LIFE

29 Desember 2022

Menyingkap Substansi Wewangian Bersama Chanel Perfumer Creator, Olivier Polge


PHOTOGRAPHY BY Chanel

Menyingkap Substansi Wewangian Bersama Chanel Perfumer Creator, Olivier Polge

Ekshibisi wewangian Le Grand Numéro de Chanel tengah terhelat di Grand Palais Èphèmére Paris, Prancis, sejak tanggal 15 December 2022 hingga 9 Januari 2023. Olivier Polge selaku Perfumer Creator dari Chanel mengungkap berbagai esensi utama dari kiprahnya menggubah seluruh parfum lansiran rumah mode ini, dan juga tentang ekshibisi istimewa ini sendiri. 


Seberapa penting warisan turun temurun CHANEL dalam proses pembuatan wewangian?

“Komentar saya lebih menekankan pada gaya. Wewangian kami unik disebabkan oleh komponen-komponen tertentu yang menyampaikan makna. Komponen tersebut kerap saya ‘mainkan’ saat membuat wewangian karena membentuk identitas kami. Saat membuat N°5, Gabrielle Chanel meminta wewangian artifisial, terlepas dari apakah bahan yang digunakan tersebut alami ataupun buatan. Hal tersebut merupakan sebuah visi dari sebentuk spirit, atau ekspresi gaya yang tidak bisa dikaitkan dari bunga atau jenis kayu tertentu sebagai bahannya—kombinasi bahan mentah. Itulah mengapa gaya dan formula kami sangat rumit. Di CHANEL, kami tidak membuat wewangian berdasarkan bahan penyusunnya, namun lebih berdasarkan visi.”


Bagaimana cara Anda mempertahankan kebebasan berkreasi sambil tetap setia pada kode olfaktori CHANEL?

“Yang utama adalah bagaimana caranya untuk dapat menawarkan sesuatu yang baru, sambil tetap berada di ‘semesta’ kita. Untuk berkreasi sambil tetap relevan pada label ini. Dan mampu memberi kejutan sambil tetap bekerja secara konsisten. Saya menciptakan wewangian secara naluriah, tidak pernah melawan intuisi. Ada hubungan yang menarik antara kebebasan dan struktur, karena meski bagaimanapun juga, kita membutuhkan kerangka kerja untuk dapat mengekspresikan diri dengan bebas. Dari kendala, muncul kreativitas. Justru dengan tidak adanya batasan, hal tersebut mampu menghambat gagasan kebebasan apa pun. Kerangka saya adalah gaya CHANEL, yang merupakan sumber inspirasi yang tidak ada habisnya—dan hal tersebutlah yang membuat proses ini menarik.”


Apakah seluruh proses kreatif berlaku sama untuk semua lini wewangian CHANEL?

“Kami menggunakan palet bahan mentah yang sama. Namun tidak semua wewangian diciptakan serupa. Misalnya, setiap wewangian yang barada di dalam rangkaian LES EXCLUSIFS DE CHANEL mewakili porsi-porsi khusus dari dunia Gabrielle Chanel dan disusun berdasarkan tema yang sangat spesifik dalam hidupnya, seperti lokasi, orang yang ia cintai, angka—semuanya menjadi elemen dari gayanya. Sedangkan wewangian LES EAUX DE CHANEL beraroma lebih segar, lebih cair, dan terinspirasi oleh eaux de Cologne. Saya ingin menjelajahi keringanan aroma tanpa menyimpang dari gaya CHANEL. Kualitasnya tentu saja sama; ini lebih tentang identitas.” 


Bagaimana Anda mendefinisikan gaya wewangian CHANEL?

“Wewangian CHANEL adalah bentuk sebuah visi, tidak pernah diawali dari bahan. Gabrielle Chanel mendapatkan inspirasi dari pengalamannya sebagai pembuat baju dan memiliki ide untuk membuat parfum dengan cara layaknya mendesain pakaian—dengan membuat pasangan, memberinya bentuk, mengerjakan ulang, membentuk kembali, dan menyempurnakan bahan mentah. Seperti yang dilakukan pada sehelai kain untuk menjadikannya sebuah pakaian. Wewangian CHANEL sangat kaya, dan seringkali mewah. Wewangian-wewangian ini juga mengandung unsur misteri karena tidak ada yang dapat sepenuhnya memahaminya—selalu ada unsur yang tidak terjawab. Sifat abstrak tersebut selaras dengan gaya Mademoiselle Chanel.”


Apa yang membuat wewangian CHANEL begitu unik?

“Wewangian CHANEL berbeda. Ini adalah wewangian pertama yang dibuat oleh seorang pembuat baju; Gabrille Chanel memiliki intuisi yang luar biasa bahwa wewangian dapat mengekspresikan gaya seseorang. Saat ini, mode dan wewangian merupakan pasangan yang alami. Namun di masa itu, ia adalah seorang visioner. Ia tidak mengikat gaya pada bahan mentah tertentu, melainkan pada sebuah visi. N°5 adalah wewangian artifisial, campuran yang lebih kompleks dibandingkan formula yang terkait pada satu bunga tertentu. Dan ini menjadi ciri khas wewangian CHANEL, yang selalu diracik dengan sangat rumit dan komponen utamanya adalah bunga. 

Di CHANEL, kami telah mengembangkan rasa untuk bahan-bahan kompleks seperti bunga. Dalam menciptakan N°5 dan estetika ini, kami telah menguasi setiap aspek peracikan wewangian. Itulah sebabnya, 100 tahun kemudian, pendekatan kami tidak tertandingi—kami telah menciptakan semua wewangian kami, memiliki semua formula kami, dan telah mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang unggul. 

Hal lain yang unik dalam dunia wewangian adalah setiap kali parfum CHANEL baru diluncurkan, terdapat dialog seputar botol, kemasan, dan kisah yang ingin kami ceritakan tentang wewangian tersebut. Saya menciptakan aromanya, tapi saya juga berkontribusi pada diskusi tersebut.”


Apa yang Anda yakini sebagai kekuatan dari wewangian?

“Wewangian memiliki kemampuan luar biasa untuk membangkitkan sesuatu pada seseorang dan mengingat kenangan dari kehidupan mereka. Itu adalah salah satu aspek pekerjaan saya yang paling saya nikmati. Keharuman membawa kita pada tingkat yang sangat intim, dan menurut saya, hal tersebutlah yang membuatnya begitu kuat. Saya kerap mendengar kisah-kisah yang sangat pribadi tentang kota-kota tempat tinggal orang-orang, kenangan akan orang-orang terkasih—kami memiliki begitu banyak anekdot tentang wewangian. Kami cenderung mempersonifikasi.

Wewangian adalah koneksi ke dunia di sekitar kita, cara menggambarkan diri kita ke dunia—mengekspresikan kepribadian kita layaknya pakaian yang kita kenakan atau tingkah laku kita. Wewangian mengungkap sisi lain, sesuatu yang tidak dapat disampaikan dengan cara lain.

Yang benar-benar saya suka adalah ketika orang yang memakai wewangian berkontribusi pada ceritanya; menghidupkannya. Dan saya sering terkejut saat wewangian dikenakan dengan cara tertentu atau dipasangkan dengan gaya tertentu yang kadang bisa sangat tidak terduga. Kami tidak bisa mengkategorikan orang-orang berdasarkan selera mereka, seperti wewangian yang tidak bisa dimasukkan untuk satu kelompok usia. Yang utama adalah chemistry antara wewangian tersebut dan orang yang memakainya.”


Apa yang dapat Anda ungkapkan tentang LE GRAND NUMÉRO DE CHANEL?

“Ide acara ini adalah untuk mendemonstrasikan keunikan wewangian CHANEL; sejarah dan gaya kami yang unik. LE GRAND NUMÉRO DE CHANEL menjadi cara untuk mengalaminya. Wewangian memiliki makna, dan seluruh lingkungan yang diciptakan di sekitar wewangian—aspek visual, pengalaman—menambahkan sesuatu. Kami mengembangkan alat yang memungkinkan orang untuk dapat mencium aroma wewangian serta bahan-bahannya, menjadikan pengalaman tersebut benar-benar imersif—yang menurut saya sangat penting. Apa yang luar biasa tentang wewangian adalah kemampuan untuk menumbuhkan imajinasi kita; mencium aroma mampu membawa kita dalam sebuah perjalanan. Keajaibannya juga terletak pada kenyataan bahwa kita tidak dapat menentukan perasaan yang tepat yang ditimbulkan dalam diri kita. Sebuah permainan emosi tumbuh dan membawa kita ke tempat yang tidak dapat kita gambarkan. Dan unsur misteri ini adalah bagian dari mimpi. Berdasarkan semua alasan tersebut, saya harap akan memberi kejutan bagi para pengunjung.”




Kunjungi http://www.chanel.com/id untuk informasi lebih lanjut.