Pemerintah dan Bank Indonesia Menerbitkan Uang Rp75 Ribu

pecahan uang rupiah 75 ribu

Apa saja yang perlu kita ketahui dari uang nominal Rp75.000 yang baru dirilis pemerintah dan Bank Indonesia? Apakah memiliki nilai transaksi? Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

Pengeluaran dan pengedaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Indonesia merupakan wujud rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Peresmiannya ditandainya dengan mulai berlakunya uang Rupiah kertas pecahan Rp75.000 sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan bahwa peluncuran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI tersebut bukanlah sebagai tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi, namun dalam rangka memperingati peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia pada 75 tahun silam. Uang edisi khusus tersebut juga menjadi simbol kebangkitan dan optimisme dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dampak dari pandemi Covid-19 agar masyarakat Indonesia bersatu dalam semangat melanjutkan pembangunan masa depan ndonesia. Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI juga menjadi simbol memperteguh kebinekaan, dan optimisme menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.

Sebagai nominal baru mata uang Republik Indonesia, apa saja yang perlu kita pahami; apakah memiliki nilai transaksi? Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?

pecahan uang rupiah 75 ribu

Di balik desain uang Rp75.000

Terdapat makna filosofis yang tertuang dalam uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia. Ketiga makna ini direfleksikan dalam desain uang secara utuh.

Mensyukuri kemerdekaan. Peristiwa historis proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 tertuang melalui penggambaran foto proklamator Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta gambar pengibaran bendera proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945. Sementara itu, berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia khususnya di bidang infrastruktur digambarkan melalui gambar tol trans Jawa, jembatan Youtefa Papua, dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Memperteguh kebhinnekaan. Terdapat gambar sejumlah anak-anak menggunakan pakaian adat mewakili wilayah barat, tengah, dan timur di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Indonesia juga diwarnai oleh motif songket Sumatera Selatan, batik Kawung Jawa dan tenun Gringsing Bali, yang menggambarkan keanggunan, kebaikan, dan kesucian.

Menyongsong masa depan gemilang. Semangat optimisme dilambangkan dengan anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus yang unggul dan siap mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang. Peta Indonesia Emas pada bola dunia turut melambangkan peran strategis Indonesia di ranah global. Penggambaran satelit Merah Putih pada uang peringatan kemerdekaan ini menjadi lambang jembatan komunikasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apakah uang Rp75.000 merupakan alat transaksi?

Sebagaimana disebutkan melalui akun media sosial resmi Bank Indonesia, “Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI sebagaimana diatur dalam PBI (Peraturan Bank Indonesia) tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus merupakan alat pembayaran yang sah (legal tender).

Bagaimana cara mendapatkannya?

Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia, dan 54 kantor perwakilan dalam negeri Bank Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia telah menunjuk 5 bank umum yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan CIMB Niaga untuk melayani penukaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia.

Penting diingat, sebelum melakukan penukaran, publik harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautan https://pintar.bi.go.id.

Kapan waktu pemesanan dan penukaran?

Mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020. Pemesanan penukaran dibagi ke dalam dua periode:
Tahap 1: 17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020. Tempat penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri di seluruh provinsi.
Tahap 2: 1 Oktober 2020 – selesai. Tempat penukaran di Bank Indonesia dan Bank Umum yang ditunjuk.

Syarat pemesanan dan penukaran uang

Yang boleh menukar adalah Warga Negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) resmi. Perlu Anda ketahui bahwa pecahan uang kertas Rp75.000 dicetak sebagai edisi terbatas dengan hanya berjumlah 75 juta lembar. Oleh karenanya, pemesanan satu lembar pecahan uang Rp75.000 hanya berlaku untuk setiap 1 (satu) KTP. Publik kemudian dapat menukarkan uang nominal Rp75.000 secara tunai dengan pecahan uang Rupiah berjumlah senilah sama.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.