Zac Efron Peduli Sampah dan Ajak Manusia Sadar Konsumsi

zac efron - earth day

Zac Efron bergabung dengan Earth Day Network, bersama-sama mengajak warga dunia untuk melindungi Planet Bumi dari sampah.

Apa yang menggerakkan Anda untuk terlibat dalam isu lingkungan?
“Saya sangat menyukai travelling. Karena itu, saya ingin bekerja sama dengan lembaga yang mampu membuka akses untuk membalas ‘kebaikan’ alam. The Earth Day Network (EDN) adalah institusi yang tepat. Organisasi global yang menghimpun komunitas lingkungan terbesar di dunia. Penting bagi saya ikut dalam perayaan Earth Day ke-50. Lewat kampanye Great Global Cleanup, kami fokus mengumpulkan sampah di seluruh dunia sambil menyuarakan kesadaran tentang konsumsi manusia yang berlebihan.”

zac efron - earth day

Apa tujuan utama kegiatan tersebut?
“The Earth Day Network menghimpun banyak orang yang sama-sama peduli pada Bumi. Tema tahun ini adalah Climate Action. Bentuk partisipasi saya dalam Great Global Cleanup terinspirasi oleh sejumlah perjalanan yang pernah saya lakukan ke lokasi-lokasi terpencil. Kampanye lain dari Earth Day Network fokus pada penanaman pohon untuk mengatasi penggundulan hutan dan perubahan iklim; keanekaragaman hayati untuk melindungi sejumlah habitat bagi spesies-spesies, tak terkecuali manusia; kampanye untuk menuntaskan polusi plastik, menyebarkan pengetahuan, dan menggerakkan berbagai aksi dari generasi muda.”

Apa hal buruk yang pernah Anda saksikan sebagai seorang aktivis lingkungan?
“Sampah-sampah yang tersebar di sekitar rumah dan di lautan. Melihat pembinasaan semasif itu sesungguhnya membuat saya sangat marah sekaligus takut. Terutama menyaksikan banyak ekosistem yang tengah mengalami kehancuran.”

View this post on Instagram

The seas are rising and so are we ? To meet our #climatecrisis head-on, we need everyone to use their experience, their influence and their actions to mobilize for our planet ?? . We are thrilled to include actor @zacefron on Earth Day Network’s Global Advisory Committee for the 50th anniversary of #EarthDay . Zac is using his global platform to raise awareness about the enormous challenges that our planet faces, and the urgent need for #action. This weekend, Zac joined Denis Hayes, the organizer of the world’s first Earth Day in 1970, for a beach #cleanup to help address and eventually tackle #plasticpollution and #waste in our world. Thank you, Zac, for your commitment to making the world a greener, safer and healthier world for all!

A post shared by Earth Day Network ? (@earthdaynetwork) on

Apa hal baik yang Anda temukan?
“Saya terinspirasi oleh berbagai cara yang menyatukan semua orang dalam upaya penyelamatan lingkungan. Bahwa tidak ada orang yang terlalu muda atau terlalu tua untuk melakukan perubahan. Saya harap aksi-aksi tersebut memberi inspirasi untuk berpartisipasi dalam Earth Day. Sebuah kesempatan untuk andil dalam kegiatan lingkungan yang dikerjakan bersama-sama, tapi dapat dilakukan lewat cara mereka masing-masing.”

Menurut Anda, apakah terjadi perubahan tentang pembahasan-pembahasan terkait sejumlah masalah lingkungan di tahun- tahun terakhir ini?
“Lewat teknologi dan perjalanan, kini dunia lebih nyata dan lebih terhubung. Kita dapat menyaksikan sendiri bagaimana setiap tindakan kita dapat memberi pengaruh pada Bumi. Seiring makin banyaknya orang yang menyadari konsekuensi aksi-aksi tersebut, maka makin banyak pula yang dapat kita lakukan untuk membuat perubahan. Terlebih melalui media sosial, sangat mudah untuk menyebarkan kesadaran ini kepada orang-orang terdekat dan masyarakat luas.”

photography COURTESY OF EARTH DAY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.