Industri Mode Ambil Peran Dalam #BlackoutTuesday Menolak Rasisme

elle indonesia Blackout Tuesday - Black lives matter - beauty nails - photography ryan tandya - styling ghina rizqi

Simak bagaimana deret desainer, model dan rumah mode menampilkan partisipasinya untuk menolak rasisme di dunia.

Kematian George Floyd pada tanggal 25 Mei yang lalu telah meninggalkan duka mendalam bagi seluruh dunia. Tak hanya karena ia telah menjadi korban dari tindakan tak manusiawi, namun momen tersebut juga menjadi puncak dari sekian banyak peristiwa yang menunjukkan masih kerapnya tindakan rasisme yang terjadi di negara Paman Sam. Hingga kini, kaum muda-mudi di Amerika Serikat masih belum berhenti menyuarakan pendapat maupun berunjuk rasa akan betapa pentingnya kesetaraan untuk kaum kulit hitam.

Dari jalanan negara bagian Amerika Serikat menyebar hingga ke negara-negara di luar Amerika. Aksi solidaritas turut menggema di dunia maya. Lewat tagar kampanye #BlackoutTuesday, orang-orang berbondong-bondong menunjukkan kepedulian mereka dengan memasang warna hitam melalui posting-an di akun instagram. Sudah tak terhitung betapa banyaknya sosok berpengaruh dari seluruh dunia yang telah berpartisipasi dalam menyuarakan suara mereka. Halaman media sosial pun kini juga telah dibanjiri oleh sapuan warna gelap tersebut.

Industri mode tentunya juga tak tinggal diam. Baik dari sang desainer sendiri maupun rumah mode yang dipimpin, semuanya telah menunjukkan kepedulian masing-masing dengan memposting gambar yang serupa. Riccardo Tisci melalui akun pribadinya telah turut memasang warna hitam di dalam posting-an instagramnya. Begitupun dengan Alessandro Michele dan Stella McCartney.

View this post on Instagram

#blackouttuesday 🖤

A post shared by Riccardo Tisci (@riccardotisci17) on

Rumah mode asal Inggris, Burberry, menampilkan kepeduliannya dengan memasang warna hitam berisikan pesan “There is no place for racism. As human beings, we all need to do better” di dalam akun instagramnya. Pesan yang serupa ditampilkan pula dalam posting-an dari rumah mode Prancis, Lanvin dan Dior.

View this post on Instagram

Black Lives Matter.

A post shared by LANVIN (@lanvinofficial) on

Louis Vuitton mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dalam menunjukkan partisipasinya. Lewat video pendek yang dikreasikan oleh seniman, Julian Klincewicz, rumah mode ini ingin menggambarkan sebuah kebebasan melalui adegan seorang lelaki yang sedang berkuda. Posting-an pun dilengkapi dengan caption yang berisikan pesan akan pentingnya sebuah perubahan, yakni perubahan menuju kebebasan dari rasisme di dunia.

Dari sisi model, Karlie Kloss dan Naomi Campbell menjadi beberapa nama yang telah menyuarakan suaranya dengan lantang dalam menolak rasisme. Begitupun dengan Coco Rocha dan Adriana Lima, semuanya turut berpartisipasi dalam memperjuangkan keadilan untuk kaum kulit hitam di Amerika maupun di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.