin memperkenalkan wewangian pria dengan aroma utama bunga mawar yang intens.”

Tentang Perbedaan Bahan Aroma untuk Perempuan dan Laki-laki 

“L’Homme À la rose adalah Eau de Parfum dengan klasifikasi aroma floralwoody. Akan tetapi, bahan baku tentu tidak dapat menentukan jenis kelamin suatu wewangian. Hasil akhir sebotol wewangian berangkat dari bagaimana Anda memadukan setiap bahan satu sama lain. Kain sutra contohnya, dapat terlihat feminin atau maskulin tergantung bagaimana Anda memotong dan menjahitnya, apakah menjadi gaun atau dasi. Hal ini sama berlaku serupa dengan bahan baku wewangian. Akan tetapi, aroma herbal yang segar, misalnya, secara tradisional beraroma lebih maskulin karena kerap ditemukan pada produk grooming.”

Tentang Pilihan Aroma untuk Beragam Musim

“Musim dingin atau misalnya saat kerap hujan di Indonesia, membutuhkan aroma yang sangat hangat dan nyaman, misalnya Baccarat Rouge 540 Extrait de Parfum atau OUD Satin. Sedangkan wewangian Duo Petit Matin & Grand Soir sangat sesuai untuk musim gugur karena memang terinspirasi dari suasana musim gugur di Paris.

Dalam menyambut musim semi, saya menyarankan Aqua Universalis yang menerjemahkan perasaan kesegaran. Wewangian ini adalah salah satu produk unggulan Maison Francis Kurkdjian karena mewakili keseimbangan antara wewangian kontemporer yang segar serta aroma klasik yang pekat.

Sedangkan untuk musim panas, Aqua Vitae memiliki aroma yang mengingatkan Anda akan indahnya perasaan berlibur di musim panas. Anda dapat terus mengingat kenangan musim panas ketika sinar matahari menyapu kulit yang kecokelatan dan membayangkan belaian bunga dan nafas kayu.

Namun yang terpenting, wewangian terbaik untuk dikenakan adalah yang sesuai dengan kepribadian Anda dan membantu Anda mengekspresikan aspek identitas Anda.”

Tentang Wewangian Terbaik untuk Iklim Tropis

“Dalam cuaca panas dan lembap, Anda perlu memilih aroma yang bertahan lebih lama dan memberikan sentuhan bersih, segar, ringan, dan murni seperti Aqua Celestia, Aqua Universalis, atau Aqua Vitae.”

Tentang Cara Tepat Mengaplikasikan Parfum Kesayangan

“Wewangian layaknya sepotong pakaian di lemari, ia menjadi hidup jika dikenakan pada tubuh manusia dan membutuhkan kulit untuk benar-benar memancarkan aromanya. Hindari mengaplikasikan wewangian pada pergelangan tangan jika tengah mengenakan perhiasan atau jam tangan, baik dengan tali logam atau kulit. 

Anda bisa mengenakan wewangian di bagian belakang lengan yang memiliki kulit lembut dan tipis, lalu semprotkan di area manapun yang Anda inginkan untuk dicium. Sebagai tambahan, mencocokkan wewangian dengan body lotion juga mampu meningkatkan ketahanan aroma.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.