Jelajahi Narasi Proses Kreatif Alexander McQueen di London

Bertempat di lantai paling atas butik flagship di London, para pencinta fashion dapat menelusuri proses kreatif di balik rancangan Alexander McQueen lewat ekshibisi berjudul Unlocking Stories.

Para pencinta fashion khususnya pengagum berat Alexander McQueen tentu masih bisa mengenang kesuksesan pameran Alexander McQueen: Savage Beauty yang digelar beberapa tahun silam. Ekshibisi yang dilangsungkan di New York satu tahun pasca berpulangnya sang desainer berhasil menarik lebih dari 650.000 pengunjung dalam tiga bulan saja. Pada tahun 2015, pameran ini kembali digelar di London dan dipadati oleh lebih dari 490.000 pengunjung dalam empat bulan. Keduanya sama-sama memecahkan rekor pameran fashion dengan pengunjung terbanyak sepanjang sejarah Metropolitan Museum of Art New York dan Victoria & Albert Museum London.

Mengawali tahun 2019, seiring dengan diresmikannya butik flagship Alexander McQueen di Old Bond Street, London, rangkaian arsip rumah mode besutan Lee Alexander McQueen kembali digelar untuk dapat diakses oleh publik. Ekshibisi berskala kecil ini bertajuk McQueen: Unlocking Stories.

Label yang kini dikepalai oleh Sarah Burton ini memang sengaja mendedikasikan satu lantai teratas di gedung flagship sebagai ruang serbaguna untuk berbagai agenda fashion seperti ekshibisi, acara bincang-bincang, workshop, dan lain sebagainya. Pameran Unlocking Stories pun menjadi agenda perdana untuk memulai lembaran baru butik flagship tersebut.

Segenap arsip yang menuturkan narasi visual di balik proses terciptanya koleksi busana dan aksesori Alexander McQueen ditampilkan di pameran ini. Selain itu, dijelaskan pula tentang bagaimana tim Alexander McQueen bekerja mulai dari pengembangan inspirasi yang melatarbelakangi terciptanya sebuah koleksi, proses pencarian serta pemilihan material yang digunakan, hingga metode riset untuk menciptakan terobosan baru dalam konstruksi sebuah pakaian.

Kumpulan arsip dipamerkan dalam bentuk instalasi yang komprehensif. Obyek pamer yang ditampilkan memang tidak semegah dan semasif pameran Savage Beauty, namun berkat kurasi yang mantap hal tersebut tidak lantas mengurangi kekayaan narasi yang disampaikan.

Berbeda dengan pameran terdahulu, Unlocking Stories turut mengungkap proses kerja tim Alexander McQueen di bawah arahan Sarah Burton sebagai direktur kreatif. Pameran ini mengupas cara Sarah Burton menerjemahkan esensi garis rancang Alexander McQueen dan bagaimana ia mengaplikasikan segenap proses kreatif yang dikembangkannya secara organik bersama tim–khususnya untuk koleksi Spring/Summer 2019.

Narasi visual akan kehebatan tailoring, pengerjaan teknik embroidery dan pendekatan couture, pemilihan serta pengolahan material yang impresif, dan juga perkawinan antara keterampilan tangan dan aplikasi teknologi, menjadi daya tarik ekstra pameran ini. Demi menjadikan acara ini kian meriah, Sarah Burton juga menggelar acara talkshow dengan menggandeng kritikus dan kurator fashion ternama, Sarah Mower.

Rangkaian program yang dihadirkan sengaja dirancang untuk menawarkan perspektif baru untuk mengamati sekaligus mengapresiasi keterampilan segenap talenta yang terlibat dalam dunia kreatif Alexander McQueen. Ke depannya, label prestisius asal Inggris ini akan secara rutin menghadirkan beragam agenda fashion di sepanjang tahun dan secara khusus membidik para pelajar demi melanggengkan formasi komunitas kreatif yang telah terbina.

Kunjungi flagship Alexander McQueen di alamat ini:

27 Old Bond St, Mayfair, London W1S 4PD

Buka pukul 10.00 dan tutup pukul 18.30.

 

(Teks: Chekka Riesca. Foto: courtesy of Alexander McQueen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *