Articles

Frizzy Hair No More: Berbagai Tips Dan Trik Taklukkan Rambut Frizzy!

06 Jan 2017 19:30 by: Karin Ceatarine

Frizz hair atau rambut yang sulit diatur, kaku, dan cenderung “berterbangan” merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak perempuan. Selain mengganggu, tampilan frizzy hair yang tak teratur dapat timbulkan kesan yang tak diinginkan. Namun, kondisi rambut semacam ini bukannya tidak dapat diatasi. Dengan perawatan yang intensif dan trik yang pas, Anda dapat taklukkan rambut yang selalu berikan kesan “bad hair day” ini. Ingin selalu tampil dengan rambut sempurna bebas frizz dan selalu berikan kesan “good hair day” setiap harinya? Berikut ELLE berikan tips dan trik untuk mendapatkannya.

The Right Shampoo

Selektiflah dalam memilih produk sampo. Hindari sampo yang mengandung sulfat, dan pilih sampo dengan kandungan glycerin yang tinggi. Glycerin mampu memberikan hidrasi pada rambut dari dalam dan luar, juga melindungi setiap batang rambut dengan lapisannya. Dengan rambut terhidrasi dan terlindungi, otomatis masalah rambut frizzy pun akan teratasi.

 

Conditioning Heroes

Jangan pernah meninggalkan kondisioner dalam ritual mencuci rambut. Pilih kondisioner dengan glycerin dan formula alami yang melembapkan seperti zaitun, santan, atau shea butter. Aplikasikan mulai dari bagian tengah hingga ujung rambut. Sesekali, cuci rambut hanya menggunakan kondisioner saja (ya, tanpa sampo!) kemudian bilas hingga bersih. Kondisioner juga mengandung sedikit formula pembersih seperti yang didapat dalam sampo. Sehingga rambut akan tetap bersih dan minyak alami dari kulit kepalalah yang akan menghidrasi rambut Anda.

 

No Rub

Stop mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokannya dengan handuk. Cukup bungkus dan tekan perlahan rambut Anda dengan handuk untuk mengeringkannya setelah mencuci rambut.

 

Extra Care

Saat rambut hampir mengering setelah dicuci, aplikasikan dry oil khusus rambut atau vitamin rambut dari bagian tengah hingga ke ujung rambut. Selain menjadi lembut, rambut pun akan lebih terlindungi dari efek buruk panasnya hair tools.

 

Comb Effect

Gunakan sisir dengan gigi jarang ketika menyisir rambut dalam keadaan basah. Dalam keadaan kering, pilih bristle brush (sisir dengan bulu-bulu halus) dan sisirlah rambut dengan posisi kepala terbalik. Sebaiknya, Anda lebih sering meluangkan waktu untuk menyisir rambut agar minyak alami dari rambut dapat tersebar dengan baik.

 

Hair Dryer

Penggunaan hair dryer sebaiknya memang dihindari. Namun jika terpaksa, sebaiknya tunggu rambut hingga 90% kering sebelum menggunakan hair dryer. Hair dryer terhitung praktis dan cepat dalam mengeringkan rambut, namun jika digunakan terlalu sering dampaknya adalah rambut yang kering dan frizzy.

 

Minimal Heat

Dalam menggunakan berbagai hair tools seperti hair dryer, straightening iron, dan curling iron, kondisikan alat dalam panas yang minimum. Terlalu sering bersentuhan dengan panasnya hair tools akan sebabkan rambut pecah, bercabang, dan kering.

 

Weekly Routine

Gunakan masker rambut dengan formula untuk menghidrasi setiap seminggu sekali sebelum mencuci rambut. Atau Anda dapat gunakan minyak yang bermanfaat untuk melembapkan rambut seperti virgin coconut oil atau olive oil dan biarkan semalaman. Keduanya mengandung formula yang bermanfaat untuk menghidrasi dan melembutkan rambut serta menjadikannya berkilau.

 

Spray Away

Usir rambut frizz Anda dengan spray serum setiap diperlukan. Bawa spray serum kemanapun Anda pergi untuk atasi keadaan darurat!

 

Smart Tricks

Anda membutuhkan trik ampuh untuk atasi frizzy hair? Cukup sediakan maskara tanpa warna (clear mascara) dan aplikasikan pada rambut yang membandel. Setelahnya, aplikasikan hair spray agar rambut Anda tetap rapi dan bebas frizz.

 

Bad Habit

Mulai sekarang, hentikan kebiasaan Anda dalam menyentuh rambut terlalu sering. Karena terlalu banyak menyentuh rambut akan semakin memperjelas kondisi frizzy hair Anda.

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS