4 Metode Efisien Menghilangkan Bulu

metode penghilang bulu

Rambut halus mengganggu penampilan? MELUR PINILIH memaparkan metode penghilangan bulu yang nyaman dan patut Anda ketahui.

Bicara soal rambut yang tumbuh di kepala, rasanya setiap perempuan memimpikan helaian yang lebat dan akar rambut yang kuat. Bukankah demikian yang membuat rambut seringkali disebut sebagai mahkota perempuan? Namun lain halnya dengan bulu-bulu yang berkomplot di ketiak, lengan, kaki, dan juga kemaluan, atau bahkan pada permukaan wajah terutama di atas bibir.

Sebagian atau malah hampir semua kaum Hawa menganggapnya sebagai sesuatu yang mengganggu dan sudah semestinya dienyahkan jauh-jauh. Tapi jangan mentang-mentang terganggu, lantas Anda gegabah atau asal-asalan saat berusaha menghilangkan bulu-bulu halus tersebut. Melalui artikel ini, simak berbagai tip untuk meraih tubuh mulus tanpa rambut-rambut halus yang tak diinginkan dengan langkah aman!

metode shaving
Designed by Freepik

Waxing

Konon, waxing merupakan metode yang telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno. Waxing juga acap kali digandengkan dengan teknik threading untuk hasil lebih bersih dan maksimal.

Kendati sudah ada sejak berabad lamanya, rupanya metode waxing masih berpotensi memicu efek samping. Pasalnya, waxing bukan hanya mencabut bulu-bulu tetapi juga lapisan kulit terluar. Maka itu, jangan terkejut apabila setelah waxing Anda mendapati permukaan yang mengalami inflamasi alias pembengkakan.

Apabila Anda memilih melakukan waxing di salon, pastikan untuk memilih tempat terpercaya yang tidak memperbolehkan double dipping pada saat aplikasi. Jika tidak sempat ke salon langganan, pesan saja seperangkat alat waxing yang bisa digunakan sendiri di rumah.

Rekomendasi tempat:

Quo Studio The Broadway
Kemang, Jl. Benda No. 46F, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 78820016

Strip Browhaus
Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 75920607

IPL (Intensed Pulse Light)

Kelebihan IPL ialah sanggup membuat tampilan kulit lebih cerah dan terkesan awet muda secara sekaligus. Hasil yang optimal bisa didapat jika dilakukan lebih dari sekali. Namun, sewajarnya, Anda dapat memberi jeda waktu mulai dari dua minggu hingga sekitar satu bulan.

Images: GETTY IMAGES

Apakah perawatan ini menimbulkan rasa ngilu? Tergantung tingkat toleransi rasa sakit Anda. Menurut pengakuan sebagian orang, efeknya seperti terkena lontaran karet gelang.

Saat pengerjaan, kulit Anda akan diolesi gel sebagai peredam karena formulasinya yang bersifat menyejukkan permukaan. Prosesnya sendiri berjalan sangat cepat, hanya hitungan menit, dan ditangani oleh tenaga ahli. Jadi, Anda hanya tinggal menyisihkan waktu untuk bersantai sejenak di klinik kesayangan. Perlu diingat, pasien IPL dianjurkan sedang tidak menggunakan krim retinoid.

Setelah perawatan IPL, Anda tidak dianjurkan untuk berolahraga renang setidaknya selama tiga hari. Dan harap dicatat bahwa pasca perawatan ini, Anda harus lebih memerhatikan proteksi kulit terhadap paparan sinar matahari. Aplikasi tabir surya sifatnya penting! Sebab, IPL berkaitan erat dengan sensitivitas Anda terhadap cahaya matahari.

Rekomendasi tempat:

Erha Clinic
Pacific Place Lt. 2, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 51400451

The Clinic Beautylosophy
Jl. Abdul Majid Raya No. 40D, Cipete Utara, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 29042417

Laser

Salah satu teknologi penghilang rambut yang cepat dan efektif adalah laser khusus. Cahaya dengan panjang gelombang tertentu sangat optimal untuk menggapai akar rambut guna melenyapkan bulubulu mengganggu. Sebab, laser ini dapat bekerja pada lapisan-lapisan dermis di mana folikel berada. Tembakkan pada kedalaman ini dinilai sangat efektif melumpuhkan rambut untuk membuat akarnya lemah sekaligus menghambat pertumbuhan rambut.

Minim rasa sakit dan hasil efektif, membuat perawatan ini tidak murah. Satu sesi dapat dibanderol dengan harga sekitar Rp1,3 juta.

teknik laser hair removal
Images: iSTOCK PHOTO

Seperti layaknya IPL, laser bisa dilakukan di bagian tubuh dan wajah yang mana saja, seperti ketiak, kaki, lengan, hingga bikini line dan bahkan upper lip jika Anda bermasalah dengan tampilan kumis. Untuk bagian tubuh yang relatif kecil, tindakan laser hanya berdurasi kurang dari 30 menit.

Namun, area yang lebih besar seperti kaki selayaknya memakan waktu lebih lama yakni sekitar satu hingga dua jam. Rata-rata orang biasanya memerlukan minimal lima kali kedatangan dengan interval dua pekan untuk mendapatkan hasil signifikan.

Setelah perawatan, Anda sebaiknya rajin menggunakan pelembap dan tabir surya. Efek samping lain yang terbilang parah jarang terjadi, namun kembali pada kondisi kesehatan kulit dan gaya hidup masing-masing orang.

Rekomendasi tempat:

Impressions Body Care Center
Jl. Cikini Raya No. 58 Jakarta Pusat
Telepon: (021) 31922084

Youth & Beauty Clinic
Kemang Square, Jl. Kemang Raya No. 3A, Jakarta Selatan
Telepon: (021) 22718235

Shaving dan Tweezing

shaving at home
Designed by Freepik

Meski terkesan sederhana, perawatan di rumah bisa jadi justru membutuhkan perhatian ekstra.

Kalau tidak, jangan heran apabila kulit menjadi kemerahan ataupun mengalami iritasi. Sebagai contoh, menumpas bulu dengan menggunakan shaver memang menjadi opsi yang paling cepat, mudah, dan murah. Namun jika kurang hati-hati, pisau cukur dapat menyebabkan luka pada bagian kulit.

Untuk mencegahnya, lakukan beberapa tindakan preventif, di antaranya mandi dengan air hangat sebelum bercukur, mengaplikasikan shaving cream cukup banyak pada area yang ingin dihilangkan bulunya (dan mendiamkannya selama paling tidak lima menit), serta mencukurnya searah pertumbuhan bulu. Selain itu, jangan terburu-buru saat bercukur dan rajinlah mengganti mata pisau jika ujungnya sudah tumpul. Last but not least, hindari menekan razor terlalu dalam saat menyentuh permukaan kulit!

waxing
Designed by Freepik

Tweezing alias mencabut bulu dengan menggunakan penjepit kecil juga termasuk cara paling mudah untuk menghilangkan rambut-rambut halus, misalnya bulu yang tersisa dari sesi waxing ataupun di area yang lebih kecil seperti misalnya merapikan alis mata. Sayangnya, metode ini relatif melelahkan, kerap menimbulkan rasa nyeri, dan berisiko menyebabkan ingrown hair terutama apabila Anda mempraktikkannya pada area yang lebih besar.

Jika Anda ingin mencoba depilatory cream sebagai alternatif, sebisa mungkin pilihlah produk yang peruntukannya sesuai dengan jenis kulit Anda. Bacalah instruksi secara seksama sebelum Anda mengaplikasikan krim ini. Karena jika dibiarkan terlalu lama saat dioleskan ke kulit, depilatory cream dapat mengakibatkan permukaan kulit terbakar.

Images: GETTY IMAGES, ISTOCK PHOTO, FREEPIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.