Fit dan Positif, Ini Rahasia Dari Coach sekaligus Food Entrepreneur Vanessa Budihardja

“Invest in yourself”

Fresh, cheerful, and humble menjadi tiga kesan pertama yang terlintas kala bertemu dengan Vanessa Budihardja dalam sesi pemotretan hari itu. Anda akan langsung mengetahui bahwa perempuan dengan tubuh petite nan fit ini memang mencintai dunia olahraga sebagai bagian terbesar dalam hidupnya. Di tengah jadwalnya yang padat Vanessa membagi sebagian rahasia hidup sehat dan penuh positivity untuk pembaca ELLE Indonesia.

OPTIMIST START

 

Memiliki kepribadian aktif sejak belia membawa Vanessa menjadi sosok yang dinamis di dalam dirinya. Sisi sportif dalam dirinya pun nyatanya diturunkan melalui sang ayah yang merupakan seorang atlet water polo. Namun dengan passion yang berbeda, Vanessa nyatanya lebih memilih untuk menekuni dunia dance melalui balet sebelum ia terjun ke dalam dunia fitness tepat pada empat tahun silam. Dari sesuatu yang sangat smooth but challenging seperti balet, pemilik akun @chillibean ini pun kemudian kembali menemukan hasrat terbesarnya dengan menekuni dunia fitness melalui olahraga CrossFit. “CrossFit selalu menjadi olahraga cinta pertama saya kala memulai dunia fitness. I love CrossFit so much. Melalui fitness saya merasa bisa menjadi kompetitif namun dengan diri sendiri. I always push myself to reach the goal, everytime just me and myself. Sebab ketika kita melihat dan membandingkan diri sendiri dengan orang pasti akan ada orang yang lebih baik dari kita. Tetapi ketika kita mengalahkan diri sendiri, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ujarnya dengan berbinar. Kini berkat kecintaannya pada olahraga CrossFit,  Vanessa nyatanya mulai menemukan passion-nya pada beberapa olahraga lainnya hingga ia pun kini menjadi coach untuk olahraga indoor cycling di Ride Jakarta, seorang Functional Strenght and Conditioning Coach, serta Nike Trainer. “I’m very passionate to help people,” tuturnya secara mendalam.

BALANCING QUEEN

 

Tidak hanya disibukkan dengan serangkaian jadwal mengajar yang penuh dedikasi, Vanessa nyatanya kian melebarkan kecintaannya atas dunia healthy life dengan memiliki bisnis healthy food, Pura Vida. Bisnis yang ia dan partnernya jalankan kini telah memasuki tahun ketiga dan bahkan telah mencapai Hong Kong. Di antara sekian banyak bisnis healthy food yang kini tengah semarak, saya sempat bertanya apa hal yang paling challenging dari menjalankan bisnis ini? “Tentu ada cukup banyak tantangan yang hadir, terutama kompetisi dengan produk sejenis. Tetapi buat saya sebuah kompetisi bisa dijadikan inspirasi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. So yeah, I always welcome to competition,” ujarnya dengan tersenyum.

Dengan menjadi entrepreneur pada bisnis makanan sehat, Anda tentu penasaran dengan pola makan seorang coach seperti Vanessa bukan? Ia pun membagi rahasia hidup sehatnya untuk Anda. “I don’t eat sugar, dessert saya adalah buah. Saya pun tidak makan sesuatu yang diolah seperti frozen food. Saya tipikal yang selalu melihat ingredients sebelum membeli sesuatu. Tetapi percayalah saya makan cukup banyak setiap hari, haha.. Tetapi itu karena saya juga mengeluarkan tenaga banyak. Jadi saya harus balance dengan makanan yang saya konsumsi. There is no secret formula, ketika output Anda banyak maka itu harus diikuti dengan input yang sesuai pula. Saya juga awalanya melakukan banyak percobaan dengan makanan, karena tipe badan kita berbeda-beda,bukan?”

POSITIVE MUSE

Ada banyak hal poin positif yang saya dapatkan kala melakukan interview dengan perempuan pecinta alam ini. Salah satunya tentang bagaimana ia menyeimbangkan tubuh dan pikirannya dengan jadwalnya yang super padat setiap hari. “Yang pasti bangun pagi itu penting! Karena kita hanya punya 24 jam dan saya harus membagi waktu untuk training diri sendiri, training orang lain, take care studio, dan mengurus bisnis. Yang saya jalani adalah mengonsumsi makanan yang baik, tidur yang cukup, dan jangan lupa melatih diri sendiri. Secara pribadi, pekerjaan saya adalah membuat diri sendiri menjadi pribadi yang lebih baik sebagai investasi. Invest in yourself. There is no secret formula,” tutur perempuan yang juga fokus melakukan meditasi harian selama 10-15 menit serta digital detox secara rutin untuk menunjang produktivitasnya.

Dan selayaknya coach yang memiliki banyak informasi serta nasihat penting, Vanessa yang juga mencintai olahraga yoga serta cycling ini membagi advice bagi Anda yang ingin aktif di dalam dunia olahraga. “Coba beberapa pilihan, hingga Anda menentukan mana olahraga yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Kedua bergabunglah dalam komunitas olahraga yang bisa memotivasi dan membantu And. The key is you just need to try everything!” tutur pengagum Alex Silver Fagan ini bersemangat.

CREDIT TITLE:

Photography: Janed Kharisma

Styling: Astriana Gemiati

Makeup & Hair : Laura Tri Agustin

Photographed At: Alder Fitness Boutique

Photo documentary taken from Vanessa Budihardja’s Instagram, @chillibean.

 

 

 

 

Comments

Share this article: