Career Tips

4 Alasan Mengapa Perempuan Yang Bekerja Setelah Menikah Itu Baik

10 Apr 2017 13:00 by: Hafni Kusumawardhani

Sudah menjadi kodrat tiap perempuan bahwa suatu saat ia akan menikah serta memiliki anak. Namun, banyak laki-laki yang meminta pasangannya untuk berhenti bekerja dan fokus mengurus rumah tangga dengan berbagai alasan. Hal ini memang sudah menjadi hak tiap pasangan untuk menentukan kehidupan seperti apa yang akan dijalani kelak, tetapi sebelum memutuskan sesuatu adanya membuat pertimbangan yang benar-benar matang agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perempuan yang bekerja selepas menikah itu memiliki dampak positif bagi dirinya dan keluarga:

1. Give a freedom

Bagi sebagian perempuan, bekerja adalah suatu hal yang menyenangkan karena dapat memberikan kepuasan tersendiri baginya. Perempuan yang telah terbiasa bekerja sebelum menikah, biasanya akan merasa tertekan ketika ia harus menanggalkan karier yang sudah ia bangun. Ia juga akan merasakan kebingungan mengenai apa yang harus ia kerjakan di rumah untuk mengatasi kejenuhan. Menurut survei Gallup.com pada 1000 responden, tercatat 28% kasus depresi yang dialami para ibu rumah tangga, sedangkan hanya sekitar 17% yang dialami perempuan yang bekerja. Elizabeth Mendes, kepala editor dari Gallup.com menegaskan bahwa pekerjaan memang bisa jadi sumber kebahagiaan bagi para ibu. Hal ini lantaran kesibukan di kantor bisa membuat para ibu terhindar dari emosi-emosi negatif seperti marah, sedih, stres, atau khawatir. Perempuan juga memiliki ajang aktualisasi diri, karena ia bekerja ia bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

2. More quality time

Siapa bilang bahwa dengan bekerja, perempuan akan banyak kehilangan quality time bersama keluarga? Bila bicara mengenai kualitas, tentunya halnya ini berkaitan dengan seberapa berharga waktu tersebut bukan mengengenai seberapa banyak waktu tersebut. Dengan terbatasnya intensitas pertemuan, waktu tersebut akan terasa sangat berharga ketika terlaksana. Selain itu, hubungan Anda dengan pasangan juga tanpa disadari akan lebih harmonis karena telah terbiasa menjaga komunikasi, berkoordinasi dan berbagi tugas dengan baik. Anda dan pasangan akan merasakan sama-sama memiliki peran yang penting dalam hidup sehingga akan lebih saling menghargai dan mendukung.

3. Giving lessons from a far

Mungkin Anda adalah salah satu perempuan yang telah berkeluarga dan memiliki buah hati, namun ingin sekali berkerja. Tak perlu ragu untuk bekerja selama jam kerja Anda tepat serta usia anak telah menginjak usia yang cukup besar. Sebagian pasangan pasangan memang berkomitmen untuk tidak melewatkan sedetik pun momen bersama anak ketika ia baru dilahirkan. Namun ketika usia anak mulai menginjak usia sekolah dasar, Anda bisa mulai bekerja kembali. Kekhawatiran akan kurangnya kasih sayang dan perhatian kepada anak ternyata dipatahkan oleh penelitian di University College London yang mengatakan bahwa pilihan ibu untuk bekerja bisa mempengaruhi pertumbuhan emosi anak. Selama ibu punya jam kerja yang normal dan bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan komitmen sebagai orang tua, keputusan untuk bekerja bukanlah masalah bagi tumbuh kembang emosi anak.  Anak juga menjadi terbiasa untuk mandiri, kuat dan lebih hati-hati.

4. Additional income

Sudah pasti yang menjadi tujuan penting dalam bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Di zaman dengan perekonomian yang sulit seperti saat ini, tak ada salahnya perempuan turut mengambil peran dalam menopang perekonomian keluarga. Meski mungkin pasangan memiliki income yang cukup, namun tak ada salahnya perempuan tetap bekerja dimana penghasilannya dapat digunakan sebagai tabungan masa depan bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Sang istri juga menjadi lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadinya sebab tidak selalu bergantung pada pendapatan suami.

 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER