Selebritas yang Ikuti Jejak Sukses Orangtua

maleficent - angelina jolie - vivienne jolie pitt

Buah jatuh tidak jauh dari apelnya. Para selebritas berikut ini memilih profesi sejalan dengan orangtua mereka.

Hollywood ramai dengan selebritas yang mengikuti jejak karier orangtua. Dakota Johnson, Margaret Qualley, dan Billie Lourd (plus banyak lainnya) merupakan segelintir aktor yang belajar berakting dari orangtua mereka. Di luar ranah sinema, Miley Cyrus hingga Kaia Gerber terinspirasi oleh figur besar orangtua.

Tetapi, memiliki leluhur terkenal tidak selalu menyenangkan. Orang luar memandang sebelah mata, meragukan kemampuan Anda, atau dibanding-bandingkan. Belum lagi, figur orangtua yang senantiasa membayangi gerak.

Lihat saja Jayden Smith, yang seolah kasat mata ketika sang ayah berdiri di sekitar. Rapper yang juga berakting di layar lebar tersebut baru saja mengunggah video yang memperlihatkan bagaimana kharisma ayahnya, Will Smith; A-list aktor dari 60 judul film lebih dan kini juga vlogger dengan hampir 9 juta pengikut, dengan instan menghalangi sinarnya. Bahkan, untuk mendapatkan salam tangan.

Tentu saja, video tersebut diunggah Jayden hanya sekadar humor (Jada Pinkett Smith (ibunya yang juga aktor dan presenter televisi), Willow Smith (adiknya), bahkan Will Smith sendiri terbahak saat melihatnya dan turut mengunggah videonya ke dalam akun pribadi). Walau begitu, bukan berarti hal tersebut tidak nyata. Scott Eastwood paham betul bagaimana status keluarga tidak membawanya lolos audisi film American Snipper yang disutradarai oleh sang ayah, Clint Eastwood. Menyandang nama besar Ethan Hawke dan Uma Thurman sebagai orangtua juga tidak memudahkan jalan Maya Hawke. “Hal itu membuat orang-orang memasang harapan tinggi pada Anda, secara bersamaan meragukan komitmen dan kemampuan Anda,” ungkap Hawke.

Figur orangtua—bisa jadi—menginspirasi pilihan karier para selebritas berikut ini, hingga membuka jalan awal mereka. Tetapi, kami menyoroti bahwa kesuksesan yang mereka raih saat ini ialah hasil kerja keras pribadi.

Kaia Gerber – Cindy Crawford

kaia gerber and cindy crawford
Photo courtesy Kaia Gerber via Instagram.com/@kaiagerber.

Kaia Gerber menginjakkan kaki di panggung mode beberapa hari usai menginjak usia 16 tahun; sama seperti sang ibu, Cindy Crawford, memulai karier modelling bersama DeKalb Nite Weekly dan Elite Model Management. Debut Kaia Gerber di New York Fashion Week tahun 2017 mencuri perhatian. Ia berjalan untuk Calvin Klein hingga Alexander Wang. Kini, figurnya hampir tak pernah absen dari pagelaran busana Chanel, Prada, Versace, dan Marc Jacobs.

Jayden Smith – Will Smith

jayden smith and will smith
Photo courtesy Will Smith via Instagram.com/@willsmith.

Jayden Smith telah menaklukan layar lebar sejak usianya 8 tahun. Perannya dalam Pursuit of Happiness bersama sang ayah, Will Smith, sukses membuat terenyuh para penonton. Di usia 22 tahun, Jayden Smith mengukuhkan eksistensi lewat lima judul film dan dua serial televisi (salah satunya, The Get Down, garapan Baz Luhrmann). Tidak hanya mengikuti jejak karier akting ayahnya, Jayden Smith juga mengasah talenta bermusiknya (sebagaimana Will Smith mengawali karier dengan menjajal dunia musik sebagai MC bersama DJ Jazzy Jeff, dan merilis empat album solo). Ia telah merilis debut album solo serta serangkaian mixtape.

Patrick Schwarzenegger – Arnold Schwarzenegger

patrick schwazeneger and arnold schwarzeneger
Photo courtesy Patrick Schwarzenegger via Instagram.com/@patrickschwarzenegger.

Jika bicara jujur, nama Patrick Schwarzenegger melesat ke permukaan ketika ia menjalin hubungan asmara bersama Miley Cyrus; meskipun ayahnya, Arnold Schwarzenegger, adalah seorang ‘robot dari masa depan paling populer sepanjang masa’ (Arnold Schwarzenegger berperan dalam film trilogi, Terminator). Tidak seperti sang ayah yang lekat aksi laga, pilihan peran Patrick lebih dominan drama. Ia mulai berakting sejak usia 10 tahun; melakoni peran kecil di beberapa judul film hingga mendapatkan peran utama pertamanya lewat Midnight Sun (2018).

Maya Hawke – Uma Thurman & Ethan Hawke

ethan hawke and maya hawke
Photo courtesy Ethan Hawke via Instagram.com/@ethanhawke.

Maya Hawke adalah salah satu ‘darah bangsawan’ Hollywood. Ayahnya adalah Ethan Hawke, dan sang ibu ialah Uma Thurman. Seiring hasrat bermusik—yang telah ia realisasikan—Maya Hawke pun tidak dapat melepaskan darah seni peran yang diturunkan kedua orangtuanya. Iamemperlihatkan potensi beraktingnya lewat Stranger Things. Ia juga melakoni tokoh Linda Kasabian dalam Once Upon a Time in Hollywood.

Lily-Rose Depp – Vanessa Paradis & Johnny Depp

Saat tidak berakting sebagaimana ia pelajari dari sang ayah, Johnny Depp, Lily-Rose Depp berpose untuk kampanye rumah mode papan atas seperti Chanel, selayaknya sang ibu, Vanessa Paradis.

Dakota Johnson – Melanie Griffith

Film komedi Crazy in Alabama (1999) yang dibintangi Melanie Griffith, menjadi debut akting Dakota Johnson. Saat itu, Johnson yang merupakan putri Griffith bersama Don Johnson berusia 10 tahun. Kini, sang aktris telah mengantongi 34 judul film, termasuk trilogi Fifty Shades of Grey yang melambungkan sensasi atas figurnya.

Zoë Kravitz – Lisa Bonet & Lenny Kravitz

Zoë Kravitz merengkuh popularitas atas perannya dalam Mad Max: Fury Road, trilogi Divergent, serta serial televisi Big Little Lies dan High Fidelity. Bakat seni peran ia turunkan dari ibunya, Lisa Bonet. Sesekali bersama sang ayah, Lenny Kravitz, Zoë juga tampil mempertunjukkan bakat bermusiknya.

Miley Cyrus – Billie Ray Cyrus

Miley Cyrus adalah putri Billy Ray Cyrus, musisi rock country populer pemenang penghargaan Grammy. Ia memiliki Dolly Parton, penyanyi legendaris pemenang penghargaan Grammy, sebagai ibu baptisnya. Tidak heran jika Miley Cyrus mengikuti jejak leluhurnya.

Scott Eastwood – Clint Eastwood

scott eastwood and clint eastwood
Photo courtesy Scott Eastwood via Instagram.com/@scotteastwood.

Scott Easwood bukan sekadar mewarisi wajah tampan sang ayah, Clint Eastwood. Ia juga piawai bermain karakter. Suicide Squad, The Fate of the Furious, The Longest Ride, dan Pacific Rim: Uprising, ialah buktinya meraih eksistensi.

Vivienne Jolie-Pitt Angelina Jolie & Brad Pitt

angelina jolie daughter
Photo courtesy Walt Disney Studios

Masih terlalu dini untuk memprediksi, kami sadar akan hal tersebut. Tetapi Vivienne Jolie-Pitt benar-benar natural ketika memerankan figur kecil Aurora dalam Maleficent (2014). Plus, ia mendapatkan perannya itu berkat talenta serta keberanian sendiri untuk tidak menangis ketika beradu akting dengan sang ibu yang mengenakan kostum bertanduk. Dalam wawancara bersama Entertainment Weekly, Angelina Jolie pernah menyebut bahwa, “Kami (ia dan Brad Pitt) pikir menyenangkan bagi anak-anak untuk bergabung di lokasi syuting dan menjadi cameo. Tetapi tidak menjadi aktor. Itu sama sekali bukan tujuan Brad dan saya.” Bagaimana pun, kami tidak akan terkejut apabila melihat wajah Vivienne dewasa tampil di layar lebar di masa depan.

Margaret Qualley – Andie MacDowell

Margaret Qualley, putri Andie MacDowell, melewati masa kecil dengan berlatih balet. Sempat mengejar karir di dunia modeling, namun tidak lama. Qualley seolah mendapat pencerahan, ketika menerima tawaran peran kecil dalam film Palo Alto (2013). Sejak itu, karier aktingnya berlanjut. Kredibilitasnya mulai diakui lewat serial drama HBO The Leftovers (2014-2017). Ia diganjar nominasi penghargaan Primetime Emmy berkat perannya dalam miniseri FX Fosse / Verdon (2019). Di layar lebar, ia bermain satu layar dengan Russell Crowe dan Ryan Gosling di The Nice Guys (2016). Tahun 2019, reputasinya melesat ketika berpasangan dengan Brad Pitt di Once Upon a Time in Hollywood.

Billie Lourd – Carrie Fisher

billie lourde and carrie fisher
Photo courtesy Billie Lourd via Instagram.com/@praisethelourd.

Bagaimana jika Anda memiliki ibu seorang Carrie Fisher, dan nenek seorang Debbie Reynolds? Garis leluhurnya cukup menginspirasi Billie Lourd untuk menggeluti profesi serupa. Bahkan, tampil dalam satu layar yang sama dengan sang ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.