Produk Pembersih Wajah yang Tepat untuk Setiap Kulit

Sebelum memutuskan untuk membeli produk pembersih wajah, simak penjelasan dari para ahli terlebih dahulu dan temukan cleansing yang sesuai bagi kulit Anda.

Sebelum memilih pembersih wajah yang sesuai untuk kulit, selalu ingat bahwa Anda memerlukan proses double cleansing pada setiap ritual pembersihan. Meski tidak mengenakan riasan tebal, pemakaian sunscreen pun perlu dibesihkan secara optimal dengan dua langkah berikut. Pertama, mengangkat riasan dan debu dengan makeup remover. Kemudian, membersihkan kembali seluruh kotoran lewat produk cleansing yang perlu dibilas dengan air. 

Jika Anda hanya menggunakan makeup tipis, micellar water bisa jadi makeup remover ringan nan lembut yang sekaligus menyegarkan. Menurut Prisiella Yessy, Education Manager dari Estée Lauder Indonesia, micellar water sendiri mengandung minyak di dalam air yang dapat mengangkat riasan tanpa perlu Anda bilas. 

Namun, jika kulit Anda cenderung kering atau sensitif, Reni Kamil, Training & Digital Marketing Manager dari Guerlain, menyarakan pembersih makeup dengan tekstur krim atau balsam karena nutrisinya yang cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat dari konsentrasi keduanya yang cukup padat. 

Adapun cleansing milk sebenarnya cocok dikenakan oleh kulit normal dengan pemakaian makeup yang water resistant, yakni tahan air mata dan keringat. Akan tetapi, cleansing milk membutuhkan alat untuk membantu Anda mengangkat kotoran, misalnya kapas atau handuk.

Satu lagi yang tak boleh dilupakan, yakni cleansing oil yang bisa dikenakan pada berbagai jenis kulit, namun diperuntukkan bagi riasan tebal hingga water proof. Reni Kamil dari Guerlain Indonesia menjelaskan, pembersih dengan tekstur minyak mampu mengangkat minyak yang kerap terkandung di dalam riasan heavy, bahkan makeup untuk panggung sekalipun.

Nah, setelah Anda membersihkan seluruh riasan dengan benar, ada baiknya untuk membasuh wajah kembali lewat produk pembersih bertekstur foam atau mousse yang cocok digunakan oleh pemilik kulit normal.

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, baik Prisiella Yessy dan Dian Prima, Training Assistant Manager dari Sulwhasoo Indonesia, menyarakankan penggunaan cleansing bertekstur gel karena mengandung kadar air yang cukup tinggi. Akan tetapi, Dian Prima turut menambahkan, saat ini banyak lini kosmetik yang menciptakan produk pembersih berbentuk gel yang cocok digunakan bagi kulit kering atau sensitif sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.