Daftar Film Berlatar New York yang Menangkap Panorama Kota Tak Pernah Tidur ini

Because we can’t get enough of New York Fashion Week fever!

Mendapat julukan sebagai kota tersibuk, kota yang tak pernah tidur hingga kota kelahiran berbagai tren fashion dunia, New York, menjadi lokasi yang sempurna bagi para sineas untuk mengambil gambar. Sutradara kenamaan Indonesia, SIM F, membocorkan ketujuh film dengan New York scene yang membekas di ingatannya kepada ELLE.

Almost Famous (2000)

Menceritakan kisah nyata Cameron Crowe (sutradara film) yang mengejar karier di kota besar New York dengan menjadi seorang jurnalis. Walau tak menuai box office, film ini diganjar penghargaan bergengsi seperti Academy Awards dan Golden Globes.  

William Miller (Patrick Fugit) dan Penny Lane (Kate Hudson) berdiri di tengah Central Park (South East Corner), yang di-setting layaknya New York tahun 1973.

 

Black Swan (2010)

Film yang menuai kesuksesan berkat akting gemilang Natalie Portman ini mengisahkan tentang perjuang seorang penari balet yang terobsesi menjadi penari utama dalam sebuah pertunjukkan tari paling bergengsi di New York. Karakter Nina (Portman) yang ambisius dalam film ini sukses mencerminkan karakteristik khas para New Yorkers.

Upper West Side, Manhattan yang terletak di 62nd and 65th Streets menjadi rute harian Nina (Portman) menuju Lincoln Center, tempatnya berlatih balet.

 

Ghost (1990)

Menceritakan kisah sepangang sejoli yang baru pindah ke apartemen idaman di kota New York, Ghost mengambil latar New York di hampir keseluruhan film. Beberapa scene dalam film yang dibintangi Demi Moore ini malah menjadi scene paling diingat oleh para penontonnya.

Sam Wheat (Patrick Swayze) dan Molly Jensen (Demi Moore) yang tinggal di Apartemen Prince Street di jantung South of Houston (SoHo), New York. Apartemen yang kini dibanderol dengan harga US$4.9juta ini tercatat pernah ditinggali beberapa seniman dan selebriti papan atas.

 

Leon (1994)

Film thriller garapan Luc Besson ini bercerita tentang seorang pembunuh bayaran bernama Leon (Jean Reno) yang terpaksa hidup di sebuah apartemen dengan gadis 12 tahun bernama Mathilda (Natalie Portman), yang baru kehilangan seluruh anggota keluarganya di sebuah apartemen di kota New York. Leon dan Mathilda sama-sama berusaha keras untuk membalas dendam pada semua hal buruk yang menimpa mereka.

Salah satu scene di film Leon yang diambil dari Tony’s Restaurant, restoran ternama di kota New York yang menyajikan makanan terbaik khas kota tersebut.

 

Serendipity (2001)

Film komedi romantis yang menggandeng Kate Beckinsale dan John Cusack sebagai pemeran utama ini mengambil setting musim Natal yang festive di kota New York. Sara (Beckinsale) dan Jonathan (Cusack) pertama kali bertemu di Bloomigdale’s sebuah pusat perbelanjaan ternama di kota New York dan langsung menaruh hati pada satu sama lain.

Sepulang dari Bloomingdale’s Sara dan Jonathan menikmati ice cream di restoran Serendipity III. Beberapa film juga tercatat menggunakan restoran yang terletak di 225 East 60th Street ini sebagai latar adegan.

 

Taxi Driver (1976)

Jika ingin melihat penampakan kota New York di tahun 1976, maka film Taxi Driver adalah jawabannya. Film yang dibintangi oleh aktor kawakan Robert De Niro ini mengambil lokasi di kota ini New York setelah perang Vietnam berakhir.

Salah satu scene film Taxi Driver yang mengambil latar di The Lyric Theatre, yang teretak di tengah area yang paling strategis dan ramai di kota New York, Time Square.

 

The Devil’s Advocate (1997)

Film The Devil’s Advocate menceritakan kisah seorang pengacara bernama Kevin Lomax (Keanu Reeves) yang kehidupan kariernya berubah drastis ketika pindah ke kota besar New York.  Jam kerja yang padat di New York turut menyebabkan kehidupan pribadi Kevin dengan sang istri ikut berubah.

Suasana Walker Street, Manhattan di jam-jam sibuk penduduk kota New York menjadi salah satu latar yang kerap dipakai dalam beberapa scene dalam film ini.

 

Sim F’s Trivia

Menjadi salah satu sutradara yang paling menonjol di Indonesia, Sim F sangat paham menjual visual tanpa kehilangan sentuhan karakteristik dan artistik. Menyampaikan visual yang dikombinasikan dengan alur cerita menarik menjadi keahlian dari sutradara yang telah banyak dianugerahi awards untuk berbagai commercial video dan film indie yang diciptakannya.

 

 

TEXT: Fallin Silaban

Comments

Share this article: