Lewat Musik Beat Yang Menyenangkan, 4 Olahraga Ini Siap Membakar Kalori Anda

Beat per beat dari musik nyatanya mampu membakar kalori secara effortless!

Who doesn’t love music? And can’t live without them? Musik berada di semua lini kehidupan dengan atau tanpa kita sadari. Mulai dari menjadi pengisi waktu di perjalanan Anda menuju tempat kerja, mewarnai hentakan langkah para model dari runway desainer favorit Anda, menenangkan mood saat berada di coffee shop kesayangan dengan segelas caramel macchiato di tangan, hingga pembakar semangat saat tengah melakukan sesi treadmill di gym. Lewat bahasanya yang universal pula, musik memang menjadi alternatif yang sederhana namun efektif untuk digunakan pada banyak hal termasuk dalam urusan menjaga mood, kesehatan, hingga membakar kalori. Khusus untuk membakar kalori, music bergenre up beat memang menjadi pilihan pada sejumlah kelas olahraga, gym, dan juga sesi workout di society masa kini berkat sejumlah benefit di dalamnya.

BEAT’S BENEFIT

Ada sebuah riset menarik yang menunjukkan bahwa dalam satu menit Anda mendengarkan musik, jumlah kalori yang terbakar adalah satu kalori. Jadi jika Anda hanya duduk bersantai sembari mendengarkan playlist kesayangan Anda selama satu jam itu artinya Anda telah membakar 60 kalori secara effortless. Memang 60 kalori masih terasa minimal jika dibandingkan dengan asupan makanan yang mecapai 2000 kalori perharinya. Tetapi bayangkan juga bagaimana efektifnya manfaat mendengarkan musik yang dikombinasikan dengan sejumlah gerakan exercise? It’s win-win, really.

UP BEAT SERENADE

Beberapa aliran musik up beat seperti RnB, Hip Hop, juga Jazz-funk, memang umumnya menjadi genre musik yang banyak dipilih untuk menstimulasi semangat dan mood pada saat workout. Setiap musik pada dasarnya memiliki kapasitas beats per minute (bpm) sebagai ukuran tempo dalam musik dan detak jantung. Genre musik sekelas Hip Hop sendiri mampu menghasilkan 80-115 BPM, jazz-funk dengan 130 BPM, dan musik elektro setara 120-150 BPM. Dan menurut penelitian dari US National  Library of Medicine National Institutes of Health menyatakan bahwa lagu dengan range 120 hingga 140 bpm memiliki efek yang maksimum bagi para exerciser. “Musik dengan genre up beat memiliki angka bpm yang tinggi sehingga mampu membuat seseorang merasa lebih waspada dan berkonsentrasi dengan lebih baik dan optimis serta meningkatkan mood,” tutur peneliti  Shahriar Nirjon dari University of Virginia. Petenis kelas dunia Serena Williams juga mengaku bahwa ia kerap mendengarkan musik up beat paska pertandingan dimulai. “Terkadang saya juga melakukan dance sebelum memulai pertandingan dan memiliki playlist tersendiri. Saya mendengarkan beberapa musik up beat agar tetap termotivasi dan fokus. Salah satunya lagu-lagu milik Green Day dan Beyonce. I listen to a lot of Hip hop.”

BURN BABY BURN
Dengan menjamurnya gym dan studio-studio workout saat ini, tentu ada begitu pilihan olahraga dan tarian yang menggunakan media musik up beat sebagai bagian dari aktivitasnya yang semakin memanjakan kita. Saatnya Anda pilih mana yang paling sesuai dengan kepribadian dan kenyamanan Anda. Just follow the rhytmn and you won’t even realize you’ll be burning the calories:

1.POUND FIT

Menggunakan sejenis drumstick khusus bernama Ripstix sebagai alat utamanya, pound fit menyatukan gerakan drumming plus 70 teknik yang dikombinasikan dengan teknik yoga, pillates, dan juga fitness dengan balutan musik up beat. Setiap gerakan dari pound fit tidak hanya menjadi latihan kardio yang baik tetapi juga mampu meningkatkan konsentrasi serta syaraf motorik meredakan stres dan juga melatih sinkronisasi otak. Olahraga yang dihadirkan oleh drummer Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom di Amerika Serikat sejak tahun 2011 ini secara maksimal mampu membakar hingga 900 kalori selama 45 menit sesi plus mengencangkan lengan dan otot perut.

2. ZUMBA

Merupakan metode fitness dan dance yang terinspirasi dari salsa dan beberapa sentuhan tarian Latin, Zumba menciptakan experience workout yang fun dengan pilihan lagu-lagu Latin dan musik populer yang dynamic. Dengan beberapa improvisasi, kini zumba pun memiliki beberapa pilihan seperti strong by zumba dengan gerakan yang lebih intens. Meski enjoyable, zumba mampu membakar 600-800 kalori dalam satu jam! Super cool, right? Fakta menyenangkan selanjutnya dari olahraga ini adalah bekerja pada seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki, mampu mengeluarkan hormon endorphin sehingga membuat mood gembira, juga membantu melancarkan sistem peredaran jantung. A-list selebriti sekelas Madonna, Jennifer Lopez, dan supermodel Candice Swanepoel pun memasukkan zumba ke dalam list weekdays workout mereka.

3. JAZZERCISE

Jazzercise merupakan sebuah dance party dengan titik mengedepankan gerakan pinggul yang berputar sembari diiringi lagu-lagu up beat yang up to date selama 60 menit. Setiap dance cardio yang dipraktikkan telah dikombinasikan oleh para partymaker-instructor agar sequence yang ada menjadi sebuah gerakan baru dan membuat kelas terasa berbeda, fresh, serta challenging. Kalori yang dibakar pun mampu mencapai 400-800 kalori dengan intensitas latihan yang mencapai 60 menit. Manfaatnya? Olahraga ini mampumengencangkan otot perut dan paha, menguatkan otot tubuh, serta menjaga energi sepanjang hari. If you love dance, and also party, you would love this!

4.PILOXING

Ditemukan oleh celebrity trainer asal Swedia Viveca Jensen di tahun 2009. Piloxing memadukan boxing, dancing, dan pillates. Olahraga dengan high-intensity intervals ini juga menjadi favorit penyanyi Kelly Osbourne dalam menjaga bentuk tubuhnya. Melalui formula 3 in 1 tersebut,  benefit yang didapatkan adalah otot tangan dan paha yang lean serta proses metabolisme yang lebih lancar. Dalam satu sesi latihan, piloxing mampu membakar kalori setara 400-900 kalori. Inti dari latihan ini berupa melatih keseimbangan dan fleksibilitas secara lebih structured.

*Artikel ini pernah dimuat dalam ELLE Indonesia edisi Juni 2107, dalam rubrik Health Features.

Photo credits Beyonce:

Photography: Paola Kudacki

Styling: Samira Nasr

Makeup: Sir John at Streeters

Hair: Kim Kimble for www.sixK.LA

Comments

Share this article: