CULTURE

3 Januari 2022

Burgreens & Green Rebel Foods Luncurkan Kampanye 'Veganuary Indonesia'


Burgreens & Green Rebel Foods Luncurkan Kampanye 'Veganuary Indonesia'

Ajakan bersantap makanan berbasis nabati selama bulan Januari.

Mengawali tahun 2022, Burgreens (jaringan restoran berbasis nabati di Indonesia) dan Green Rebel (startup pangan yang memproduksi daging serta keju nabati di Indonesia) menggagas peluncuran kampanye Veganuary Indonesia. Sebuah tantangan menerapkan pola hidup vegan selama 31 hari di bulan Januari 2022. Beberapa brand lokal turut berkolaborasi dalam kampanye ini; seperti The Bulksource, Sebumi, Sustaination, Sukkha Citta, 21 Hari Vegan, Green Welfare, Tempe Movement, Living Barn, Youthtopia, Javara dan Paradigm Fitness.

Veganuary sendiri bukanlah suatu kebaruan. Muncul pertama kali lewat inisiasi organisasi nirlaba asal Inggris pada 2014. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk mencoba diet vegan selama bulan Januari—dengan harapan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya. Barangkali Anda mempertanyakan landasan tujuan gerakan tersebut; mengapa orang (kita) perlu berdiet vegan?

Tidak hanya baik bagi stabilitas berat tubuh yang menurunkan potensi obesitas, para ahli meyakini (melalui berbagai penelitian, tentu saja) bahwa konsumsi makanan berbasis nabati juga mampu menjaga sistem imun tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung (55%), hipertensi (42%), diabetes (75%), hingga meningkatkan kesehatan mental seseorang. Lebih jauh lagi, sebuah studi tahun 2018 menyebutkan bahwasannya konsumsi daging dan susu bertanggung jawab menghasilkan 60% emisi gas rumah kaca pertanian. Dengan beralih mengonsumsi protein nabati ketimbang daging merah, kita dapat berkontribusi mengurangi jejak karbon individu sebanyak 40% dan 80% apabila menerapkan pola makan nabati 100% (vegan). TIdakkah Anda mulai tergugah untuk mencoba menjadi vegan, baik mempertimbangkan aspek kesehatan atau hasrat untuk ikut serta mendukung solusi permasalahan lingkungan?

Jika perubahan pola makan 3 kali sehari 100% nabati terlalu menantang untuk dilakukan dalam semalam, Anda bisa mencoba bertahap; misalnya dengan belajar menghilangkan konsumsi makanan tertentu, atau mengganti menu 1 kali bersantap dengan makanan berbasis nabati dalam sehari (flexitarian)—seperti yang dikampanyekan Veganuary Indonesia. “Kunci menerapkan pola makan nabati sehat adalah cukup kalori, makan beragam (saya menganjurkan makan 30 jenis ragam nabati dalam seminggu), dan nikmati serunya mengeksplor makanan baru yang dulu mungkin jarang kita konsumsi,” kata Max Mandias, Chief Innovation Officer Burgreens & Green Rebel, dalam konferensi peluncuran kampanye Veganuary Indonesia.

veganuary Indonesia
Beefless Maranggi Satay, Green Rebel

Dilengkapi program edukasi terkait gaya hidup vegan bagi para partisipannya, kampanye Veganuary Indonesia turut membuka serangkaian kelas bersama para ahli, seperti Kelas Nutrisi, Kelas Planetary Healthy Diet, dan Climate Activism. Akses masyarakat terhadap produksi makanan berbasis nabati pun turut dipermudah lewat kolaborasi sederet restoran yang digandeng Green Rebel untuk bekerja sama menyediakan rangkaian menu plant-based selama bulan Januari 2022. Daftar referensinya: Max’s Pizza, ABUBA, Coffee Academics, Twelve, Okuzono, Queen's Tandoor, KOI, Sliced Pizza, Anomali, Kinkitsuya, Mad Bagel, BALI DIRECT Store di AshtaDistric8, Mayur’s, SUBO Family, Tambah Kali, Stockholm Syndrome, Proklamasi Catering, Plantalicious, Roti Eneng, Woogie Boogie, Two Fat Indians, LoavesLattesandmore, Cake A Licious dan Hobee Sehat. Spesial bagi partisipan Veganuary Indonesia, Burgreens dan Green Rebel akan memberikan diskon sebesar 15-20% untuk seluruh produknya selama bulan Januari 2022.