Langkah Merawat Garis Halus Pada Kulit Wajah

how to treat fine lines

Dahi, sudut luar mata, leher, dan juga area samping bibir mulai menunjukkan kehadiran garis halus dan kerut? A. Joharman menelaah penyebab dan menjabarkan tip perawatan.

Garis halus pada wajah biasanya akan terlihat lebih nyata di bagian yang sering mengalami pergerakan, atau facial expression area. Dahi, sudut luar mata, leher, dan juga area samping bibir. Memang, seiring dengan bertambahnya usia, penuaan kulit tidak bisa kita hindari. Tapi dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa melakukan perawatan yang lebih optimal sejak dini.

Penyebab: Garis halus pada wajah biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok dan minum alkohol yang menyebabkan berkurangnya suplai darah ke kulit dan membuat kulit mudah dehidrasi, agresi lingkungan yang semakin buruk, hingga faktor genetik. Semakin Anda menua, maka kulit akan semakin menipis, lebih terasa kering, elastisitas berkurang, dan tentunya semakin sulit untuk melindungi diri dari kerusakan. Inilah yang menjadi dasar utama kenapa kulit kita mengalami kerutan.

Tapi di luar hal itu, kebiasaan di usia muda, misalnya pengulangan ekspresi yang kita lakukan sehari-hari ternyata juga bisa mempercepat garis halus muncul. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, setiap kali orang menggunakan otot-otot pada wajahnya, maka akan terbentuk lekukan di bawah permukaan kulit. Saat usia Anda masih muda, kulit masih memiliki elastisitas yang baik, sehingga lekukan tersebut bisa terpantul kembali. Tapi semakin bertambahnya usia, pantulan tersebut akan lebih susah dilakukan, sehingga lekukannya menjadi lebih permanen. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mengurangi kebiasaan mengerenyitkan dahi atau memicingkan mata untuk menghindari kerutan halus pada area tersebut.

Akan tetapi, musuh utama dari setiap permasalahan kulit adalah sinar UV. Jika kulit kita sering terpapar sinar UV tanpa proteksi, maka kolagen dan serat-serat elastin di dalam kulit akan mudah rusak, sehingga menjadikan fleksibilitasnya menurun dengan mudah dan timbul lah kerutan.

Langkah Merawat Garis Halus Pada Kulit Wajah
photography Olga Rubio Dalmau styling A. Gracia

Tip Perawatan: Treatment yang bisa Anda gunakan, lagi-lagi berhubungan dengan vitamin A, yaitu topical retinoid yang bisa membantu mengatasi kerutan halus dan kulit yang kasar. Kemudian, beberapa kandungan lainnya yang bisa Anda cari di dalam skincare adalah, retinol (versi lebih ringan dari retinoid), alpha hydroxyl acid, kinetin, coenzyme Q10, copper peptides, dan antioksidan.

Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih signifikan untuk mengatasi kerutan halus ini, abrasive treatment tentunya bisa dilakukan di klinik kecantikan yang terpercaya. Mulai dari dermabrasi dan laser treatment yang bekerja dengan cara menstimulasi formasi kolagen dan elastin yang baru pada lapisan kulit, atau chemical peels yang dapat membantu memperhalus area kerutan dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit. Ketiga treatment di atas tentu tidak bisa dilakukan hanya dalam satu kali, namun harus berkala dan tentunya dalam pengawasan dokter.

Untuk opsi lainnya yang lebih semi-permanen, Anda bisa melakukan filler dan botoks pada area wajah yang terdapat kerutan. Kedua treatment
ini dilarang keras untuk dilakukan tanpa bantuan profesional yang memang kredibel. Kenapa saya bilang begitu? Karena akhir-akhir ini banyak sekali pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan praktik injeksi dengan menggunakan cairan tidak jelas dan iming-iming harga terjangkau. So, make sure you go to the right doctor with stellar portfolios.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.