Simak Kelebihan dan Kekurangan 6 Teknik Makeup Yang Tengah Viral di Instagram Ini

Being wise for your beauty is a must.

Di era media sosial beberapa teknik makeup polished nan unexeceptional pun lahir dan berekspansi  menjadi viral di seluruh dunia secara cepat oleh para beauty guru. Dari mulai strobing, baking, sunset eyeshadow, hingga faux freckles, ELLE mencari akses untuk lebih dekat dengan segala instagram-approved look tersebut.

STROBING

 

THE PROS:

This is the new era of luminous skin! Jika teknik contouring hadir untuk menyembunyikan segala imperfection pada wajah, strobing justru digunakan oleh para makeup artist Hollywood dan runway dunia agar mendapatkan kompleksi wajah yang glowing dan illuminated secara natural. Kini para beauty influencer menggunakan teknik strobing dengan lebih approachable yang memfokuskan pada area tulang pipi, tulang hidung, di bawah tulang alis dan area cupid bow melalui teknik pengaplikasian yang natural.

THE CONS:

Pemilihan produk highlighter yang tidak tepat dapat menjadi bumerang pada teknik strobing. Sebaiknya hindari highlighter yang terlalu metalik dan tidak sesuai dengan warna kulit agar kesan too glittery tidak menghampiri Anda terutama bagi pemilik kulit berminyak. A little color notes: highlighter champange netral untuk kulit terang, pink untuk kulit medium, dan emas untuk kulit tan.

BAKING

THE PROS:

Not at your kitchen, but on your face. Teknik yang juga digunakan oleh Mario Dedivavonic, makeup artist Kim Kardashian ini effortless untuk menghasilkan efek poreless dan camera ready. Anda hanya cukup membubuhkan bedak translucent atau bedak tabur lainnya di atas foundation dan concealer selama 10 menit, dan biarkan bedak tersebut menyerap panas dari tubuh Anda agar memberi efek yang smooth. Next: dust it off!

THE CONS:

From my own experience, sebaiknya Anda telah menghidrasi wajah secara tepat dan menambahkan eye cream sebelum melakukan teknik baking pada area tersebut. Bagi Anda pemilik kulit kering hindari terlalu lama saat melakukan baking, sebab teknik ini dapat membuat wajah terasa kering yang akhirnya menonjolkan beberapa garis halus.

GLITTER LIPS

THE PROS:

Lipstik merupakan on of holy grail item bagi para beauty junkie, sehingga tak heran jika tren di dalamnya pun bergerak secara signifikan. Salah satu tren bibir terbaru adalah glitter lips yang enchanting nan high-fashion. Pelopornya? Tak lain makeup artist Pat McGrath yang terbiasa menciptakan look outstanding di panggung runway yang kemudian diadaptasi oleh para Instagram makeup artist.

THE CONS:

It’s pretty on camera, give you a vibes like Bella Hadid, but of course hard to handle it in real life! Salah satu cara terbaik menggunakannya adalah terlebih dahulu membubuhkan lip primer bibir khusus glitter sebelum memulaskan glitter favorit Anda menggunakan brush kecil. Just say a little goodbye to your coffee or chamomile tea, in a while.

SUNSET EYES

THE PROS:

Instagram-makeup artist tak henti menciptakan buzz melalui kreasi eyeshadow dengan warna yang bold agar memberi kesan mata yang seksi dan sharp. Beberapa warna pun menjadi favorit dan ditiru oleh para eyeshadow junkie mulai dari fiery red, terra-cota, fresh tangerine, hingga emas yang shimmery. Kunci dari tampilan ini adalah teknik blending agar menciptakan efek transisi yang seamless.

THE CONS:

Warna eyeshadow yang bold seperti orange, vivid pink, serta fiery red akan kehilangan charm-nya jika digunakan tanpa sentuhan warna hitam. Untuk itu teknik eye makeup ini membutuhkan total effort mulai dari penambahan wing eyeliner serta bulu mata yang dramatis agar membuatnya menjadi lebih hidup dan on-point, which is not everyone loves it.

FAUX FRECKLES

THE PROS:

Setelah mengalami transisi atas makeup yang flawless tanpa noda, para makeup artist dan beauty guru pun menghadirkan twist dengan menciptakan tampilan fake freckles secara natural di area wajah. Cara yang digunakan pun super simple dengan memberi titik-titik kecil di area hidung hingga pipi menggunakan pensil alis atau eyeliner coklat natural agar terlihat realistis. Now the imperfection is your perfection!

THE CONS:

Dengan cuaca yang humid, tidak jarang fake frackles tidak bertahan lama di kulit. Terlebih jika Anda pemilik kulit berminyak dan kombinasi yang rentan pada T-Zone. Solusi terbaiknya? Bubuhkan primer yang mampu menahan kadar minyak di wajah and fill up your pores.

DRUNK BLUSH ON

 

THE PROS:

Tren makeup hangover ini sendiri datang dari kreasi makeup artist asal Jepang, Shinobu Igari yang kemudian viral dengan nama Igari Makeup. Highlight dari riasan ini sendiri terletak pada penggunaan blush on matte yang sengaja dibuat ekstrim mulai dari area apple cheek hingga mendekati bulu mata bawah agar memberikan kesan wajah layaknya karakter anime yang tengah mabuk. Totally cute, but rebel with a cause!

THE CONS:

It’s a fresh technique but not for every skin tones. Cara terbaik untuk menghadirkan efek drunk terutama bagi pemilik deeper skin tone adalah dengan memilih warna blush on yang lebih bold seperti brick-red yang warm atau dusky pink. Win-win solution!

Photo thumbnail credits by Youtube of Michelle Phan.

Comments

Share this article: