Butik Flagship Alexander McQueen di Old Bond Street London Resmi Dibuka

Di bawah arahan Sarah Burton sebagai direktur kreatif Alexander McQueen dan arsitek ternama Smiljan Radic, butik flagship label bergengsi ini menghadirkan konsep desain baru demi menciptakan pengalaman retail yang mengesankan bagi para pelanggan setianya.

Di tengah maraknya berbelanja online, label retail fashion harus mampu menyuguhkan konsep yang distingtif demi menarik pelanggan untuk datang berbelanja langsung ke butik. Hal inilah yang dilakukan oleh Alexander McQueen lewat butik flagship terbarunya yang terletak di Old Bond Street, London.

Butik yang berdiri megah dengan fasad berupa jendela kaca setinggi dua lantai ini akan menyambut Anda ke dalam dunia Alexander McQueen yang penuh akan elemen artistik yang ikonis. Permainan cahaya ruangan yang hangat seolah mengundang Anda untuk berkunjung dan membenamkan diri Anda dalam luapan imajinasi dark beauty yang membuai.

Memasuki butik, Anda akan disapa oleh jajaran patung maneken yang berdiri mantap di berbagai sisi butik, membawakan narasi visual akan highlighted looks dari koleksi runway teranyar. Demi membangkitkan mood, beragam model busana koleksi terbaru ditampilkan secara bergantian di butik setiap musimnya–baik di dalam ruang ganti maupun di depan fasad.

Tata ruang dan dekorasi yang ditampilkan di butik ini bukanlah tanpa perhitungan yang masak. Setiap produk ditata dengan manis memanjakan mata. Kehadiran karya seni pahat dari seniman asal Chili, Marcela Correa, turut memperelok interior butik dengan hasil pahatan menggunakan material alam seperti batu pualam, perunggu, granit, dan kayu. Karya seni tersebut terbukti berhasil menguatkan narasi visual yang disuguhkan di butik ini.

Sang direktur kreatif, Sarah Burton, memperkenalkan konsep desain baru butik Alexander McQueen sebagai bentuk penghargaan akan citra label yang amat lekat dengan pesona keindahan alam. Material seperti kayu dari pohon ek dan kenari pun dipilih untuk merepresentasikan DNA label asal Inggris tersebut.

Kedua material tersebut digunakan sebagai bahan baku lantai, atap, dan tembok butik yang dikonstruksikan secara cermat sehingga tampak begitu rapi dan seamless, nyaris tanpa cela. Detail garis dibuat melengkung, menyiratkan inspirasi struktur tubuh manusia dan bentang daratan yang kerap menyuntikkan ilham bagi mendiang Alexander ‘Lee’ McQueen dalam berkreasi.

Sebagai butik flagship, rangkaian koleksi busana untuk wanita dan pria dihadirkan secara komprehensif. Temukan koleksi womenswear di lantai dasar, dan koleksi menswear di lantai satu. Naik ke lantai berikutnya, Anda akan mendapati sebuah ruang eksperimental yang sengaja dirancang untuk menggiatkan terbentuknya komunitas kreatif. Di lantai ini pula, Anda dapat mengeksplorasi proses kreatif Alexander McQueen melalui kumpulan arsip, berikut dengan koleksi karya fotografi dan karya seni lainnya.

Area ini juga nantinya dapat digunakan sebagai lokasi ekshibisi maupun acara diskusi yang secara khusus disiapkan untuk kalangan pelajar. Ini adalah bentuk realisasi etos yang dijunjung oleh Alexander McQueen, yaitu mengasuh dan mendidik talenta-talenta muda demi perkembangan industri fashion ke depannya.

 

(Teks: Chekka Riesca. Foto: courtesy of Alexander McQueen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.