From The Expert

Karier & Impian Aliyah Natasha untuk Perempuan Indonesia

07 Sep 2015 16:00 by: Giovani Untari

Bagi Aliyah Natasha, perjalanan karirnya adalah sesuatu yang tidak terduga sekaligus pembawa jalan kesuksesan baginya. Menjabat sebagai Business Development Head PT. Bank CIMB Niaga, Tbk, Aliyah mengawali karir bukan dari seperti apa yang dibayangkan banyak orang. Dunia media adalah pilihan pertamanya.

Cita-cita semasa kuliahnya menjadi seorang penulis akhirnya mengantarkannya menjadi seorang jurnalis dan radio announcer. Saat lulus program sarjana ia kemudian melanjutkan bekerja sebagai Assistant Brand Manager sebuah produk luxury skin-care. “Saya lantas mendapat amanat dari kakek saya untuk meneruskan pendidikan pasca-sarjana dengan jurusan Ekonomi & Bisnis. Setelah rampung dan kembali ke Indonesia, saya masuk ke perbankan dengan bergabung dalam Management Trainee (MT) di sebuah bank Internasional,” cerita Aliyah.

 Menjadi seorang MT, Aliyah mandapat kesempatan di rotasi pada berbagai bisnis unit dan mengembangkan skills mulai dari front liners, business development hingga data analisis. Walau harus bergonta-ganti ladang pekerjaaan, Aliyah tidak merasa tertekan dan justru merasa banyak pelajaran yang bisa ia raih. “Saya termasuk beruntung memiliki mentor-mentor yang hebat dan mendidik saya untuk terus maju dan termotivasi untuk lebih baik. Karir saya tergolong cepat bisa menempati posisi sebagai kepala bagian di dunia perbankan seperti sekarang,” ungkap perempuan yang menjadi salah satu dari Top 10 Indonesia Young Women Future Business Leader, Majalah SWA tahun 2015 tersebut.

OPPORTUNITY HUNTER

Sometimes you don’t choose your job, the opportunity just knock on your door. Saya mendapat tawaran atas posisi saya sekarang ini. Saya tertarik atas job roles dan responsibility-nya,” demikian Aliyah menggambarkan karier yang berasal dari kesempatan yang menghampirinya. Satu hal lagi yang membuatnya semakin mencintai dunia perbankan lantaran melalui  job desk-nya, ia semakin tertantang. “I love the knowledge and the complexity of the product. Dan rasa ingin tahu kerap membawa saya pada tingkatan yang lebih baik,” ujar perempuan yang telah dua tahun menjabat posisinya saat ini.

MORE THAN A  CARRER WOMAN

Sebagai seorang perempuan karier, Aliyah mengaku bahwa ia sangat menghormati para perempuan yang memilih keputusan untuk tetap bekerja sebab karier menurutnya adalah bagian dari mimpi, pilihan, ataupun goal dari kehidupan para perempuan. “Ibu saya seorang wanita karir dan saya banyak belajar terhadap perjuangan dan pengorbanan beliau,” tuturnya.

Memiliki karir yang sukses Aliyah mengungkapkan harapannya bagi perempuan Indonesia. Aliyah ia ingin mengedukasi para perempuan Indonesia untuk dapat lebih 'melek' terhadap potensi berinvestasi melalui saham. Menurutnya, saat ini banyak orang yang salah kaprah terhadap analogi bermain saham karena menganggapnya bukan sebagai ladang bisnis.

“Saya melihat di sekeliling saya, banyak perempuan yang apatis terhadap saham. Banyak cerita, bahwa saham itu sama dengan judi. Menurut saya, saham itu adalah sebuah ilmu bisnis. Semakin Anda mengerti cara kerjanya, semakin anda bisa mendapat profit. Dalam bisnis ada untung ataupun rugi, sama hal nya dengan saham,” tutur lulusan Birmingham University tersebut.

 “Surround yourself with better people, you can always learn from them, and always level up yourself. Jangan pernah puas dengan diri Anda, keep improving is a must,” tutupnya.

 

 

 

BAGIKAN HALAMAN INI:

Updates
Horoscope
Aquarius
Wujudkan rencana seru bersama teman – teman
20 JANUARI – 18 FEBRUARI
Pisces
Cek kembali strategi untuk mencapai goal
19 FEBRUARI – 20 MARET
Capricorn
Latih kemampuan untuk bisa presisi di pekerjaan
21 DESEMBER – 19 JANUARI
Sagittarius
Keep everything simple
23 NOVEMBER – 20 DESEMBER
Scorpio
Mimpi Anda bisa jadi clue masa depan
23 OKTOBER – 22 NOVEMBER
Aries
Jangan ragu memulai hal baru
21 MARET – 20 APRIL
Libra
Recharge pikiran dengan melakukan hobi
23 SEPTEMBER – 22 OKTOBER
Virgo
Hadapi godaan dengan sabar
22 AGUSTUS – 22 SEPTEMBER
Gemini
Istirahat cukup merupakan hal yang tepat
21 MEI – 20 JUNI
Leo
Saatnya memberi keputusan
21 JULI – 21 AGUSTUS
Taurus
Bersiaplah akan hal yang menguras energi
21 APRIL – 20 MEI
Cancer
Akan terjadi perubahan signifikan
21 JUNI – 20 JULI