Tip Makeup Sesuai Warna Kulit Dari 3 Makeup Artist

Menjadi pembicara dalam presentasi atau menghadiri meeting penting secara virtual, sontek panduan riasan sederhana yang dipersembahkan khusus oleh tiga perias hebat bagi para perempuan dinamis yang ingin selalu tampil stand out.

Meski hanya bekerja 9 to 6 dari dalam rumah, pulasan makeup bisa jadi penyemat tersendiri. Berikut panduan riasan dari makeup artist; Engelina Inez, Ranggi Pratiwi, dan Claudya Christiani Purba.

Warna Kulit Pucat

Tanpa Riasan

Cara Aplikasi

“Cukup kenakan concealer bentuk krim dengan dua shade di bawah warna kulit alami untuk menutupi bekas jerawat atau noda hitam dengan optimal. Untuk bentuk wajah panjang, Anda membutuhkan tampilan lebih youthful. Caranya, bubuhkan blush on merah muda sambil tersenyum agar apple of the cheeks jelas terlihat.

Pulaskan eyeliner hitam pekat dengan aksentuasi cat eye untuk mencuri perhatian. Sisir alis, kenakan brow powder dan maskara secukupnya, pilih lipstik rona nude sebagai penyeimbang riasan. Jangan lupa untuk memakai lip tint sebelumnya agar bibir senantiasa memiliki rona dasar yang segar meski lipstik luntur setelah makan dan minum.

Akhiri dengan pengaplikasian loose powder hanya pada area T Zone—dahi, hidung dan cuping hidung, hingga dagu—karena kerap menghasilkan minyak berlebih.” – Engelina Inez

DO’S

Gerakan bersiul adalah cara mudah menentukan area aplikasi bronzer. Bubuhkan pula pada dagu agar memberikan ilusi wajah yang lebih presisi.

Jika Anda ingin tampil lebih subtil, aplikasikan liquid liner pada area terluar hingga tengah kelopak, kemudian kenakan eyeliner bentuk pensil tepat pada waterline tengah hingga area terdalam.

DONT’S

Membubuhkan blush on mulai dari bawah pelipis karena akan membuat bentuk wajah yang semakin panjang dan tegas. Pada mata monolid, ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan riasan dengan mata tertutup agar lebih mudah menyesuaikan bentuk eyeliner dengan dimensi kelopak.

Warna Kulit Medium

Tanpa Riasan

CARA APLIKASI

“Terinspirasi oleh perempuan di Kota New York, eyeliner dan lipstik rona berani jadi riasan Andalan aksi sehari-sehari. Either you go bold or nothing at all. Kulit medium cocok dengan lipstik warna bold atau nude, there’s no in between. Agar tidak berlebihan dipakai di siang hari, campurkan lipstik merah dengan cokelat atau bata.

Biarkan kompleksi wajah terlihat natural dengan pulasan foundation cair nan ringan secukupnya. Meski memiliki bentuk wajah square yang tegas, pemakaian bronzer perlu diterapkan agar menciptakan dimensi pada wajah yang terlihat flat setelah pemakaian foundation. Aplikasikan maskara, eyeliner, serta perona mata minim sesuai warna alami, biarkan alis terlihat natural dengan cara disisir.” – Ranggi Pratiwi

DO’S

Kulit undertone netral cocok mengenakan blush on warna apapun. Agar wajah strong terlihat lembut, aplikasikan perona pipi hingga menyentuh batang hidung untuk memberikan kesan sun-kissed.

Pada close set eyes, bubuhkan bronzer pada kelopak mata agar terlihat lebih natural, namun tetap menciptakan dimensi. Cukur bulu-bulu tipis dari alis agar memberikan jarak kelopak mata yang signifikan.

DONT’S

Jangan mengenakan produk contour karena akan membuat bentuk wajah semakin terlihat tegas serta eyeliner dengan grafis yang terlalu tebal, serta highlighter dan bronzer dengan shimmer untuk kegiatan sehari-hari karena akan membuat kulit terlihat berminyak.

Warna Kulit Tan

Tanpa Riasan

CARA APLIKASI

“Inspirasi saya datang dari kampanye Fenty Beauty by Rihanna. Tak hanya menghadirkan riasan bronzy yang umum bagi kulit tan, permainan warna bold juga menjadi inspirasi utama. Eyeliner hitam dan lipstik merah atau pink adalah amunisi terbaik untuk tetap tampil statement tanpa penggunaan foundation.

Pilih bronzer yang sedikit lebih gelap dari rona kulit serta highlighter warna emas untuk sekadar memberikan kehangatan pada kulit. Kenakan blush on bentuk krim warna bata atau berry agar lebih selaras dengan warna kulit.Setelah mengenakan contour stick dan cream blush, jangan lupa menambahkan produk bentuk padat untuk mempertegas dimensi. Baurkan powder bronzer dan blush agar terlihat lebih menyatu pada kulit.”— Claudya Christiani Purba

DO’S

Campur dua hingga tiga shade kompleksi dasar, kemudian ratakan warna kulit menggunakan colour corrector oranye karena kulit rona ini biasanya memiliki warna berbeda pada dahi dan bawah mata. Pilih translucent powder atau bedak tanpa warna yang lebih aman untuk mengunci riasan pada kulit tan. Memiliki lipatan mata yang tegas, pulasan eyeliner hitam tipis untuk sekadar membuat mata terlihat ‘hidup.’

DONT’S

Hindari pemakaian tinted moisturizer dengan kandungan SPF karena kerap meninggalkan white cast. Jangan memilih bedak dan foundation dengan warna lebih terang atau shade terlalu pink. Hindari pemakaian highlighting concealer agar kantong mata tidak terlihat kusam atau berona abu-abu.

Nails PAINT IT NAILS

Model ZELINE PRABOWO, CLARA BECCA, MICHELLE TAHALEA

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.