26 Juli 2023
Wawancara Bersama Maria Fernanda Albuquerque, CMO Havaianas
PHOTOGRAPHY BY Havaianas

Berapa lama Anda telah bergabung dengan Havaianas dan perubahan terbesar apa yang telah Anda saksikan hingga membuat perkembangan merek ini kian istimewa dan signifikan?
“Saya bergabung dengan perusahaan ini sejak tahun 2020 silam. Dan setelah dua tahun menjabat sebagai Global Brand Director, kemudian saya diundang untuk berperan sebagai CMO. Havaianas sendiri sesungguhnya selalu menjadi merek favorit saya. Oleh karena itu, keberhasilan saya untuk dapat bergabung bersama merek ini menjadi kebahagiaan luar biasa bagi saya, karena keikutsertaan ini mampu memungkinkan saya untuk dapat berkontribusi dalam membangun warisan Havaianas secara global. Banyak hal yang terjadi selama saya menjadi bagian dari Havaianas, seperti saat kami membuka jalur inovasi produk untuk memiliki keleluasaan dan teknologi terkini agar dapat berinovasi secara menyeluruh. Lalu kami juga bermitra dengan sejumlah label dan institusi yang luar biasa, dan begitu banyak kolaborasi bersama inisiatif lain yang membuat kami bangga. Namun yang paling istimewa dan signifikan bagi saya adalah saat menggabungkan pekerjaan korporat dengan tujuan mulia untuk membuat perbedaan nyata dan memberi dampak nyata pada masyarakat lewat kemitraan kami bersama Gerando Falcões, yang melibatkan pembagian 7% dari pendapatan yang diberikan untuk Lembaga Swadaya Masyarakat, serta kemitraan kami dengan All Out untuk mencurahkan fokus tentang hak LGBTQI+.”
Gerai Havaianas tersebar di begitu banyak kota di dunia, termasuk Jakarta, Indonesia. Selain memilih lokasi eksotis atau tropis, apa faktor lain yang berpengaruh untuk menancapkan bendera di tempat terbaru? Apa strategi Anda?
“Sebagai merek sandal sol karet Brasil, kami memiliki koneksi yang naluriah terhadap lokasi-lokasi tropis. Meski demikian, strategi kami dalam memilih lokasi gerai terhubung dengan visi dan misi Havaianas yang mempromosikan momen ‘kebebasan’ setiap individu melalui produk dan pengalaman. Kami percaya merek kami dapat menawarkan keleluasaan yang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan ketegangan orang-orang, yaitu dengan cara melengkapi keseluruhan tampilan dengan desain yang modis dan keren tanpa usaha yang berlebih. Kontribusi Havaianas sebagai aksesori mode yang laid-back, mampu memberikan kebahagiaan dan keleluasaan tersendiri. Maka nilai ‘kebebasan’ ini menjadi fokus utama kami saat memilih lokasi untuk membuka gerai terbaru di kota mana pun di dunia.”
Bagaimana dengan proyek kolaborasi? Akankah ada koleksi kolaborasi berikutnya yang patut dinantikan dari Havaianas?
“Sepanjang perjalanan Havaianas, kami telah bermitra dengan merek-merek luar biasa seperti Mastermind, BAPE, Market, Missoni, hingga YSL. Oleh sebab itu, Anda dapat memprediksi kemitraan yang luar biasa dan tidak terduga untuk tahun 2024. Di tahun 2023 ini, kami memulai kemitraan dengan mantan bintang Euphoria, Barbie Ferreira, dan kini kami menyambut segala kemungkinan yang akan datang.”
Salah satu kolaborasi Havaianas bersama Farm, label mode yang juga berasal dari Brasil.
Sering kali dibandingkan dengan merek lain karena siluet sol karet yang serupa dan kesamaan fungsinya, saya yakin Anda sendiri telah sering mendengar tentang perbandingan ini. Bagaimana Anda selalu bereaksi terhadap hal ini?
“Saya tidak pernah gentar. Karena Havaianas adalah pemimpin dunia untuk alas kaki kategori ini, dan kami membawa desain yang sangat orisinal sejak tahun 1962. Meskipun fungsi dan bentuk dapat ditiru di pasar mana pun, kami memiliki keyakinan kuat pada perbedaan kami, formula kami, kualitas unggul kami, tempat kelahiran kami, proses manufaktur kami dan visi misi yang kami junjung tinggi. Havaianas adalah merek mode Brasil yang bangga dan memiliki pola pikir inovatif dan orisinal yang solid. Segala bentuk pola pikir kami telah diterjemahkan sedemikian rupa tidak hanya ke dalam rangkaian produk kami, namun juga ke dalam nilai-nilai merek kami dan semua yang kami lakukan di bawah naungan nama besar Havaianas.”
Sebelum dan sesudah bergabung bersama Havaianas, apa nilai yang selalu jelas terlihat bagi Anda?
“Bahwa Havaianas adalah merek yang kreatif, ceria, dan berpikiran terbuka. Merek ini menyambut semua bentuk pribadi dan menyatukan karakter-karakter ini lewat bentuk produk yang sangat sederhana namun menjadi pelengkap yang kuat. Havaianas mengundang setiap individu untuk menjadi lebih rileks dan mengantarkan lebih banyak momen kegembiraan dan pembebasan sehari-hari.”
Mode selalu bergeser dari waktu ke waktu. Dalam bentuk apa saja Anda melihat Havaianas mampu berkembang di saat ini? Apa kemungkinannya dan seberapa jauh jangkauannya?
“Salah satu bagian terbaik dari menjadi merek yang sudah berdiri selama lebih dari 60 tahun adalah kemampuan untuk melihat lebih jelas semua perubahan yang terjadi dalam hidup bermasyarakat. Betul, dunia mode akan selalu bergeser dari waktu ke waktu karena mode sendiri merupakan bagian dari budaya yang tidak dapat dipisahkan. Mode menambah dan membentuk perilaku baru dengan cara yang sama seperti perilaku itu sendiri kerap membentuk wujud mode baru. Vice versa. Sebagai sebuah merek, kami memahami peran kami di dalamnya, dan kami meihat generasi baru sebagai bagian yang luar biasa penting dari proses ini. Menjadi terhubung secara menyeluruh dan terbuka dengan para generasi baru—hingga memahami kebutuhan mereka—telah menjadi ‘resep rahasia’ kami selama bertahun-tahun. Momen ini memungkinkan kita untuk terus berkembang, sementara seiring waktu berjalan kita pun dikelilingi beragam esensi yang harus dijunjung, seperti menemukan keseimbangan dalam hidup; pentingnya untuk sesekali melepaskan diri dari ketergantungan gawai; melepaskan diri dari tekanan; mempertanyakan makna dan faedah yang semata-mata tidak hanya media sosial, tapi juga AI. Tren akan selalu datang dan pergi. Berkecimpung di dalam dunia dengan tren yang terus berubah, kendati kami sangat berakar pada kapasitas kami untuk berinovasi, kami juga menemukan nilai dalam hal-hal yang tetap relevan secara manusiawi.”